Busyet Plat Nomor & STNK Belum Keluar, All New CB150R Inreyen Angkut Kayu!




image
Foto Motor milik Bro Dimas yang dikirim.Bro Dika

Macantua.com – Telat buka email ternyata kemarin dapat kiriman beberapa foto dari Bro Dika. Dia bercerita via email kalau All New CB150R milik adiknya meski STNK dan Plat nomor belum didapat sudah digunakan untuk bekerja. Tidak tanggung-tanggung, pekerjaan berat mengangkut kayu bakar untuk motor baru yang masih dalam masa inreyen.


Mass… ini saya ada jepret foto masih tentang CB150R… punya adek saya Dimas… udah dibuat angkat kayu bakar mas… belum keluar plat juga.. hahahaha tapi ini beneran multi fungsi mas.. hahahaha

image

Ternyata ga hanya mengangkut kayu bakar, All New CB150R berwarna merah ini pun sudah disiksa mengangkut derigen yang kemungkinan berisi pupuk semprot. Weleh perkasa banget ini All New CB150R.

image

Sebenarnya bukan masalah kuat atau tidaknya nih. Kalau menurut buku panduan yang diterima setiap pembelian kendaraan bermotor, motor harus mengalami masa inreyen. Yakni masa penyesuaian antar part yang bergerak. Biasanya sih dilakukan selama 500km sebagai tahap pertama dan 1000km untuk tahap kedua. Pada tahap pertama biasanya sang motor tidak boleh dipaksa bekerja keras, putaran mesin pun dibatasi pada rpm tertentu (biasanya 5-6 ribu rpm). Kemudian saat sudah mencapai 500km wajib melakukan penggantian oli alias pelumas. Biasanya nih, pada oli yang ditap akan banyak geram alias serbuk serbuk besi hasil dari penyesuaian gerakan mesin.

Nah tahap kedua dimulai sejak penggantian pelumas pertama. Pada masa inreyen kedua ini throtle motor sudah bisa sedikit ditarik lebih kencang, tapi masih dalam batasan. Biasanya rpm hanya boleh naik sampai sekitar 1000 rpm diatas putaran mesin pada masa inreyen pertama. Masa inreyen kedua ini biasanya bertugas untuk memperhalus gesekan pada komponen mesin yang sudah disesuaikan pada masa inreyen pertama. Nah setelah inreyen kedua boleh deh si motor disiksa semaunya.

Last, motor baru memang sudah lebih presisi dibanding mesin-mesin jadul. Tapi ga ada salahnya kan kita melakukan inreyen mesin agar keawetan mesin motor terjaga ya…. Ciao

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







25 Comments

  1. Klo cuma buat angkut angkut barang saya gak heran memang fungsinya begitu. Saya baru heran andai punya motor baru terus kemana-mana digendong hanya karena belum ada stnk & plat nomor.

  2. gkgkgkgk yo wong g tau mesin kang, ntar pas rusaknya, langsung bilang new cb ini lah apalah, pdhl emg si empunya yg g tau merawat motornya ,

  3. mbah,, saya mau tanya udah ad belom yah undercowl new cb? msalah nya skrng musim hujan..mau gk mau kadang kena cipratan..
    satu lagi spakbor kolong new cb masih kopong, jadi mnoshock masi kena ciprat air, apakah aman make flap tambahan?
    suwun mbah macan

    • Kalau undercowl accessories resmi kayanya blm ada om. Mungkin yg custom banyak.

      Kalau pasang flap tambahan kayanya aman aman aja om. Selama bahannya lentur jadi tetep ga bakal ngerusak yg lain saat suspensi blg gerak naik turun

  4. Khan kita beli kendaraan untuk difungsikan.
    Jadi ya seringkali nggak bisa nunggu prosedur normal, wong kebutuhannya sudah mendesak koq.
    Lha itu truk dan bis malam, begitu keluar dari karoserie langsung geber aja.

    Eh tapi dulu saya punya truk, ama dealer dianjurkan inreyen juga koq. Jadi saya jalanin kosong sampe 500 km, ganti oli pertama, service, baru buat angkut beban.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.