Berkendara Berbekal Surat Keterangan Hilang SIM STNK Tetap Ditilang?


image

Macantua.com – Bingung juga kalau begini, sebuah kasus tilang sepeda motor dengan polisi kembali terjadi. Dimana motor tetap akan ditilang meski surat keterangan hilang STNK dan SIM sudah ditunjukkan. Gimana nih? Ada yang paham hukumnya?

Ini dia tadi polisi yang nilang di jalan. Padahal sudah ada surat keterangan hilang sim dan stnk. Tapi masih tetep mau ambil motor atau ngasih 200 rb… awalnya minta 400 rb…

*pengalaman adik sepupu tadi pagi. Pak polisi kasian anak anakmu makan uang tidak halal :))

Memang secara hukum apabila pengendara kendaraan bermotor tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK atau biasa disebut surat surat bisa dipastikan kendaraan akan di tahan. Pertama, karena tidak layak mengemudi karena tidak ada SIM (Surat Izin Mengemudi) dan tidak layak di jalan karena kendaraan tidak dilengkapi STNK (Surat tanda nomor kendaraan). Tapi entah bagaimana payung hukumnya kalau kasusnya sang korban tilang sudah menunjukkan surat kehilangan (mungkin dari kepolisian). Ane ga begitu paham soal hukum kan bukan anak hukum 🙂

Tapi yang bikin greget  dari postingan di atas adalah kalimat ”

Tapi masih tetep mau ambil motor atau ngasih 200 rb… awalnya minta 400 rb...

 

 

 

Ini yang jadi sorotan ane. Entah razia yang dilakukan resmi atau tidak, yang pasti kata “ngasih” ini tidak identik dengan “titip sidang“. Jauh maknanya bahkan kesannya adalah sebuah pemerasan dengan ancaman motor dibawa atau ditahan.

Bagaimana nih? Masih banyak ternyata oknum polisi yang minta “dikasih” di jalanan. Ada baiknya POLRI harus segera menindak praktik “pemalakan berseragam” seperti ini. Yah kecuali memang ini benar benar aksi sesuai hukum ane angkat tangan deh…. Ada yang bisa bantu kasih pencerahan soal hukumnya surat surat hilang yang sudah dilengkapi surat kehilangan apakah kena tilang?

Advertisements
This entry was posted in berbagi, motor, polisi, razia, SIM, STNK and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Berkendara Berbekal Surat Keterangan Hilang SIM STNK Tetap Ditilang?

  1. I like FBY says:

    Saya pernah nonton video yusril ihza mahendra …
    Hampir 10 tahun tidak pegang SIM A sampai menjadi mentri hukum baru di kembalikan oleh PN yang di bawah departemen yg di pimpinnya
    Sebelumnya saat masih menjadi dosen SIM A nya di tilang dan di jadikan barang bukti untuk kepentingan pengadilan karena beliau tidak / menolak melanggar hukum sehingga sidangnya ber-larut2

    *maaf ora ada link video nya

  2. Rino says:

    lha sy mo mutasi mtor k jawa. skrng pegangnya ftokopian stnk tp ada stempel resminy samsat jaktim. pulang kmpung lewat cirebon.. gimana donk? sblumnya nunjukin itu gak. ketilang asal tertib.

  3. COCODOT says:

    Polisi yang baik itu hanya di 86,kalau yang ada dilapangan semuanya sama, pemalak berseragam dengan jurus tilang dan tahan

  4. mariodevan says:

    ngoahahahhaha…
    klo sby aman…. cuma disuruh segera bikin surat baru….

    ijin share sob, jumat ini Honda akan ada mtor baru, kira2 apa ya???

    http://mariodevan.com/2016/02/23/vario-125-dan-150-akan-ada-facelift-jumat-ini-info-unofficial/

  5. wisnu says:

    kan sudah ane bilang itumah bukan petugas negara tapi begal berseragam.
    tapi kejadianya bukan di cirebon kan.

  6. Kang Ngatimin says:

    kalo surat keterangan kehilangan tsb dr kepolisian biasanya ada keterangan bahwa surat tsb bukan sebagai pengganti sementara sim & stnk. jadi kendaraan tsb sebenarnya tidak boleh dulu dipakai dinjalan umum, surat tsb hanya berfungsi untuk mengurus/mendapatkan kembali sim & stnk yg baru. polisi berhak menyita kendaraan tsb dan pemikik boleh mengambilnya kembali dng menunjukkan bpkb dan surat kehilangan stnk, dan kendaraan dinyatakan off the road sampe stnk ketemu atw terbit yg baru. tpi kalo polisinya minta uang spt disebutkan diatas, ini jelas salah.

  7. jialing says:

    seharusnya polisi jg ngerti gmana rasanya kehilangan surat2 & apa lg kl yg hilang beserta dompetnya. kl nggak pk duit buat ngurus surat2 si nggak apa2,, yg ada udh kehilangan di persulit pula. hadehhh….

  8. Motor Kecoa says:

    Saatnya pemerintah mem phk masal para pns atau aparatur negara yg kinerjanya tdk baik. Seperti opnum plisi ini

  9. Baladewa says:

    Polisi itu kan calon neraka liat aja perutnya d dunia aja udah buncit

  10. doremi says:

    HARAP MAKLUM TANGGAL TUA GAJI UDAH ABIS BUAT TIPS TUKANG PIJIT
    DAN MEREKA ITU “BERhAK”

  11. teru says:

    Temen w vespa lx150 make knalpot racing pake db kena tilang,kata polisi’a mau di potong terua dibakar knalpot’a,lah ymn w beli 5jy knalpot’a y sayang” lah,terus dimintain 800ribu,temen w bloon’a mau g mau ya ngasih,daripada knalpot mahal angus
    Dia nanya orang make mio yg kena tilang jg kena berapa kata’a 50ribu :v 😀
    Polisi ngerti bgt duit ya,sue

  12. AfterLife says:

    Saran buat warga atau netizen yg baca, ketika kita melihat Razia oknum polisi ini harusnya minta pertolongan warga sekitar. bersama warga mari kita keroyok aja oknum gembel berseragam seperti ini. Bakar aja bila perlu orangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *