Balada Knalpot Racing….




image

Macantua.com – Knalpot racing sebuah sebutan ngetren buat custom free flow exhaust memang sudah jadi barang wajib para pecinta otomotif terlebih para speed freak baik roda 2 maupun roda 4. Knalpot racing pun beda beda karakternya, ada yang diseeting agar tenaga keluar sejak rpm rendah, ada pula yang menempatkan tenaga pada rpm rpm tinggi. Ada yang suaranya cempreng atau bahkan menggelegar sejak mesin dihidupkan atau malah memilih suara ngebass adem dan teriak (scream) saat rpm tinggi. Semua dikembalikan ke selera dan kebutuhan tentunya.


Tapi memang ga semua orang ternyata suka akan karakter suara dari knalpot free flow ini. Suara berlebih memberikan polusi suara dimana tingkat kebisingannya terkadang diluar batas standar kebisingan (desibel) yang sudah ditetapkan. Makanya tidak aneh kalau pihak kepolisian sekarang sedang “rajin” melakukan razia akan knalpot racing. Bahkan sanksinya lumayan juga ternyata, potong ditempat :(.

Bicara knalpot racing ane jadi teringat jaman masih kuliah dimana ane kos di daerah pemukiman yang padat. Akses jalan dari kampus sampai ke kosan (basecamp) harus melalui gang gang sempit dengan radius putar super mepet. Padahal bangunan di sisi kanan kirinya rata rata 2 lantai yang biasanya berbentuk kos kosan. Suatu hari seorang teman segroup praktikum membawa RGR150 milik kakaknya ke kampus (biasanya bawa impressa). Berhubung kita harus mengerjakan laporan praktikum mau gamau kita berdua harus melintas jalan sempit menuju kosan dengan RGR nya tersebut. Walhasil knalpot racing cempreng pun menggema di sepanjang gang menuju kosan. Tiba tiba byuuuur….. Seember air sengaja dibuang dari lantai 2 plus teriakan dan omelan dari salah satu rumah.  Akhirnya karena merasa bersalah motor pun didorong sampai ke kosan yang masih lumayan jauh.

Yah, ini sih hanya sekelumit cerita. Knalpot free flow sebenernya fine aja buat modif, apalagi buat yang doyan balapan di sirkuit. Tapi kalau terpaksa dipakai harian dan harus masuk gang yang berkemungkinan menggema mending matiin aja motornya dari pada jadi keributan. Masih untung kalo air yang disiramin, kalo golok dikalungin? Nyengir dah… Ciao…

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







27 Comments

  1. Yang kudu pake knalpot racing . Superbike . Bijimane caranya 200 kmh suara knalpot masig lebih alus dari bebek 😀 nging . Biar bikin ah buat para pendengar juga hahaha . Knalpot mah db killer aja biar ga berisik berisik amat . Asal bukan knalpot kampanye sih fine fine ajalah .

  2. ada anak di tmpt ane udh knalpot racing, blayer2 lg , trus dg aksi wheel roda dpn…mgkn lg apes ketika sy lg jln dia jatuh tp orang2 gk ada yg nolong, akhirnya tak samperin sy cm bilang ” RASAKNO” trus jln lg….

  3. Motor paling bising knalpotnya:
    1.satria fu
    2.vega
    3.soul gt

    Motor paling suka ngebut:
    1.r15
    2.vixion
    3.new megapro

    Motor yg ridernya belagu2…
    1.nmax
    2.ninja 250
    3.vario 150

    Top 3 di daerah ku…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.