Harga Murah, Hati Hati atau Dinikmati????

image

Harga murah? Diskon? Ah sudahlah

Macantua.com – Harga murah memang menggiurkan terlebih buat para ibu ibu ketika melihat diskon terpampang pasti langsung melotot. Tapi tau kah kita semua akan sebuah label harga itu bisa saja menipu atau bahkan mengecewakan kita?

Jadi teringat dulu saat ane masih bekerja di salah satu retail pakaian ternama yang berharga cukup mahal yang mengisi banyak mall di Indonesia. Bahkan buat ukuran sebuah tengtop cewe yang bisa kita dapat dengan harga 15.000 saja, dengan merk tersebut yang harga bisa dikatrol menjadi 6-10 kalinya. Ane megang 4 area yang areanya lumayan luas luas.

Saat datang akhir tahun atau menjelang Lebaran tiba bisa dipastikan kerjaan menumpuk. Menumpuk karena mengeluarkan semua stock yang mengisi gudang selama bertahun tahun. Bahkan stock terlama bisa sampai 10 tahun. Saat diskon dipampang di sudut mall dengan.merk tersebut barang akan habis dalam hitungan jam. Padahal harga yang tercantum pada label itu masih di atas harga pembelian setiap helainya. Dahsyat sekali kan. Meski dijual murah anggap 70% diskon masih.memberikan keuntungan buat perusahaan 1-3 kali harga produksi atau belinya.

Melirik kasus lain, maraknya motor China di awal 2000an lalu juga masih menyisakan sebuah cerita. Motor motor buatan China saat itu diproduksi dan dijual dengan harga fantastis. Setengah dari harga motor Jepang yang dijual saat itu. Dan hasilnya wow ga dalam hitungan tahun sang motor murah pun punah dari peredaran akibat umur pakainya yang singkat.

Kasus selanjutnya ga lama terjadi, marak hape bermerk terkenal mulai dari Iphone, Samsung dengan level tinggi dijual murah. Well ternyata saat di check sang handphone merupakan Copy alias replika dari versi aselinya. Yah kalau boleh dibilang mirip kasus motor China sebelumnya. Dan ini memang diproduksi di China pula. Saat dilakukanpengecheckan banyak sekali pengurangan spec sana sini. Dan akhirnya ga bertahan lama handphone pun rusak. Baik rusak bentuk fisiknya maupun harga jualnya.

Melihat beberapa kasus di atas ane melirik perkembangan otomotif di Indonesia. Banyak pabrikan yang berusaha membuat dan menjual produk murah. Sampai pemerintah pun membuat aturannya untuk otomotif roda empat dengan label LCGC. Hasilnya ya bisa kita lihat. Murah dan mayoritas murahan. Kualitas plat yang ga lebih tebal dari kaleng susu,plastic trimming yang super tipis,dan entah bagaimana cerita di balik sang jantung pacu alias mesinnya.

Akankah kejadian pada roda empat ini akan terjadi pula dengan roda dua? Kita sama tau roda dua adalah pasar super produktif di Indonesia. Ratusan ribu bahkan jutaan motor terjual setiap tahunnya. Bahkan angka tersebut hanya berlaku untuk satu type pada satu merk saja. Bagaimana jika digabungkan? Nah ketakutan ane adalah bila hal dan kasus mengejar harga jual murah ini juga menjadi demam di roda dua sudah pasti nasibnya akan sama dengan roda empat.

Demi menekan harga jual pabrikan mengurangi bahkan menghilangkan kekuatan dan daya tahan serta umur pakai sang motor. Plastic cover yang murah, pengelasan sasis yang seadanya. Finishing cat yang super tipis. Bahkan “amit amit” kalau sampai mengurangi kualitas pada dapur pacu dan sistem pengereman. Bisa bisa sang motor hanya mampu bertahan maksimal seumur garansi mesinnya dengan catatan mengikuti standar penggunaan dari pabrik.

Nah kalau sudah begini kembali kita yang dirugikan sebagai konsumen. Karena kebanyak orang Indonesia membeli kendaraan menjadi sebuah investasi. Bisa stress atau kena serangan jantung mendadak tuh…. Soal harga murah, gimana menurut ente sob? Hati hati atau dinikmati?

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, marketing, mobil, motor, opini pribadi dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Harga Murah, Hati Hati atau Dinikmati????

  1. ardiantoyugo berkata:

    yang pertama melotot, bener ga tuh… selanjutnya dinikmati sambil hati hati… :mrgreen:

    Suka

  2. mansarpost berkata:

    berat emang niihh… dinikmati ajalah, tapi setengah umurnya aja, habis itu jual dah…

    http://mansarpost.com/2015/03/07/mengintip-spesifikasi-motor-tim-suzuki-ecstar-di-motogp-2015/

    Suka

  3. lexyleksono berkata:

    Menarik niih untuk dicermati, hati2 dlm membeli barang terutama kalau dirasa janggal.

    Suka

  4. balimotorider berkata:

    skrg mah kejar profit ibaratnya ngebom sekali doang abis itu yo buang
    wong di negara luar juga sama kok bnyk mesin mobil yg di reuse lagi
    http://balimotorider.com/2015/03/07/biaya-servis-di-beres-segini-sekarang/

    Suka

  5. cadoxs berkata:

    Klo mobilkan ada subsidi dari pemerintah emang kwalitas di bawah non subsidi,klo motor murah untuk lawan kompetitor ya…..

    Suka

  6. sukmahandayani56 berkata:

    klo hp beli d galery yg sudah d percaya..
    untuk baju jangan beli pas mevet lebaran ..diskon besar sekali pake..
    untuk motor jgan pernah berbangga ato senang jika anda punya motor awal produksi.. karena mskipun murah banyak bonus dan hadiah pasti nggerundel sak por e..
    klo tips saya..

    menunggu-cari tahu-teliti-sabar-sertA gak neko-neko

    Suka

  7. The Truth! berkata:

    Apa Ini menyangkut harga NMAX yang kelewat murah bro?

    Suka

  8. Alki Rahmatullah berkata:

    Musti diteliti lebih lanjut jg sih,taunya palsu kalo murah mah sami mawon 😀

    Suka

  9. st3v4nt berkata:

    Intinya gak ada produsen mau rugi jadi harga diskon pun sudah pasti tetap untung, tapi kalau harga kelewatan murahnya ya kudu hati-hati dengan kualitas yang diberikan…..tapi kalau disini kan seneng banget bilang operpret….:-)

    Suka

  10. niceguy berkata:

    Bisa kasih contoh motor harga murah yang mana mas bro? langsung to the point aja, biar pembaca blog ini dapat pencerahan. Nggak usah sungkan2 lah, sebut aja motor mana, suzuki, yamaha, honda atau kawasaki? atau ducati ya???? he..he…

    Suka

  11. dexter berkata:

    Motor apa lah yg dimaksud…??
    Ato mksdx kualitas motor buatan KITA sama ky buatan CINA…??

    Suka

    • macantua berkata:

      Ga bermaksud menyudutkan salah satu pabrikan.tp all pabrikan saat ini sudah sama kelakuannya. Mau roda 4 maupun roda 2. Dan barang china pun jadi bagian lho di beberapa produknya.

      Suka

  12. wtf170 berkata:

    kalo kata baj*j emang segitu harganya….mereka aja yg jual kemahalan

    Suka

  13. ninja150ss berkata:

    hahahaha….pst ada yg gk terima deh

    😀

    Suka

  14. Fian Dranz Damar berkata:

    itulah org Indo,,pngen kndaraan yg IRIT, KENCANG, tpi MURAH,,,
    wkwkwkwk,,,bkin pusing para pabrikan,,,

    Suka

  15. joko berkata:

    mobil LGCC?? sejauh ini tidak ada masalah, mesin masih halus..bensin masih irit…rem masih pakem…AC masih dingin.

    ane dah pakai AYLA dari 2013.

    kalau masalah plat body dan fitur..yaa ala kadarnya sesuai dengan harga. ibarat motor mirip supra fit atau vega r. hehehe

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.