LED-isasi Headlamp

image

Macantua.com – Kemajuan teknologi saat ini memang memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan roda 2 dan roda 4. Termasuk salah satunya penggunaan lampu utama dengan sistem LED yang kini sedang melanda semua pabrikan. LED-isasi headlamp hampir menjadi hot topic pada setiap motor dan mobil baru atau facelift.

image

Pancaran headlamp led

Kalau kita bicara kelebihan LED memang banyak, irit konsumsi listrik dan pancaran cahaya yang terang menjadi salah satu point utama kenapa LED semakin gencar digunakan. Tentu saja dengan iritnya konsumsi listrik ini menjadikan kerja magnet tidak harus “full power” dan ini pun menjadi aspek “cost reduction” dimana magnet bisa dirubah lebih “simple”. Belum lagi semakin panjangnya umur pakai accu yang lebih lama. Juga daya accu yang bisa diturunkan dari kebanyakan motor saat ini. Kembali, ujung ujungnya adalah keuntungan perusahaan “produsen”.

Tapi punya banyak kelebihan bukan berarti tidak punya kekurangan. Pancaran sinar LED yang mayoritas masih berwarna putih boleh dibilang belum bisa disesuaikan oleh para pengguna kendaraan. Beberapa kasus yang ane dapati di jalanan, para pengendara merasa kesulitan saat mengendarai dalam keadaan jalan berkabut apalagi hujan. Cahaya LED yang terang pada kondisi normal masih tidak berdaya melawan kejamnya kabut dan hujan. Belum lagi bagi sesama pengguna jalan, banyak yang bilang kalau sorot lampu motor LED lebih sakit ke mata :(.

Bahaya? Mau tidak mau ane bilang ini bahaya dan menyangkut faktor safety pengguna kendaraan dan pengguna jalan lainnya. Entah solusi apa nanti yang akan diberikan pabrikan untuk faktor yang satu ini. Semoga saja pabrikan tidak terlena dengan keuntungan LED-isasi yang mereka lakukan. Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, headlamp, mobil, motor, opini pribadi, safety dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke LED-isasi Headlamp

  1. c33b berkata:

    om di pasaran kan udah ada led yg warnanya kuning,kira-kira tembus kabut ga ya?selain itu nyiksa orang yg dari depan ga?kasihan jg kalo silau

    Suka

  2. handoyo25 berkata:

    kalo mau tertib ya harus dibuat regulasi ttg headlamp terkait safety.
    mulai dari kekuatan daya pancar, arah sebaran pancaran, kemampuan minimal dalam menembus kondisi kabut dan hujan (jalan basah), dsb.. dsb..

    yg jelas, regulasi ini harus punya ukuran/parameter yg jelas, ada alat ukur dan cara ngukurnya juga jelas, serta sanksi yg jelas kalau ada pelanggaran.

    ** kenapa ane jadi inget kasus razia knalpot yak? **

    Suka

  3. rifz berkata:

    tinggal kasih stiker warna transparan, kalau musim hujan

    Suka

  4. RPMspeed berkata:

    lagi booming 😀

    ————————————–
    Fungsi Leg Wave Ala Rossi
    http://rpmsuper.com/2015/10/24/fungsi-turun-kaki-pembalap-motogp/

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.