Kenapa Harus Supra X 150?


spyshot-all-new-honda-supra-x-150-2.jpg.jpeg

Macantua.com – Hadirnya K56F alias bebek super dari Honda dengan mesin DOHC Near Square memang bikin heboh dunia maya. Tapi ada yang sedikit mengganjal di mata benak ane. Kenapa harus namanya Supra X 150? Yuk ah kita bahas. Kemungkinan besar kenapa Honda akan kembali menggunakan nama besar Supra pada bebek super-nya kali ini.

honda-supra-100.jpg.jpeg

Pertama, nama Supra belum tergantikan. Nama Supra sejak kelahirannya sekitar tahun 1997 lalu memang cukup mengena. Bahkan nama Astrea yang selama puluhan tahun digunakan pun bisa tergeser oleh besarnya nama Supra. Model futuristik tapi tetap elegan di jamannya menggantikan Astrea Grand yang masih mengadopsi body belakang rata. Model sedikit “njengat” memang terlihat lebih sexy. Ini yang menyebabkan nama Supra lebih gampang dan di ingat karena bentuknya. Belum lagi saat serbuan motor China yang mayoritas “photo copy” membuat nama besar Supra semakin menjadi. “Lihat bentuknya sama, tapi Supra jauh lebih awet dan irit” kira kira begitu mind set yang tertanam.

wpid-teaser-bebek-super-k56f-supra-150-dohc-.jpg.jpeg

Kedua, Supra itu identik bebek Honda yang irit bertenaga. Lho kok bisa? Bukannya loyo? Pada jamannya Supra menjadi salah satu varian Honda yang banyak peminatnya. Tidak hanya kalangan bapak bapak, ibu ibu sampai anak remaja yang sedang kuliah rata rata pakainya Supra (dibeliin bapaknya). Alasannya ya karena Irit jadi ga sering sering main ke pom bensin dan bertenaga, terutama buat kerja keras “nanjak nanjak”. Di saat motor lain kewalahan nanjak biasanya Supra tetap naik meski dengan kecepatan rendah. Ini yang menjadikan Supra lebih dikenal di lingkungan pedesaan sebagai motor bebek siap kerja. Sekedar nganter ke sawah, nganter ngarit bawa rumput atau bahkan bawa tumpukan kayu bakar. Bahkan di kota kota biasanya Supra dipergunakan buat belanja ke pasar bahkan untuk jualan bakso, batagor dan sebagainya.

wpid-supra-ceper-modifikasi.jpg.jpeg

Ketiga, ini yang paling ekstrim : Supra itu motor FBH! Lho kok bisa? Nah dengan segala kelebihannya di atas menjadikan para pecinta Honda akan merekomendasikan atau bahkan memilih untuk membeli Supra sebagai motor pilihan dibanding bebek sekelasnya. Sparepart melimpah serta simplenya perawatan membuatnya jadi motor andalan. Bahkan meski Honda mengeluarkan bebek lain seperti Blade, Revo, Kharisma, Kirana, nama Supra lah yang akan pertama disebut oleh para pecinta bebek Honda. Yakin deh….

wpid-supra-x-150-dohc-macantua.com_.jpg.jpeg

Last, kalau bebek super Honda kali ini diberi nama Supra X 150, itu sebuah kewajaran. Karena memang nama Supra sudah tertanam di masyarakat Indonesia. Terutama di pedesaan yang notabene beranggapan “semua motor itu disebut Honda” dan “Honda bebek itu Supra”. Yah meski Honda masih belum bisa move on dari tampilan “Elegan” Supra, tapi optimisnya adalah nama Supra akan membuatnya bebek super DOHC near square ini punya kans lebih besar meraup keuntungan dari penjualannya dibanding nama lainnya. Ciao….

