Bagaimana Filter Udaramu????




image
Kondisi filter udara yang kotor

Macantua.com – Halo Sob, kemarin kita dah bahas soal main jet dan pilot jet bagi yang menggunakan karbu. Kini ane mau bahas soal filter udara. Yup filter udara, dimana filter udara merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih.

Filter udara alias air filter punya fungsi yang sangat sangat penting. Tapi biasanya filter udara  ini hanya dibersihkan sewaktu kita melakukan servis rutin. Bahkan meskipun rutin melakukan servis ringan, pada bagian filter terkadang terlupakan untuk dibersihkan, hanya di semprot menggunakan angin kompresor. Dan ini akan berefek ga baik buat motor.

Efek yang akan langsung terasa jika filter udara kotor adalah performa akan lebih terasa berkurang. Ciri cirinya :

Tarikan Terasa Berat, Jika filter udara kotor, bisa dipastikan udara yang masuk akan berkurang. berkurangnya udara yang dibutuhkan Karburator sebagai pencampur bahan bakar, nah kalau sudah begini campuran bahan bakar akan tidak sesuai kebutuhan mesin. Sistem kerja pembakaran pada ruang bakar akan tidak sempurna dan tarikan si motor akan terasa berat.

Borosnya Bahan Bakar, Melanjut kondisi di atas, campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang ini biasanya memiliki campuran yang terlalu kaya. Maksudnya terlalu kaya disini adalah campuran bahan bakar dan udara lebih banyak bahan bakarnya. Kejadian seperti inilah yang mengakibatkan borosnya bahan bakar yang digunakan. Dan pasti pembakaran pun tidak akan sempurna.

Kacaunya pembakaran yang berefek pada tenaga yang tidak maksimal, Nah biasanya kalau sudah pembakaran tidak sempurna bisa dipastikan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ga akan maksimal. Pembakaran yang ga sempurna membuat jelaga sisa pembakaran mengendap lebih banyak di ruang bakar. Dan ini juga bisa membuat pembakaran semakin kacau. Bagaimana tidak, ruang bakar akan semakin sempit dan ini memicu ngelitik pada mesin. Hasilnya power hasil pembakaran tidak maksimal.

Nah, itu kerugian kalau filter kotor. Bagaimana kalau filter udara dicopot? Memang dengan kondisi filter terbuka aliran udara akan lebih plong masuk membantu menjadi campuran yang akan di bakar diruang bakar. Tapi, akan ada efek luar biasa yang bisa membuat motor lebih cepat ambrol. Bagaimana engga, udara masuk ke dalam ruang bakar tanpa proses penyaringan. Kemungkinan kotoran akan terbawa masuk ke ruang bakar dan menjadi jelaga. Mempersempit ruang bakar dan mungkin kerak alias jelaga ini bisa saja jatuh kebawah saat posisi piston dibawah. Dan mungkin sekali bisa menggesek dinding liner saat mesin bekerja. Ini bisa berefek pada bocornya liner dan oli bisa saja ikut terbakar. Pembakaran akan semakin kacau dan pastinya kondisi motor akan semakin buruk. Dan mungkin biaya perbaikannya akan lebih banyak.

Nah cukup jelas kan, jadi masih mau mengabaikan kondisi filter udaramu?

Yang ini juga menarik sob :

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







33 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.