Saat Gagal Menjadi Yang Pertama, Fatal!




image
Sumber : alamy.com

Macantua.com – Menjadi yang pertama memang keinginan semua orang. Dalam persaingan perlombaan bahkan dunia perdagangan menjadi yang pertama adalah sebuah tujuan. Tapi apa jadinya bila kamu sudah menjadi yang pertama tetapi tidak menjadi yang pertama sesungguhnya di mata orang? Fatal! Karena sebaik baiknya adalah jadi yang pertama dan menang di hati pelanggannya.

Bisa kita ambil contoh, siapa sih yang pertama di gelaran motogp 2015? Secara data memang Lorenzo yang menjadi juara. Tapi apakah Lorenzo yang menjadi Juara sesungguhnya? Masih banyak yang bilang Lorenzo jadi yang pertama tapi bukan yang pertama sesungguhnya. Yah silakan nilai sendiri. Hal ini sama terjadi pada dunia penjualan motor di Indonesia. Ada beberapa contoh kegagalan saat menjadi yang pertama dan ini fatal menjadikan “merk”nya gagal terkenal di masyarakat.

image

Kasus pertama adalah fitur “Helm In”. Siapa pernah tau istilah helm bisa masuk bagasi ini digunakan oleh siapa? Semua pasti akan bilang Honda, ya karena yang menciptakan nama “helm in” ini adalah Honda. Tapi sadar ga kalau sebenarnya yang sudah menggunakan fitur ini bukanlah Honda? Kymco jauh lebih dulu memberikan matic besar dengan bagasi super lega buat pengendaranya. Bahkan dari pabrikan Jepang pun masih bukan Honda, tapi Yamaha Nouvo lah yang sudah menggunakan fitur ini sejak awal. Tapi kenapa yang terkenal Honda?

image

Motor injeksi menjadi yang kasus kedua. Siapa yang tau kalau Supra 125 adalah motor injeksi pertama di Indonesia? Banyak pasti yang tau, tapi tak sebanyak orang tau bahwa Vixion adalah motor injeksi pertama kan? Nah di sini kesalahan yang dilakukan Honda, 2004 lalu Honda menjadi yang pertama tetapi dalam waktu 3 tahun sebelum meluncurnya Vixion Honda belum bisa menanamkan mindset Injeksi itu Honda yang pertama. Tapi justru Yamaha lewat Vixion berhasil menancapkan mindset injeksi irit itu Vixion.

Last dari kasus di atas kita bisa lihat bagaimana sesungguhnya “nama” dan apa yang melekat pada produk itu adalah ciri khas yang bisa menjadi baik dan malah bisa jadi sebaliknya. Mau jadi yang pertama dan jadi yang terbaik atau tidak memanfaatkan peluang yang sesungguhnya sudah dibukanya. Ciao

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







20 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.