Pengganti Tiger? Udah Ga usah Dipikirin..




image

Macantua.com – Honda Tiger 2000 yang pertama dikenalkan 22 tahun lalu memang sempat menjadi kasta tertinggi di kalangan pecinta motor Indonesia. Ya boleh dibilang dulu sang macan sempat menjadi salah datu motor yang bisa meningkatkan pride sang empunya. Hingga akhirnya beberapa waktu lalu sang macan harus discontinue karena minim perubahan dan inovasi selain body selama dijual. Terus bagaimana dan apakah pengganti Tiger?

image

Kita mulai deh ngalor ngidulnya, pertama ekspektasi para penunggang Tiger pasti mengharapkan sebuah motor yang fresh, new, dan teknologi terbaru. Mungkin 2 cylinder DOHC near square yang bisa dan enak buat tarikan pada putaran mesin bawah mengengah hingga sedikit tinggi. Opsinya? Hanya motor dengan mesin baru. Mungkin sepaket dengan new CBR250RR. Tapi kemungkinan ini super kecil mengingat CBR250RR pun belum jelas kapan produksi masalnya.

image

Turun sedikit dari opsi sebelumnya. Yaitu 1 cylinder DOHC dengan water cooled engine. Kalau ini sebenarnya termasuk gampang buat AHM. Bagaimana tidak basic engine CBR250R bukan hal aneh lagi. Bahkan kalau boleh bilang cukup bore up si All New CB150R sudah cukup. Tapi entah kenapa hingga saat ini belum ada desas desus hadirnya pengganti sang macan.

image

Opsi ketiga, ambil basic engine CB300X dari Brazil sana. Engine aircooled dengan oilcooled mungkin akan lebih murah dari segi biaya produksi dan perawatan. Dan ini sesuai dengan Tiger yang memang diposisikan untuk berkelana jauh. Tapi sayu sisi yang akan hilang adalah kesan “pride” yang selama ini dipegang para penunggang macan. Karena kalau boleh dibilang image “unggul” pun akan hilang ditelan minimnya teknologi baru pada sang motor.

Terakhir, just let it die! Maksudnya? Yah maksudnya adalah matikan saja nama Tiger dari agenda AHM. Sudah terlalu lama para penunggang macan mengharapkan hadirnya sang pengganti. Tapi satu yang perlu diingat AHM adalah, loyalis Tiger yang selama ini menanti akan benar benar meninggalkan Sport Honda. Ingat, Yamaha dan Kawasaki bahkan Suzuki sudah punya naked bike berkubikasi besar. Kalau Honda mau diam saja, siap siap Nama besar Tiger akan hanya jadi sejarah di roda dua Indonesia. Tidak akan melegenda bagai CB dan GL yang kini bangkit kembali. Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







28 Comments

  1. lah..asem..nggantung…
    intisari artikel ini apa?…

    udah cb pekgo buat gantiin tiger aja.. performa sih cukup… taapiiiii
    pridenya emang gak nyampe… gimanapun, disini, di tempat kita, cc lebih besar dianggap lebih ok
    daaaaan…
    yaa butuh naked bike 250cc emang…

  2. Wis entek gan hahahaha
    ====================
    ahaahaha jang modal kawin nya

    heueuh puguh keneh eta.. leuwih ngeeeeeuunahhh
    jeung jadi ibadah

  3. Serba susah mmg, tp ahm bisa ambil opsi mesin single cylinder aircooled tp pol polan di fitur, tp keknya ahm sedang fokus 150. Ribet mikir tiger, posisinya serba salah.

  4. 200 cc, dua silinder, sohc, pake pendingin angin kayaknya msh cukup koq. Biar balik ke jati diri awal, motor adventure dgn sensasi baru, dua silinder cuyyy ..

1 Trackback / Pingback

  1. Video Full Race Moto GP Serie Twin Ring Motegi Jepang 2015 | macantua

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.