Inilah Gunanya Tekhnologi Electric Starter




image
Kaki bisa pengkor coooyyyyy

Macantua.com – Ngakak guling guling sepuasnya saat ane membaca postingan salah satu anggota di salah satu grup di facebook satu ini. Melalui postingannya ia menyatakan kalau “laki itu ngidupin motor pake kaki bukan dipencet pake tangan” dan kontan postingan ini dibully ramai ramai oleh anggota grup lainnya. Ckckkckck

Electric starter alias starter elektrik sudah lama dikenal dalam dunia roda dua. Alat ini diciptakan untuk mempermudah pengendara saat ingin menghidupkan mesin tunggangannya. Nah apa saja sih bagian dari starter ini?

image
Tombol ini dipencet buat menghidupkan starter.... kecil tapi joss

Yang pertama adalah starter switch atau tombol saklar starter. Biasanya tombol ini berada di stang bagian kanan dan posisinya mudah diraih dengan ibu jari. Tombol ini berguna untuk menyambungkan arus listrik dari accu ke sebuah alat yang menggerakkan mesin.

image
Nah ini bagian yang biasanya rusak

Yang kedua biasa disebut bendik starter. Alat ini berfungsi membuka arus dan menariknya dari accu ke dinamo starter. Nah alat ini seperti relay yang menarik daya dan memfokuskan arus menuju dinamo. Jiga starter ga berfungsi dan ingin mengetahui apakah bendik starter rusak tinggal sambungkan kedua kutub menggunakan obeng. Kalau mesin dapat menyala berarti bendik masih berfungsi. Kalau engga ya berarti minta diganti… hehehehhee

image
Mesin penggerak yang berbentuk dinamo

Yang terakhir dinamo starter. Nah alat ini berfungsi menggerakkan mesin sehingga memungkinkan mesin menjadi hidup. Dinamo inilah yang menjadi motor utama dalam sistem starter konvensional. Nah berbeda dengan ACG starter mesin tidak membutuhkan dinamo starter untuk nebjadi penggerak tapi memanfaatkan fungsi magnet menjadi dinamo starter dan sekaligus berubah menjadi pengisian listrik setelah mesin hidup.

image
Ribut ribut dah nyari starter

Kembali ke gambar pertama, bayangkan kalau tekhnologi ini ga disematkan pada motor. Mungkin kaki kanan biker akan lebih besar ukurannya. Terlebih buat para penunggang moge. Bisa bisa itu betis pecah cuma buat ngidupin mesin moge yang kubikasinya serta muntahan tenaganya dahsyat. Bebek boreup aja bisa bikin celana ane sobek beberapa biji, gimana kalo moge???? Pengkor pengkor dah tuh kaki….

Begitulah kira kira tekhnologi electric starter dibuat demi sebuah kenyamanan dan kemudahan berkendara. Jadi buat apa tekhnologi yang mempermudah ga dipakai???

Laki itu harus smart

,bukan sok kuat

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







42 Comments

  1. Jadi ingat waktu kos dulu.kena cikungunya mo beli makan keluar dgn terpaksa oke motor grand ku yg starter elektriknya mati.sakitnya setengah mati.. untung grand coba klo tiger ..wassalam deh

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.