Forging??? Apaan Sih???




Process Forging,
Process Forging,

Macantua.com – Forging ?? apaan sih?? Secara gamblangnya forging adalah sebuah proses dan metode untuk pembentukan material menjadi bentuk yang diinginkan melalui proses deformasi plastik dalam tekanan yang dilakukan dalam temperatur yang tinggi atau dalam temperatur ruangan. Nah proses ini sebenarnya merubah atau membentuk struktur krital material menjadi lebih baik serta meningkatkan kekuatannya.

Ada 3 macam cara atau type dalam forging, yaitu Forging panas atau Hot Forging, Forging dingin atau Cold Forging dan Warm Forging alias Forging hangat. Kita bahas satu persatu yuk :

Hot Forging alias Forging panas, Biasanya forging jenis ini dilakukan pada suhu yang sangat tinggi sekitar 1200 derajat celcius. Biasanya hasilnya digunakan untuk barang barang machining dengan temperatur yang tinggi, dan kemampuan menahan deformasi alias perubahan bentuk yang kecil. Bentuk yang simetris bisa dibuat dengan proses ini, walaupun perlakuan selanjutnya (machining process) harus dilakukan karena pemanasan dan toleransi dimensinya yang diluar batasan untuk forging.

Cold Forging alias forging dingin, Biasanya dilakukan dalam suhu ruangan dan kemampuan menahan perubahan bentuknya sangat besar, untuk pembentukan barang memang terbatas karena lebih sulit. tapi akurasi secara dimensinya akan jauh lebih presisi dan perlakuan khusus lanjutan seperti machining process bisa diabaikan.

Warm Forging, Forging hangat, prosesnya dilakukan dalam suhu sekitar 300-400 derajat celcius. Type proses forging ini biasanya jarang digunakan. dan opsi yang lebih dipilih adalah dua opsi diatas.

Apa Sih kelebihan dan kekurangan Forging???

Kelebihan Forging adalah soal kekuatan, yup kekuatan disini adalah kekuatan benda saat digunakan. Tidak mudah terjadi deformasi karena structur material dibuat lebih padat. dalam proses pembentukannya memang tidak lebih baik dari process Casting atau Cutting yang super presisi. dan secara cost memang mahal, yah kalau dibilang lebih mahal dari process casting karena material ga banyak terbuang seperti pada process Cutting. tapi jangan salah hasil forging biasanya jauh lebih berat dari hasil cutting dan casting lho ya, karena material dibuat menjadi lebih padat saat proses penempaan. Jadi kalau ada yang bilang hasil forging ringan saya sedikit bingung :).

Parts Apa saja sih Yang diproses dengan Forging???

Nah kalau bicara soal hal ini, biasanya forging ini diberikan untuk parts yang mengalami beban besar. Contoh saja pada bagian mesin seperti Crankshaft, Connecting Rod atau setang seher, untuk bagian penggerak biasanya bagian dari propeller seperti spider dan drive gear pada axle menggunakan hasil forging. terlebih pada bagian kaki kaki seperti lower balljoint, shaft axle dan leading arm.Β  Semua parts contoh di atas adalah parts yang mengalami siksaan terberat pada kendaraan. Yah walau sebenarnya Bolt dan Nut alias mur dan baut juga dibuat dengan proses cold forging.

Gimana sih tahapan Forging process???

Pertama pastinya adalah Proses Cutting atau pemotongan material dasar. biasanya terbuat dari Special Steel, Selanjutnya adalah proses pemanasan atau Heating Process, disini material dipanaskan sampai suhu yang diinginkan yaitu 1200 derajat celcius (tidak dilakukan untuk Cold Forging). Selanjutnya adalah Forging alias penempaan, material yang tadi telah dipotong dan dipanaskan diletakkan diatas “cetakan” dan diberikan tekanan sekian ton untuk dibentuk sesuai dengan keinginan. setelah process ini kembali sang material yang sudah dibentuk diberikan perlakuan panas atau Heat Treatment (Untuk Heat treatment nanti ane bahas di artikel selanjutnya aja yah). Setelah material mulai dingin dan terbentuk proses selanjutnya adalah Shot Blasting, process ini dilakukan untuk membersihkan bagian luar (setelah heat treatment) dan memberikan efek kulit jeruk pada bagian luar barang. Dan Post treatment biasanya berupa machining process untuk meratakan area yang seharusnya rata dan nanti bersinggungan dengan part lainnya.

Peralatan Apa aja sih yang dipake untuk proses Forging????

Nah untuk forging sendiri biasanya dilakukan sesuai dengan bentuk, berat parts, da volume produksi. Yang pertama, menggunakan alat press yang punya kemampuan sampai 500-600 Ton, biasanya digunakan untuk produksi masal. Lebih ga berisik dan minim vibrasi dalam prosesnya, dan tentu saja lebih mudah mengoperasikannya. jadi produksi bisa digenjot abis abisan dong hanya investasinya lumayan mahal Sob…

Yang kedua adalah forging Hammer, nah untuk alat satu ini harganya lebih murah dibandingkan dengan mesin press. dan alat ini bisa menunjang untuk produksi masal tapi dalam jumlah yang relatif lebih sedikit. Biasanya digunakan untuk part part yang kecil kecil tapi ga menutup kemungkinan kok buat part yang berukuran besar :).

Yang ketiga Upsetter, biasanya alat ini digunakan untuk membuat parts yang bentuknya panjang dan membutuhkan pukulan yang lebih dalam, produknya biasanya berupa shaft seperti shaft axle alias gardan belakang mobil.

Yang terakhir adalah Rolling Mill, Alat ini biasanya digunakan untuk produksi masal, hanya saja bentuk hasil yang diharapkannya biasanya berbentuk melingkar seperti ring gear.

Nah sampe sini dulu yah, Nanti ane bahas soal yang namanya Heat Treatment buat bahasan selanjutnya…. Ciao….

Yang ini juga menarik :


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







43 Comments

  1. forging hammer bukan hanya untuk matl kecil aja, tempat sya aja bisa bikin komponen buat matl yg beratnya sampai 80kg, apalagi yg di jepang smpai berat ratusan kilo

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Heat Treatment (Perlakuan Panas) | macantua
  2. New Vixion Lightning, Sang Drakula Haus Oli…. | macantua

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.