Shim? Gimana Cara Gantinya?

image

Bos moge Mbah Satar indobikermags noong....

Macantua.com – Setelah kita kenalan sama Shim yang sudah ane bahas pada artikel sebelumnya, kini kita tau dong apa pentingnya shim. Karena jika sudah melampaui 24000km kondisi shim harus dilakukan pengecheckan, maka ane mau share gimana cara pengecheckan dan penggantian shim. Yuk kita mulai…

image

Gimana sih cara bongkarnya? bagaimana sih cara pengecheckannya? Sebenarnya sih cukup simple, ga harus turun mesin, bahkan bisa kita lakukan sendiri kok. Pada CB 150 R bisa dimulai dengan menelanjangi membuka shroud dan membuka busi serta radiator, setelah itu silakan buka cover Cylinder head agar terlihat posisi Camshaft dan valve nya ya… Jangan lupa top kan posisi engine, maksudnya posisi piston berada di TMA dan posisi klep dalam keadaan bebas. Kemudian ukur satu persatu jarak kerenggangan klep dengan alat bernama feeler. Jangan lupa untuk mencatat semua ukuran baik klep in kanan kiri dan exhaust kanan dan kiri ya. 

 

image

Setelah dilakukan pengukuran, kita coba kalkulasi, apakah jarak kerenggangan masih dalam jarak standar atau tidak, bila sudah diluar jarak standar (diluar allowance toleransi 0,03mm) maka sebaiknya lakukan penggantian SHIM. Misal setelah diukur jaraknya untuk klep in kanan = 0,21mm berarti sudah diluar standar karena jarak yang diperbolehkan adalah 0,16 mm + 0,03 mm = 0,19 mm. untuk penggantian kita bisa gunakan rumus ini:

shim baru = shim lama + ( jarak ukur – jarak standar)

image

Jadi misalkan jarak klep seperti contoh diatas, dan setelah diukur dengan mikrometer ketebalan shim awal = 1,650 mm ditambah selisih 0,21-0,16 = 0,04mm. Jadi ukuran shim baru adalah 1,650 + 0,04 = 1,69mm. Lalu kita lihat pada tabel kode. Cari ukuran yang mendekati ukuran standar. Dan didapatkan ketebalan 1,7mm dengan kode 170. Lakukan pada ketiga Shim lainnya ya….

image

Dannkita pemenangnya untuk lomba ini hehhehehehe

Gimana sob? Cukup jelas? Semoga bermanfaat ya… Namanya juga ilmu, wajib digunakan atau dibagikan ke yang lainnya hehehe… Ciao…

 

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di ahm, berbagi, DOHC, iseng, mesin, motor, perawatan, perbaikan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Shim? Gimana Cara Gantinya?

  1. ardiantoyugo berkata:

    Baca yang kemarin sama ini tetep ga paham… :mrgreen:
    Ada foto letak shim di mesinnya ga…??

    Suka

  2. mariodevan berkata:

    klo g ganti efekny di performa ama jdi boros y??

    prediksi motor fby tahun depan, kojel2 ndak ya

    Ini dia 5 motor yamaha yang akan launching di tahun 2016! Hot News!!

    Suka

  3. yht2506 berkata:

    hmm…..bingung ane….:-D
    ———————

    MV Agusta C Grand Turismo

    Suka

  4. budbud berkata:

    kang… menunggu artikel cb nih om
    komparasi ama maung…

    diantos kang…nuhuuun

    Suka

  5. takol berkata:

    tmbh lm tmbh tbl? trs akhrnya gmn?

    Suka

  6. Rino DC berkata:

    0,21-0,16=0,05 kan.? hehehe

    Suka

  7. kolong langit berkata:

    Bulan kemaren ane ganti tu shim,kata mekanik,shimnya ud kena,agak bunyi tik tik gitu..suarnya kcil,ga trlalu ganggu sih,cuma bawaan agak berat aja..

    Suka

  8. gilaroda2 berkata:

    katanya bisa juga diganjal pake “silet” klo susah cari shim sesuai ukuran….kayaknya baca di traktordohc deh…

    Suka

  9. muses berkata:

    sama ga sih shim cb dgn satria?

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.