Saat Yamaha R25 Upgrade Kaki Kaki, Apakah Mampu Menumbangkan Ninja?


image

Macantua.com – Masih ingat gambar di atas? Pada gambar di atas adalah gambar dari salah satu majalah otomotif Jepang Young Machine yang membahas kelas 250cc. Hanya saja ada yang janggal pada gambar di atas. Yamaha R25 pada gambar di atas menggunakan suspensi Upside down alias usd. Akankah upgrade kaki kaki ini dilakukan oleh Yamaha setelah melihat penjualan R25 yang masih kurang memuaskan?

image

Ane fokus ke r25 ya....

Kita sama sama tau, Yamaha R25 memang berbasis produksi di Indonesia dan dengan sangat disayangkan di negara pembuatnya pun R25 masih belum bisa memikat banyak hati para pecinta roda 2. Terlihat dari angka penjualan Yamaha R25 dalam negeri yang masih di bawah angka penjualan Ninja 250 yang berstatus CBU (entah sudah CKD sekarang). Padahal saat peluncurannya dahulu Yamaha R25 digadang gadang akan menjadi Ninja Killer di kelas 250cc.

image

Kaki kaki, yup ini masalah yang menjadi sorotan ane selama ini. Karena kalau kita bicara soal mesin, secara matematis R25 menang telak dari sang Ninja. Tapi saat bicara kaki kaki semua akan sepakat bilang “NO”. Suspensi depan memang sudah berdiameter besar, hanya saja pada bagian suspensi belakang absennya link suspensi membuat bantingan suspensi belakang kurang maksimal. Meski secara keseluruhan R25 jauh lebih nurut dibanding Ninja. Dan inilah PR terbesar Yamaha. Mesin juara tanpa suspensi juara : tidak juara.

Kalau bicara perkembangan roda 2, suspensi up side down memang seolah sedang menjadi primadona. Menempelkannya pada R25 akan membuatnya pantas berharga di atas 50 juta (untuk itungan motor produksi lokal). Apalagi kalau Yamaha berbaik hati memperbaiki sistem suspensi bagian belakang yang menurut ane kurang mumpuni. Anggap saja swing arm tetap sama tapi menambahkan sebuah link suspensi sepertinya bisa membantu Yamaha R25 jauh lebih nurut lagi, terlebih di jalan bergelombang.

Optimisnya, dengan meng-upgrade kaki kaki ini menambah nilai jual sang R25 ke pecinta roda 2. Mesin OK, Body ganteng, Suspensi juara. Ane yakin R25 akan menjadi pesaing kuat atau bahkan bisa mengejar penjualan Sang Ninja. Ciao….

Advertisements
This entry was posted in DOHC, Kawasaki, moge, motor, opini pribadi, yamaha and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Saat Yamaha R25 Upgrade Kaki Kaki, Apakah Mampu Menumbangkan Ninja?

  1. good day says:

    Vote ninja…..

  2. arya says:

    suspensi belakang itu diperbaiki.. pake link lah.. jadi klo pas diliat2 kyak ada manis2nya gt… biar gak mentul2.

  3. paijoe says:

    Di saat r25 cuma ganti warna dan kaki” .. Ninja sudah brubah semua. Baik body maupun upgrade mesin.. Truss.. Kalahh lagi r25.. Nasibmu…mengenaskan

  4. dorayaki says:

    Tanpa upgrade kaki” segala juga bisa ngalahin penjualan ninja atau minimal mendekati kalo harganya berkisar 46jtan

  5. prabu says:

    Designnya mas…design…
    Cuma itu masalah R25 saat ini.
    Dan hati2,bentar lagi honda juga ngeluarin 250cc dual cilynder. Makin berat kan??!!

  6. ucok says:

    Menurut abdi mahh kang yimm fokus di 150 cc aja gk usah maksa”in bersaing di class 250 cc aplgi ninja lawan’a yg udah bnr” melekat di pra biker jujur kang ni r25 di kota ane aj blm prnh liat jln kecuali yg punya dealer tuh si iki tmn ane kacian kang buat yamaha fokus buat mesin dohc buat vixion lah biar waw..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *