Knalpot Kuning Karatan??? Ga Banget Deh….. Nih Tips Biar Tetep Kinclong!!!!




Ga banget deh klo knalpot sampe kuning karatan bgini
Ga banget deh klo knalpot sampe kuning karatan bgini

macantua.com – Knalpot alias exhaust merupakan salah satu bagian motor terluar yang selalu jadi pemandangan. Karena posisinya berada diluar tentu saja akan mendapat siksaan cuaca lebih besar ketimbang bagian lainnya, terlebih knalpot biasa digunakan dalam kondisi sangat panas ratusan derajat celcius. Tapiiiii…. Kalau kita lihat kondisi knalpot bawaan pabrik sekarang itu materialnya super duper ajaib, finishing cuma dilapis cat hitam doff. Ga seperti motor motor jadul yang dilapis krom (crome). Maka ga jarang kita bakal sering lihat knalpot motor baru kalah kinclong sama motor jadul, bahkan baru beberapa bulan saja sudah menguning dan timbul karat. Karat ini bisa bikin bocor saluran exhaust atau knalpot yang bisa bikin performa motor drop.  Gimana sih cara biar knalpot bisa tetap terjaga dalam kondisi prima??? Bebas dari karat dan bocor karenanya??? yuk kita bahas satu persatu…

Pertama, Sering sering mandiin motor, memandikan atau membersihkan motor ini wajib hukumnya terlebih setelah melewati air dan kehujanan. Karena mau knalpot dilapis crome atau tidak kalau motor jarang mendapat belaian kebersihan dijamin si motor bakal cepat rusak. nah kotoran yang menempel pada knalpot dan mengandung air biasanya akan memicu timbulnya karat. Soooo pastikan rajin mencuci yaaaa….

Yang kedua, kalau knalpot bukan terlapisi oleh crome mau gamau kita berfikir lebih keras, karena permukaan cat yang digunakan biasanya tidak glossy sehingga kotoran saat panas akan mudah menempel pada knalpot. nah biar knalpot ga gampang nempel mau gamau kita bikin agar leher knalpot tidak dengan mudah menempel dengan kotoran. Bagi yang punya uang lebih mungkin bisa ganti knalpot after market, tapi klo dompet tipis mau gamau diakalin dong. Nah bagi yang punya wax yang biasa buat ngelapisin cat body setelah dicuci bisa digunakan nih. Oleskan pada bagian leher knalpot agar debu dan kotoran ga menempel langsung saat mesin dan knalpot panas. Kalau ada duit lebih mungkin bisa dilapis pakai clear atau cat yang tahan air.

Nah buat yang sudah terlanjur karatan bisa lakukan penggosokan terlebih dahulu agar karat rontok, bisa menggunakan amplas halus. Kemudian  melapis leher knalpot menggunakan cat anti karat sangat dianjurkan dan kemudian lakukan treatment seperti poin ke dua. Gimana Sob??? mau mencobanya??? Ciao…

Yang ini juga menarik :


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







32 Comments

  1. Klo ayee sih gini

    Copot knalpot nya ,di amplas kasar lanjut di amplas halus di air

    Cuci pake sabun colek
    lalu bilas pake air bersih
    Biar kan kering ,baru deh semprot pake pilok clear trs jemur sampe benar2 kering

    Hasilnya joss gandoos

  2. Kl masih baru motornya bisa pasta gigi yg ada baking sodanya! atau yg warnanya putih bkn gel, tp kl dah berumur ya ga mempan! biar spt baru lg pake lem, ada 2 macam lem yg bagus!
    lem biru, lempar beli baru, sama lem kuning, lempar tuku maning….wkwkwkwk….

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.