Jika Modifikasi Adalah Kejahatan….


image

Macantua.com – Masih hangat soal denda tilang modifikasi yang maksimalnya 24 juta, dimana kini beberapa oknum di lapangan melakukan penilangan brutal pada semua kendaraan yang dimodifikasi tanpa ada standarisasi. Para pengguna motor modifikasi kini main sumput sumputan dengan petugas, seolah mereka adalah pelaku kejahatan atau kriminal kelas 1. Apa iya modifikasi itu kriminal?

image

Seharusnya nih aturan yang dilempar ke masyarakat jangan terlalu abu abu. Modifikasi itu terlalu luas, bahkan mengganti pedal gas atau stang pun sudah jadi sebuah modifikasi. Tapi apa daya saat para oknum yang “haus” dilapangan menerapkan sistem babat untuk semua modifikasi ya malah menjadikan keresahan masyarakat. Apalagi denda yang digembar gemborkan sampai seharga New Vixion baru keluar dari dealer.

Efeknya? Sangat jelas efeknya, modifikasi motor yang selama ini sudah jadi hajat hidup orang banyak akan tergusur. Warung warung aksesoris motor pinggir jalan,bengkel modifikasi sampai produsen pernak pernik modifikasi akan terancam bubar. Ini karena sebuah kalimat “modifikasi adalah kejahatan” yang dilontarkan dan digembar gemborkan. Kalau bicara soal ego pasti para modifikator atau pemilik motor modifikasi akan berkata “motor motor gw,duit duit gw bukan hasil korupsi”. Tapi di sini kita harus tau dulu bagaimana standar modifikasi yang masuk kategori “kejahatan” dari pihak kepolisian yang sampai saat ini belum jelas standarnya di lapangan.

Efek selanjutnya ya jelas, buat para oknum yang “lapar” akan semakin mendapatkan celah mendapatkan mangsa di jalanan. Siapa yang bisa mengontrol mereka saat di lapangan? Ane yakin pimpinan tiap resort tidak akan bisa mengontrol setiap bawahannya satu persatu. Aksi pungli dengan kalimat sakti “modifikasi adalah kejahatan” akan menjadi celah praktik korupsi yang sangat nyata. Tidak cukup hanya pajak hidup no rangka dan nomor mesin sama dengan yang tertera pada stnk, tutup pentil modifikasi pun akan jadi alasan untuk dapat uang tambahan.

Last, harapan ane ke POLRI kembali jadi pengayom masyarakat, jangan menjadikan lembaga ini seolah jadi abu abu fungsinya. Jelaskan aturan modifikasi yang dilarang itu apa dan bagaimana. Agar masyarakat bisa tau dan menghindarinya, juga bisa mencegah aksi brutal “mengemis” dengan kata sakti “modifikasi adalah kejahatan” marak di jalanan. Ciao….



Advertisements
This entry was posted in berbagi, modifikasi, motor, prosedure, STNK and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Jika Modifikasi Adalah Kejahatan….

  1. hamon says:

    Peraturan ini jd salah satu pundi pundi POLRI untuk ngegendutin perut mereka

  2. klo kaya gni yg nelen mentah2 peraturan modif adalah kepolisian…

    klo main metah2an harusnya kita ramai2 menuntut para aggota yg telah memodif motor scorpio pakai box dan lampu storo bawa toa juga…

    apa itu bukan modif..???

    masyarakat sudah mulai paham akan yg di maksud dari modifikasi.. ini aparat yg di lapangan yg nelen aturan mentah2,,,??

    • sorry mksudnya lampu strobo

    • macantua.com says:

      Sabar sabar kang… ya kadang memang bgtu adanya. Yg dlapangan ga pake aturan ini aja tutup pentil jd masalah kan…

      • Tapi gak boleh gtu dong…

        Coba kalo surat tilang ada keterangan pelanggaran ,,, gak cuma pasal sekian ayat sekian jadi tdak spatutnya ksalahan brada di satu pasal trsebut..

        Misal saja..

        Pasal kelengkapan kendraan..
        (Spedometer, spion, dll..)

        Trus klo ketilang gra2 tutup pentil masuk ktegori kelengkapan juga itukan rugi …
        Sama halnya ini..

        Yg d mksud modifikasi disinikan..
        Pmbuatan kreta/grobak samping
        Ban lbih kcil dri standar
        Mrubah warna dsar..
        Pergantian chasis dan mesin tnpa pertimbangan…
        Baru masuk kategori planggaran dan patut di kenai 24 jt..

        Namun klo cuma modifikasi
        Old vixi mke cakram blakang, pgantian stering dri stang baplang ke jepit..

        Apa itu pntas di kriminal kan???
        Klo cma d telan mentah2 knapa toko accesoris di biarin menjamur..?

        Narkoba ajja yg bikin yg jual yg make kena semua..
        Msa modifikator,toko modifikasi dan pemakai gak di brantas..?

        • macantua.com says:

          Nah itu knp ane bahas di atas. Efeknya hajat hidup org banyak. Yg jd masalah kan penegakkannya di lapangan kang. Maaf2 aja kadang polisi yg nilang pun gatau pasal brp isinya apa. Pernah kejadian kok ada yg ditilang pas sidang digugat sama yg ditilangnya krn aselinya emang ga melakukan pelanggaran itu.

  3. W 15 NU says:

    Wah ,,,jadi tambah ganas aja itu begal yang berseragam.

  4. gilaroda2 says:

    Lbh parah lg jika ada modifikasi dlm korupsi, korupsi yg dimodifikasi, ato koruptor yg suka modifikasi…. 😀

  5. shinichi kudo says:

    hahaha iya kan mang. terbukti to!! teori ama prakteknya gk sejalan.. apesss!!! -_-“

  6. adityaprad says:

    waah padahal itu cuma ngrubah headlamp,spatbor blkng samaa jok aja, body kayaknya masih mbentuk prima kok
    gawat nih lama2

    https://adityaprad.wordpress.com/2015/12/13/konsep-modif-yamaha-m-slaz-berfairing-depan-mt-09-tracer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *