Satria FU 150 FI, Totalitas Suzuki Mempertahankan Segmentnya, Ga Pake Baper!


image

Macantua.com – Suzuki, sebuah pabrikan asal Jepang yang selama ini seolah “berhenti berinovasi” di roda dua Indonesia. Sebenarnya sih bukan berhenti, tapi inovasi yang ditawarkannya seolah kurang “kena” pada apa yang diinginkan konsumen roda 2 tanah air. Market share pun semakin tergerus hanya mengandalkan Satria FU 150.

image

Kalau boleh dibilang selama beberapa tahun terakhir, Satria FU 150 memang menjadi tulang punggung penjualan Suzuki di Indonesia, dimana saat itu tidak ada lawan sejenis yang mengusik. Segment sport alias motor batangan boleh dibilang Suzuki hanya menjadi pemanis dengan Thunder 125 dan Inazuma 250, dimana di segment ini penjualan pun masih empot empotan. Lebih naas lagi melirik ke segment matic, dimana jajaran maticnya seolah “tidak terlirik” padahal sejak awal peluncuran setiap produknya selalu banyak sisi positif yang bisa dijual. Sebut saja Next, matic irit bahkan lebih irit dari mio dan beat. Tetap saja tidak laku!

image

Menginjak 2015 banyak perubahan terjadi pada Suzuki, kalau boleh dibilang ada “reformasi” dalam diri Suzuki. Suzuki mulai berbenah, tapi saat berbenah Tendangan dari Honda lewat Sonic 150 membuatnya mulai terombang ambing karena market dimana Satria bernaung mulai terusik. Kue pun terpaksa dibagi. Tanpa ragu dan baper (bawa perasaan) akhirnya Satria pun di permak habis habisan menjadi All New Satria FU 150 FI, dimana motor dengan mesin dan tampang baru jadi andalannya. Sampai sampai nih Suzuki seolah menggebrak kelas 150cc yang selama ini hanya bermain aman dengan power maksimal dibawah 17hp!

image

Tanpa Baper Suzuki seolah menantang semua produk motor di kelas 150cc. Baik itu bebek, ayago, naked bike sampai yang full fairing. Kasarnya sih “Ayago gw bisa 18 HP lebih, masa Sport full Fairing lu cuma dibawah 17hp?” Bahkan tagline iklannya pun berkata ” BERANI DIADU“. Kalau soal power jelas Suzuki menguasai, tapi apakah ini akan berefek menjadi penguasa penjualan kelas 150cc? Jawabannya masih susah, Suzuki harus tanpa Baper juga memperbaiki jaringan sales nya di lapangan. Karena yang selama ini jadi pertanyaan besar adalah dimana produk dan spare part bisa dibeli ready stock dengan harga yang bersaing. Dan ini adalah pertanyaan balik yang harus dijawab “berani diadu buat masalah sales dan after sales service”?

image

Last, pekerjaan rumah buat Suzuki memang. Suzuki sudah ga pake BAPER bikin produk mumpuni, tinggal bagaimana ga BAPER juga dalam menjual produk produk mumpuninya. Kita tunggu ya… Inget Jangan BAPER!

Advertisements
This entry was posted in DOHC, marketing, motor, opini pribadi, sales, suzuki and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

64 Responses to Satria FU 150 FI, Totalitas Suzuki Mempertahankan Segmentnya, Ga Pake Baper!

  1. ardiantoyugo says:

    nunggu taun 2040 aja… mungkin FU pas taun itu bisa 40 HP…

  2. Supra 2002 ku Awet Rajet says:

    Bukan kurang kena, tp kurang ngotot. Shogun fi gagal eh ganti axelo. Padahal Supra 125 fi juga ga laku (dgn harga slisih sjuta dr karbu). Tp AHM ngotot, bsknya smua mesin honda ganti fi. Giliran thunder laku, bertaun taun ga dapet facelift. Giliran galaku, org udah lupa, baru ganti rem blakang.

  3. anangcozz says:

    Suzuki mah gak suka baper…

  4. COCODOT says:

    Waduh hese ngadownload ey

  5. COCODOT says:

    Boga hiji2na nu payu teh nantang, sombong ey sijuki mah

  6. COCODOT says:

    Enya ey hese yeuteh ngadownload duit jang meli fu fi teh, aya nu bisa te

  7. COCODOT says:

    Pang bejaken ka bos sijuki mang aya nu wani di adu kituh jagur dekah

  8. gilaroda2ga says:

    Laper!

  9. COCODOT says:

    Nya pa kolot2 atuh ges 32thn jagur aya keneh

  10. B lmp says:

    Data aisi bln january sonic anjlok pol.. Dri 9000 8000 ke 2000unit di january
    Sejak di luncurkan agustus thn lalu baru 6bln di situs olx.c.o.m
    Bnyak yg jual sonic150 ada jga yg km msh rendah bgt ada jga yg di over kredit
    Motor baru sekitar 6bln sdh bnyk di jual efek kecewa kah?

    Ko bhsa na jgah sales wae ngomokeun jualan wkwk
    Saboda teuing ah

  11. Ghifar says:

    Om mau nanya nih mio m3 itu bisa disetel kadar gas buangnya atau CO nya tidak ya ?? Kalau per kampas ganda mio m3 enakan diganti punya vario 125 apa xeon karburator?? Kalau mau ganti ban dan velg soul gt 125 bukan yang gt 125 apakah bisa langsung pasang di mio m3 125 mas??

  12. B lmp says:

    Eta cma nanya” wungkul mang rek dandan teu bga acis meureun wkwkw

  13. Mongtor saya tetep suzuki ngoahahahahah

  14. Pingback: Saat Suzuki Satria Fu 150 Injeksi Bersanding Dengan Honda Sonic 150 R | Sakahayangna.COM

  15. beno says:

    dari jaman dulu ane pribadi pake suzuki mulu, sedangkan emak babeh setia dengan honda.. permasalahan suzuki bukan di sparepart, malah ane sendiri gak pernah kesusahan sama sparepart baik ketersediaan dan harga, kecuali pas pake suzuki arashi emg part nya susah, yg jadi nomor 1 permasalahan itu kualitas SDM di dealer/bengkelnya.. yg dealernya kurang professional, yg mekaniknya juga sama, yg ada ngertian konsumen daripada mekanik, kan lucu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *