All New CB150R dan Sonic 150R Sudah Anti Klothok Klothok




image

Macantua.com – Masih ingat sebuah kasus saat Honda CB150R Street Fire pertama kali diluncurkan dulu? Sebuah fitur keluhan dari konsumen yang mengeluhkan bahwa terdengar suara berisik di bagian mesin bak suara helicopter atau biasa disebut “Klothok klothok”.

image

Tapi lain dulu lain sekarang, kalau dulu ketakutan mendapatkan mesin klothok klothok, kini keluhan tersebut bisa disebut minim atau bahkan anti-klothok klothok. Kok bisa? Jawabannya ada pada gambar di atas. Yup cam holder. Pada versi lawas camshaft holder CB150R terdiri akan 4 dudukan berbeda. 2 untuk camshaft in dan 2 untuk camshaft out. Sedangkan pada versi terbaru ini camshaft holder sudah bersatu dan hanya menjadi 2 bagian. Yakni kanan (RH) dan kiri (LH).

image

Bunyi klothok klothok yang dulu pernah menjadi trending topic itu diakibatkan oleh “tertukarnya pasangan” bagian atas (holder) dan bagian bawah (cylinder head) saat proses assembly. Karena sejatinya, pada setiap process machining yang nantinya akan digabungkan kembali itu harus digabungkan dengan pasangan (hasil potongan) nya. Contoh : Saat benda A dibagi 2 menjadi A1 dan A2, dan B di bagi 2 menjadi B3 dan B4 maka saat digabungkan kembali dengan baut , A1 harus bertemu dengan A2. Dan B3 harus bertemu dengan B4. Apabila terjadi silang A2 dan B3, kemudian A1 dan B4 maka kemungkinan tidak presisi akan terjadi. Dan klothok klothok pun terjadi.

Nah, bagaimana dengan CB150R dan Sonic 150R mu? Masih klothok klothok? Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







118 Comments

  1. ” kini keluhan tersebut bisa disebut minim atau bahkan anti-klothok ”
    ” Minim ” berarti masih aja ada klothok nya cuma sudah di minimalkan klothok nya
    “Anti-klothok ” berarti klothok nya sudah kagak ada sama sekali

    Mana yg benar ya bro ,,,he.he.he

  2. aduuuuuuuuh.kemanapun saya baca artikel yang tidak menyinggung yamaha.tapi disitu tetep aja ada fby nimbrung duluan.kayak lalat cari koreng.heheh. kaburrrrrrr

  3. tertukarnya pasangan? kayak putri aja. okeh, kmaren salah pasang mesin, tanggung jawabnya gmana? ini kan resikonya di depan mata, kl gak skarang ya bsk tu mesin ambrol. enak aja main curhat tanpa dosa. makin jujur makin keliatan pekoknya.

  4. gimana mo update? lah wong disilent. hahahha… trus produk2 yg pra NCB pasca klotok udah gak ketuker lagi donk? alias anti klotok?

  5. yang dulu bisa masif gitu ya, heran juga. itu pake robot apa manusia di pabriknya. kalo manusia, tuh buruh kinerjanya ngga beres, tapi pasti ikut demo naik gaji tiap tahun.

  6. Sonic saya bunyi klotok2 udah 1 minggu tadi pagi saya klaim ke Dealernya, mekaniknya gak percaya kalo ada Bunyi Klotok2 padahal udah ganti oli mesin juga , pas ane mau Pulang barulah bunyinya muncul , bingung dah tuh mekanik sama kepala montirnya katanya sich yg bermasalah Koplingnya itupun Indent katanya kalo diganti , akhirnya daripada nunggu gak jelas ane suruh ganti aja gak usah nunggu ganti Garansi pabrik .

  7. Sonic ane baru 2 bulan bunyi klotok2 kira2 apanya tuch ane Klaim ke dealer katanya sich di bagian kopling , masuk akal gak tuch kira2 padahal udah ganti oli juga udah gitu katanya Part Penggantinya Indent , Akhirnya daripada Nunggu Kelamaan Ane Suruh Ganti Aja Gak Usah Nunggu Ganti dari Pabrik . Kecewa Juga Sich sebagai konsumen klaim gak di Percaya Harus Buang2 Waktu Buat buktiin Kalo Ada Suara Klotok2 kayak Mesin Traktor

  8. Bohong , sonic ane udah 2 kali klaim cuma disetel aja gak ada penanganan serius sampe saat ini bunyi klotok2 kaya mesin Traktor kalo mesin Dingin , Teori mekanik mesin keatas dan cc besar memang suaranya kasar . Kenapa gak dari baru bunyi klotok2nya . Bukan ayam jago ayam sayur julukannya

  9. Keluarin produk harus siap Sdm juga dilapangan , jgn motor konsumen jadi kelinci percobaan para mekanik yg kurang pengetahuan dengan produk terbaru . Kasihankan harus buang2 waktu keluar masuk bengkel keluarin biaya tapi hasilnya Nihil .

  10. motor sy all cb150r sy beli bulan nov 2015..suara klotok2 mulai muncul saat bukaan gas agak gede ato pas jalan nanjak..niatnya si besok mo klaim ke dealer..

  11. Masih kang….punya adikku masuk 6rpm 6500 disemua kondisi gigi….bunyi klotok2…makin tinggi rpm makin bunyi keras…kira2 apa itu kang..coba bantu telusuri..pembelian baru 2 bulan lho….kata ahass itu normal…apa bener???lokasi cilacap jawa tengah

  12. All new cb150r saya bunyi kasar ketika mesin dingin, namun ketika sudah panas bunyi ts hilang, baru pemakaian 1 bulan.. sebabnya kenapa ya? Mohon pencerahannya..

  13. baru beli 1 bulannan mesin cb 150 new ngorok. tanya dealer katane nda bisa ilang dah bawaan…disaranin jg oli coba ganti 1 liter… ketambahan cat blok mesin nglotok waduhhhh..piye iki kang..da jg suara tik tik kaya masalah.rantai keteng.. tanya dealer jawabe pompa injeksinya memang bunyi kaya gitu…

  14. cb new ane mesin ngorok,cat blok mesin nglotok, suara tik tik di sekitar mesin… ngorok kata dealer bawaan sono nda bisa dirubah, cat nglotok di klaim aja,tik tik asalae dri pompa injeksi kate delaer…repot kang..

  15. kaya gitu sarane memang.. ane nda nurutin takute mbok kaya kasus lo nda salah si jupe dulu yang kurang takaran oli..kecewa jg nglepas cbr 150 cbu..

  16. Sama ane juga kang mesin New cb150r ane juga klotok2 kalo posisinya lagi mesin dingin. Pembelian oktober 2015.
    Bunyi klotok2 mulai ada pas bulan desember.
    Gimana ya kang ane udah lapor ke deler tapi tanggepannya itu emang karakter mesin cb yg berisik. Tapi sangat mengganggu.

  17. Sama gan, all new cb 150 ane pembelian februari juga ky gitu. Bunyi klotok klotok klo mw d bwa jln. Jd cemas ane bwa nya. Klo udh lama di bwa jalan bru ngilang bunyi klotok klotoknya. Tanya ke dealer katanya oli blm naik lah apalah. Berasa aneh aja klo motor baru bunyi klotok klotok tiap mw dibwa jln.

  18. Pnya sy bru 3 bulan cb150r facelite tp dah ada bunyi aneh dmesin ky da air dlm mesin ….dklaim di ahas ktany normal ,air rdiotor jg dah di tmbhin tp dah dkit lg dklaim jg katany normal klau motor baru

  19. Bro, buat yang denger bunyi klotok2 itu selain dari timing chain kendur juga bisa dari gigi-gigi balancernya. ada yang ketika dingin bunyi, ketika panas sudah tidak, ada yang sebaliknya, ada yang tetap saja dingin atau panas (saya juga bingung kok bisa beda2). dan itu normal asalkan suaranya tidak keras, dan getarannya juga tidak besar. mesin mx king juga begitu, terasa agak kasar, tapi normal. bahkan vixion juga dari baru sampai usia 8 tahun, ada bunyi sedikit kasar, itu dari suara gigi balancer yang beradu. ciri yang normal, dari baru sampai tahunan bunyinya ya gitu2 saja, tidak tambah berisik, dan tidak tambah getar. nah kalau makin lama tambah berisik dan tambah getar, mending dipakai seekstrim mungkin (gaspol rem pol) buat diklaim, biar pabrikan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.
    karakter mesin sekarang stroke lumayan panjang, jadi klotok2 pada balancer wajar, kecuali dikasih scissor gear seperti punya pulsar, bunyinya tereduksi, berubah jadi bunyi berdesing, tapi tetap getaran pada rpm tertentu akan tetap ada, karena memang dibuat celah buat pemuaian dan getaran.

  20. MESIN NEW CB150R SPECIAL EDITION masih mengalami klothok2 juga,masih sama dengan cb150r streetfire. Saya sudah coba klaim ke ahass masalah klothok2 mesin new cb150r ini, namun 1 bulan lebih sudah berjalan, part klaim belum juga tersedia. Padahal hal itu sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Mungkin AHM masih fokus di penjualan dulu. Dengan harga segitu, ternyata bagi konsumen masih ada kemungkinan “apes” dalam memiliki sebuah produk.
    https://m.youtube.com/watch?v=l6YQI9-MPf0

  21. Waduh,akhir bulan april ini padahal mau gw pinang ini cb150r SE..kok jadi ragu y? apa iya pindah ke lain hati dan meminang si yamahmud piksen…kok honda sekarang bisa kayak gini?
    tolong info lebih lanjut donk..supaya saya g nyesel bli..

  22. KM5000, suara mesin kya ada yg beradu dr dalem box mesin tuk..truk…tuk..tuk…
    2minggu lalu ke ahass pondok bambu skalian jalan ke kantor…kta mekanik wajar.
    hari ni ga tahan bunyi n getarannya ane ke ahass dewi sartika,dan…..taarraaa…cb150r sya mesin dinyatakan rusak di camshaft…
    Ada jg rumah koplingnya….rata2 harus tunggu 2bln inden parts nya…selamat bagi yg sudah memprediksikan…

  23. Klo kira2 dudukan chamsaft cb lama di ganti dg yang cb baru,kira2 brp ya biayanya…punyaku edisi pertama 2013,tambah parah…..kemrosak,bikin ga nyaman,tapi klo performa…josss tenan.

  24. Kang klo di bandung, dealer honda yg responsif dmn ya? Sy baru pny sonic 150 repsol edition, jarak tempuh udah 2100an on going. Blm ngrasa ada “suara klotok” sih krn gak ngerti kyk gmn?? Nomer whatsapp sy 085863483888, mohon bantuannya ya kang!!! HIJI GE MAUNG, PERSIB JUARA 😀

  25. Kang mau nanya kalau saya ganti oli yg lebih kental ga ada masalah kan pada new cb150r ? Keluhan bunyi kltokkltok pada mesin kang , timbul bunyi di waktu 2 bulan motor saya pakai , pas service ke 2 . Mhn jwbn ny kang , ini pin saya kang 26CEC1A6 trims

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.