Advertisements
This entry was posted in ahm, DOHC, honda, motor and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

39 Responses to Kenapa Harus Supra X 150?

  1. ardiantoyugo says:

    supra identik dengan motor kalem ga neko neko, irit…
    blade aja lah…

  2. itu supra keluaran baru jelek banget . kemaren lewat depan rumah, nah gw bengong itu sejenis mahluk gimana gitu jelek pokonya wkwkwk

  3. ray says:

    Artikel ngerendahin orang desa…moga aja lekas sembuh om

  4. upin cekgu says:

    Artikel yang merendahkan orang desa..moga lekas sembuh om…sok bgt seh omm…

  5. kalo super sonic aja gimana? mesin sonic buntut sonic depannya doang yang bukan sonic

  6. revolver says:

    Klo menurut pendapat pribadi saya sih kurang cocok pke nama supra krn di indonesia nama supra identik dgn motor irit ketimbang sbg motor kencang yg cocok disematkan pada bebek super. Smpe pernah cerita ke beberapa org tua bkalan ada saingan mx king dgn nma supra x 150, rata2 jwb smbil senyum2/setengah ketawa “kok namanya supra, supra kan motor irit” dan sebagian lg ada yg menambahkan “nama supra kesannya gk sangar buat ngelawan mx king”

  7. COCODOT says:

    Satu mesin di pake banyak tipe, bisa jadi revo dan blade juga pake mesin near square nih

  8. supra 2002 ku awet rajet says:

    Supra itu brand utama di kelas bebek AHM. Selama 19 tahun berhasil berjuang dan bertahan dari berbagai serangan brand baru maupun feature baru (Supra paling telat pake cakram depan). Bahkan motor2 entry level baru meledak setelah diembel2i Supra (supra fit, supra fit s, supra fit X). Ketika lepas dari brand Supra (Fit S dan Fit X) langsung gada yg kenal, amnesia, lupa ingatan smua.

    Dari posisi dagangpun, keknya sangat gak lucu kalo barang entry level macam revo atau blade tiba2 menohok dan lebih unggul dari supra. Liat aja dr posisi harga sekarang, semahal2nya blade 125 tetep dibawah supra 125 (dengan fitur yg sama loh ya). Artinya bahwa Supra memang diposisikan untuk manungsa2 yg lebih mapan. Pun begitu jika ada feature baru ato ada pemilihan naik kelas, maka Supra akan didahulukan krn bertaun2 NEM nya bagus dan slalu peringkat di kelas serta tidak lupa salim pada guru dan penjaga sekolah setiap hari. Mindset pasar lebih terbuka ketika ada brand namanya SUPRA dikemas dlm bentuk baru.

    Kira2 begitu pendapat saya. Jika ada kebenaran atau kebetulan yg terkandung, silahkan diabaikan.

  9. Mase says:

    Haruse bladeus 150

  10. rffz says:

    dari dulu kasta nya supra itu di atas blade,, dulu supra buat ngelawan jupiter/jupiter z,,
    ketika muncul jupiter mx, maka supra di upgrade ke 125 cc pake basis karisma buat berhadapan dengan mx
    tapi jupiter z jadi gak ada lawannya, pertama dimunculkan revo 100cc bekas mesin supra lama untuk head to head, namun tentu secara performa gak imbang, makanya muncul lah blade dengan mesin 110 cc untuk melawan jupiter z
    ketika jupiter z1 muncul, blade yang 110cc dah gak sanggup ngelawan 115cc milik z1, akhirnya blade di upgrade ke 125cc agar seimbang
    upgrade blade ke 125cc tentu bentrok dengan supra yang pake mesin sama,, padahal supra untuk mx, dan blade untuk z1
    hingga akhirnya muncul mx king yang 150 cc, tentu supra yang 125cc lah yang di upgrade ke 150 cc untuk menghadapi mx king
    analoginya, bebek150cc untuk performa sudah diakomodasi oleh sonic, dan supra150 ini menyasar segmen matang dan desain elegan

    jadi, head to headnya,, mx series vs supra series, jupiter z series vs blade,,

  11. Elang says:

    Secara penamaan, “Supra” memang selalu di atas “Super”

    Review Box Givi E33 setelah 5 tahun, tetep awet bro

    http://elangjalanan.net/2016/01/25/review-box-givi-e33-5-tahun-pemakaian-hanya-stoplamp-mati-setahun-terakhir/

  12. awaludin says:

    dan 1 lagi yang paling lekat dibenak Masyarakat.
    HARGA JUAL PURNA yang masih TINGGI,
    walaupun sudah Tahun Tua.

  13. willwilldan says:

    Ingat kang, supra juga pernah ngluarin limited edition versi honda, supra xx yang pakai kopling. Hehe

  14. Pingback: Supra X 150, Just Wait and See | macantua.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *