Ternyata Di Dalam SIM (Surat Izin Mengemudi) Ada Chip nya


image

Chip data informasi pemilik sim

Macantua.com – Buka buka group motor kesayangan ketemu beginian. Sebuah postingan dari Bro Jacky di group Honda Tiger ini rame komen.  Dimana Bro Jacky mendapati SIM (Surat Izin Mengemudi) saat terbelah menjadi beberapa bagian terdapat sebuah chip di dalamnya. Kira kira apa fungsi dari chip tersebut?

image

Salah satu komentator memposting gambar chip dalam SIM

Diskusi ternyata seru, banyak komen dari mulai yang serius sampai yang “jahil” mengisi postingan tersebut. Tapi ane mengambil beberapa jawaban realistis dari beberapa komentator nih :

Ini Jawaban spesifiknya..
Itu chip fungsinya adalah;
1.data scan kita,jadi buat data kependudukan yang mmpunyai SIM/kendara’an
2.chip ditanam di SIM buat pembuatan/perpanjang SIM secara online,jadi kalau kita berada diluar wilayah kita tinggal ga perlu ngurus perpanjang SIM dengan pulang ke daerahnya cukup ditempat dimana dia berada
3.fungsi chip di SIM juga buat mencegah pengguna menggandakan SIM jika pengguna melakukan kejahatan dengan kendaraan,atau denda tilang yang melebihi dari biaya pembuatan SIM baru,jadi si pengguna ga bisa membuat SIM lagi dengan begitu si pengguna bisa terlacak keberadaanya..
CMIIW..
Hadaawwww…capek nulisnya tak ngopi dlu deh..

Komen realistis berikutnya :

Jadi kesimpulan yang dapat kalian pilih dari fungsi Chip tersebut seperti ini ;
1. Sebagai alat pembeda antara SIM asli dan SIM palsu.
2. Sebagai alat penyimpan database lalu lintas dan data diri pemilik SIM tersebut.
3. Sebagai alat pelacak keberadaan dari pemilik SIM tersebut.

Nah kira kira ada yang tau jelas fungsi chip dalam SIM? Kalau ane sih sepakat sama dua komen di atas. Penasaran? Sok belah aja SIM masing masing hahahhaha…..

Advertisements
This entry was posted in berbagi, mobil, motor, prosedure, razia, SIM, STNK and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Ternyata Di Dalam SIM (Surat Izin Mengemudi) Ada Chip nya

  1. Istri Muda says:

    wah bs ke detect nih

  2. COCODOT says:

    Kalau di ktp pake chip ga

  3. bejoselamet says:

    Saya taunya setelah sim saya terbelah jadi 3 bagian kang,gara-gara dompet kerendem 😀

  4. Peri says:

    Teorinya gitu Kang, tapi prakteknya klo ditilang, bikin SIM baru juga gampang, bikin surat ilang, dapet dah sim baru, dengan masa berlaku 5 tahun kedepan, mau lewat jalur resmi okeh, jalur belakang juga oke, lebih cepat dan mahallll

  5. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Itu chip pengintai dan penyadap, konspirasi mamarika dan mamangyudi. Biar klakuan org indo kepantau smua. Udah makin pinter ato ngotot bego.

  6. metomnulis says:

    Belah duren sajah ,wenakk

  7. androbiker says:

    ternyata mirip kartu ATM.. hehe

  8. baru tahu ane sim ada chipnya…

  9. Pingback: WOW!! Ternyata Di Dalam SIM (Surat Izin Mengemudi) Ada Chip nya | Trenpos.com

  10. nvl_rider says:

    setau ane itu rfid kpanjangan dari radio frequency identification seperti dalam ktp. dan setiap rfid di register untuk satu orang (begitu sih penjelasan simplenya). jadi nanti kalo sim di tap (tempel) ke readernya maka keluar semua datadatannya yang sudah di entri saat register. itu sih yang ane tau cmiiw :). jadi fungsinya bisa disimpulkan sendiri kan. ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *