Ingat!!!! Hobby Ada Batasnya : Ridho Keluarga

image

Cewe : Tong kabur a.... Duit buat masak belum dikasih...

Bicara soal hobby, mayoritas laki pasti doyan sepak bola, mayoritas laki pasti doyan otomotif, mayoritas laki pasti doyan maen basket, mayoritas laki pasti doyan maen musik. Mungkin ada sih hobby lain kaya om Ferboes yang hobby sama ikan atau mbah Bonsai yang hobby sama Bonsai. Bahkan ada laki juga yang hobby dandan nyalon dan bedakan (itu ma faktor psikologis kali ya hahahaha). Tapi ane cuma ngebahas di satu titik yaitu hobby. Karena apa pun hobby nya pasti kalau ga tersalurkan akan stress, tidak semangat bekerja, dan yang pasti bila hobby tersalurkan biasanya menghabiskan banyak hal, sebut saja waktu dan uang.

Kembali ke hobby nih, berhubung bahasan tulisan ane mayoritas soal otomotif kita ambil contoh hobby soal otomotif aja ya… Poin pertama menghabiskan uang, ane yakin para penggemar tumpakam bermesin alias otomotif biasanya suka gatel kalo liat sesuatu yang baru, entah itu produk yang bener bener baru, baru liat di etalase bengkel atau bahkan karena baru punya uangnya. Rata-rata dari penghobby ini hampir menghabiskan separuh uang jajannya buat hal yang berkaitan dengan motornya. Kenapa ane sebut uang jajan? Ya kalo uang dapur dipake juga buat yang udah punya bini bisa dikepret bolak balik pake wajan gosong. Mulai dari hal kecil seperti handgrip, handle bar, tuas kopling dan rem, cutting sticker. menuju yang rada medium dikit knalpot, cdi, helm. Sampe yang extreem bongkar motor korek sesuai keinginan. Hal itu dikejar hanya untuk kepuasan bathin semata. Ane ga munafik, ane sendiri entah sudah habis berapa duit buat tunggangan ane. Itu lah hobby menghabiskan uang (mayoritas).

Poin selanjutnya waktu. Waktu dsini adalah waktu yang dihabiskan untuk menggeluti hobby. Contoh, seminggu kita kerja 5 hari dari jam 8-5. Itu masih tanpa lembur, kalau buruh kayak ane bisa pulamg lebih dari jam 5. Sabtu belum tentu libur masih ada kemungkinan masuk, dan minggu adalah satu satunya hari kosong yang biasanya “dihabiskan” untuk hobby. Contohnya hobby otomotif lagi : bisa bisa waktu hari minggu dihabiskan dibengkel sekalian menghabiskan uang jajan. Terus waktu istirahatnya kapan? Waktu buat keluarganya kapan?
Nah ini yang ane siratkan pada judul, dimana kita selaku manusia yang kata orang bijak adalah tempat salah dan dosa ini kadang selalu tak kenal batas untuk yang namanya hobby. Uang berapa pun, waktu selama apapun kita akan tetap asyik dengan menggauli hobby kita sendiri. Bahkan ada yang sampe lupa makan lupa sholat. Ingat sob… Kita punya kehidupan sosial lain disamping sang hobby yang itu sangat lebih berharga buat kita : “keluarga”. Alangkah baiknya kita kembali sadar akan status sosial kita. Hobby memang mengasyikkan tapi ingat keluarga sob. Bagi yang sudah beranak istri silakan diskusikan “kapan” kita bisa fulltime untuk asyik dengan hobby kita dengan sang istri. Atau buat yang masih jomblo (ane ngaku deh) sempetin buat ngobrol tentang kehidupan dengan orangtua, silaturahmi dengan keluarga, adik atau kakak. Karena saat keluarga (terutama orangtua) tidak mendukung “hobby” kita, ane yakin ada “sesuatu” yang akan terjadi selanjutnya…. Apapun hobbynya….

So, batasan hobby : ridho keluarga menurut ane, gimana kalo ente sob????

Yang ini juga menarik :

any advice????

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di hobby, iseng, mobil, modifikasi, motor, opini pribadi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

108 Balasan ke Ingat!!!! Hobby Ada Batasnya : Ridho Keluarga

  1. wongndeso94 berkata:

    Anak” : orangtua.
    Yg udah berumahtangga : keluarga.

    Tanpa ridho, siap” celaka.

    Suka

  2. rusydi hikmawan berkata:

    bener tuh. soalnya kalo udah hobi biasanya lupa segalanya, yg lain jadi korban. apalagi yg hobi ngutak ngatik motor, modif sana sini, serunya gak abis2 kalo banyak duit

    Suka

  3. Mas Sayur berkata:

    setuju…
    keluarga di nomorsatukan dulu..
    dan seandainya bisa di usahakan hoby itu bisa membiayai kita,akan lebih bagus….

    Suka

  4. KomMotor berkata:

    Kalau ane karena dah punya keluarga, prioritas keluarga dulu.
    Kalau ada duit lebih, baru deh hobi… 😀

    Suka

  5. day_365 berkata:

    Hobby sepeda sekarang lagi booming di jogja gila gilaan pokoknya,ane ikutin coba murah2 eh stelah ane itung 10jt juga tembus untung masih singgle gak ada yg ngomel ƗƗέƗƗέƗƗέ (ˆˆړ)

    Suka

  6. Rudy SouL berkata:

    sekarang Alhamdulillah sudah mulai berkurang touringya 🙂

    Suka

  7. athleteriders berkata:

    aq wes ndak bisa seperti dulu iki. mau servis besar wae masih mikir2 😀

    Suka

  8. Setuju…
    Saya meninggalkan banyak hobby saya setelah berkeluarga, dari main skateboard,ngeband,nongkrong dibengkel…. Sekarang pulang kerja dirumah aja sama keluarga, kecuali lembur kerja 😀
    http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/11/14/jenis-jenis-ikan-neon-si-kecil-yang-bersinar/

    Suka

  9. eko354 berkata:

    Keluarga nomer satu, bro. Kayak bro Ferboes, dulu saya juga meninggalkan hobi motocross dan adventure.
    Bersama keluarga di rumah, dan jalan bersama keluarga, saya merasa lebih bahagia.

    Suka

  10. jurigkamera berkata:

    kalo hobi emang susah euy..
    istri: papah bade ngelapan mamah atau ngelapan wae motor?
    suami: harrrr bingung. :mrgreen:

    Suka

  11. wijaya3 berkata:

    ridho ibu mentri Keuangan temtunya dan ….

    hhtp://wijaya3.wordpress.com/2012/12/10/semoga-aku-setia/

    Suka

  12. paman sam berkata:

    klo dah hoby mang susah jg sih… Gatel aja bawaanya klo ga dturutin… Ada baeknya hoby di sesuaikan dngan sikon.kadang ada yg hobynya gd tpi ga dsesuaikan dngan keadaannya sndri.ni nih yg bkin naked.eeeeh nekad xixixi…
    Lain lg mas klo ma hobynya belalang.dia hobynya suka ngupil wkwkwwkwk…. Pizzzzzz 😀

    Suka

  13. Aan Kiye berkata:

    kalo ane biasanya nih, kalo abis gajian langsung transfer ke istri ( 2/3 gaji)
    dan jatah ane pun di bagi untuk beberapa pos (kost, makan, transport dll)
    kalaupun ada lebih, biasanya (kalo gak nombok) baru buat hobi

    *nasib buruh 😉

    Suka

  14. paman sam berkata:

    heheee saabaaar mas… Sesama buruh sya jg merasakan hal yg sama… Yg penting syukuri dan nikmatin yg ada…

    Suka

  15. paman sam berkata:

    Alhamdulillah hoby sya cuman maen bola dan futsal… Ga makan biaya banyak” xixixi

    Suka

  16. old blade berkata:

    kang,upami hobi na ngumpulkeun duit kmha tah 😀

    Suka

  17. paman sam berkata:

    gak jg mas. Bis maen pling banyak mnum air ma pocari aja… kalo makan ga bgitu banyak.. Cman sering aja sh wkwkwk… Tipa sabtu jadwal latian ma tman” pabrik. Minggu ma rabu jadwal putsal… 😀

    Suka

  18. paman sam berkata:

    unik” ya mas nama blognya… Kbanyakan pke nma tunggangannya 😀
    Macan tua (tiger)
    Belalang merah (ovi)
    orong orong (kebo putih) dan msih bnyak yg lainnya heheee

    Suka

  19. old blade berkata:

    mang,ente mah pasti hobi na kawin kawas si eyang sobrut wkwkwkwkwwkwkwkwkwk 😆

    Suka

  20. cucunesimbah berkata:

    sesuai kantong aja khekhekhe…….

    Suka

  21. Mase berkata:

    Saya masih bingung hobi saya apa

    Suka

  22. felitokia berkata:

    Alhamdulillah hobby saya mah di dukung penuh sama bini, da sama2 hobby touring pake motor jd kl touring ya bareng pk 2 motor qe…qe…qe….

    Suka

  23. fa74 berkata:

    Kena deh…
    Tp skrg dah gak berlebihan. Secukupnya aja… Pertama kali dlm hidup ane spion ori bawaan motor bertahan setahun lebih sampe skrg.. Hahaha.. Cm ganti ban doank. Itu jg krn dah hampir botak.

    Dl waktu kuliah, abis banyak buat oprek2 kompie, hilang penyakit itu muncul penyakit lama, satria r sukses di obrak abrik mesin ma bodi.

    Sempet mo penyakitan lg waktu bosen ma performa satria f terasa mengecewakan. Tp, bini ane manyun terus sejak ane mulai mo bongkar si satria f.

    Akhirnya ane jual aja, cari cb jadul. Dpt yg udah gak kepake di kandang ayam. Nebus 300rb doank. Haha.. Oprek2 di bengkel temen. Hobi tersalurkan, binipun senang. Itu jg krn ane turutin maunya beli matic walopun pada akhirnya dia tetep gak bisa pake.

    Suka

  24. Hoby laki-laki emang kebanyakkan menghabiskan uang, bener kata om macantua. Tapi apa bisa kita rubah dr yg hanya sekedar hobi dan menghabiskan uang menjadi hobi yang menghasilkan uang? itu kayaknya sesuatu bgt deh…
    Seperti kami yang senang dengan pertanian atau perkebunan, dimana kami mencoba bercocok tanam di kota dengan cara hidroponik maupun akuaponik tapi juga menghasilkan dengan menjual barang-barang yang dibutuhkan.
    Tapi, terutama terima kasih buat om macantua yang sudah berbaik hati mengingatkan agar ridho keluarga terutama istri (bagi yg sdh menikah) itu yang paling utama. Matur Nuhun

    Suka

  25. mang ucup kasep berkata:

    dulu masih single beli velg TW 6-7 juta ecesss,,,skr mao ganti velg siap2 perang dulu dah,,hoby motor udah ane tinggalin skr mah nyo’o manuk lovebird sm muray medan aja kang gak usah jauh2 kluar kota susah susah bergerombol cukup ke teras aja bini seneng ane seneng burung happy

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.