Yamaha MX King, Motor Yang Menyalahi Kodratnya….




image
Mx KING, 150 CC?

Macantua.com – Beberapa hari ini dunia blog otomotif roda dua Indonesia sedang marak membahas kelahiran bebek terbaru dari Yamaha yakni JUPITER MX KING 150. Kalau boleh jujur motor ini ane sebut keluar dari kodratnya. Kok bisa?


Mengingat kelahiran cub sebenarnya lahir dari sebuah keadaan sulit di JEPANG, keadaan sulit dimana harga bahan bakar sangat mahal dan transportasi menjadi salah satu hal yang mahal. Dan Honda membuat sebuah inovasi yaitu sebuah mesin tempel pada sepeda yang IRIT dan FUNGSIONAL berkapasitas mesin kecil 50cc 2 stroke. Dan sejak saat itu CUB atau bebek mulai meraja lela. Rapi entah kenapa cub atau bebek hanya tenar di negara kecil dan berkembang di asia dan afrika. Terlebih asia tenggara.

Kembali ke perkembangan cub, memasuki tahun 90an cub mengalami pergeseran. Cub yang konsep awalnya hanya sebagai tunggangan komuter bergeser ke dunia balap. Disinilah awal mulanya cub atau bebek menjadi bengkak secara performa yang diwakili dengan membengkaknya kapasitas mesin. Berawal dari suzuki yang saat itu merilis Cristal 110. Mendobrak imej bebek berperforma tinggi di INDONESIA. di era empat tak lagi lagi Suzuki merilis Shogun 110 untuk sesi motor kencang empat langkah. Dan pergeseran ini menjadikan cub semakin bergeser hingga saat ini. KAWASAKI beberapa tahun lalu meluncurkan ZX130si bebek rasa ninja (katanya) dan YAMAHA meluncurkan Jupiter MX 135. Dan akhirny Suzuki lebih sakit lagi membangun motor bebek underbone dari basic motor batangan dohc 150cc. Hanya saja secara kelas sang motor menjadi ayago karena sistem suspensi depan yang sama dengan motor batangan dan mesin tegak khas motor batangan.

Kini Yamaha memulai kelas aneh menaikkan.kelas yang sebelumnya dipegang mx135,super bebek alias super cub. MX King 150 masih mengadopsi ciri ciri dasar cub secara desain rangka dan sistem suspensi depan. Tapi ingat bebek ini dibekali mesin tegak warisan VIXION. Tenaga dan performa jangan ditanya. Bahkan kalau boleh dibilang pemilik Vixion dan R15 sekalipun harus waspada sama penunggang MX king nantinya. Body ringan membuat torsi akan langsung dapat dirasa dalam waktu cepat. Benar benar bebek yang menyalahi kodratnya.  Fungsionalitas bebek dengan tenaga setara motor batangan…. ciao

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







53 Comments

  1. Bebek balap . Wuzz wuzz.. Seharusnya bikin ayago aja. Ban gambot. Biarin kalah lari dr fu jg.. Klo kalah performa tp menang ganteng ma irit, kyknya bisa jd keok jg tu satria.

  2. kn rivalitas sbenarny jup mx 150 dn mx king adalah supra x 125, mengingat cc awalny jup adlh 135 cc, namun juga mx 150 ini grogotin ayago yg sdh ada dngn fu yg tembus 21 juta, dn cs1 rebornn k56, mx jelas lebih murah dn sdh 150 cc jga, jdi sbanrny lngkah yimm gk salah, krna klw terjun lngsung ke ayago bakalan lebih susah krna spec dn harga harus bersaing ketat

  3. Lho, Sonic koq ga dibahas ? itu kan bebek super / ayago sebelum Satria meskipun hanya 125cc tapi mesinnya udah ngaceng alias berdiri 😀

  4. Ah ente sirik aje min..
    Itu tvs tormax lu kaga bahas..
    Fu jg bebek knp mesti mx lu bilang nyalahin kodrat…
    Lu ga fair min..
    Ga bsa disebut sebagai bloger lu min

    • Ekekekkwkwk baca sampe abis nyong…. kalau lu kga baca sampe abis lu kga bakal tau isinya apaan…. sekolah kga lu…. jangan jangan kaga bisa baca lagi ngoahahahaha

      • Intinya kan lu bilang mx nyalahin kodrat karena motor bebek rasa sport…
        Mw sekolah apa kaga emang urusan lu nyong goblogers…
        Hidup gua gmn gua dong :p

        • Nah kan begonya dipelihara kan… pantesan aja pabrik pujaan lu byk mecatin karyawannya. Org begonya kaya lu nyong…. baca lagi dah biar pinter. Bsk klo dah pinter balik lg

      • Lu cuma liat dari bentuk mesin yg tegak sama cc yg yg setara 150nya doang yg lu bilang keluar dari kodratnya ya hahahaha pekoookk…
        Kemarin lu nyobain kaga di sentul tong.
        Klo lu udh coba vixion ama R15 lu pasti tau perbedaan di ratio gearnya.
        Ga mungkin ngerusak pasar vixon ama Rmablas.
        Tujuan bikin motor ginian juga biar bisa ngikut di IP klas 150. Lu mungkin tau tong Indoprix klas 150 yg d adain dinsencil kaga mungkin nurunin vixon atau Rmamblas yg bakal malu d kempalangin ama Sizuki fu.

        • Wkwkwkwkwkwk makanya lu baca tulisan gw pekok…. jangan asal nyablak aja tu congor kaya banci…. baca kalimat akhir lu bakal tau jawaban dr gw…. makanya jgn kebanyakan baca judul…. biar ga pekok…. segmentasi bgonoan mah plajaran dasar…. jangankan motor yg 2 roda. Produk yg 6-12 roda segmentasinya jelas…lu baca lagi dah biar otak lu ga dilubang bagian bawah… kbykan muja roda dua lu… gw bongkar rahasia pabrikannya juga bakal nyengir semua mengiya kan apa yg gw bilang…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.