Clutch Atau Kopling Berat???? Mungkin IninSebabnya….




image
Kondisi kopling atau disc clutch yang sudah kurang baik kondisinya

Macantua.com – Mobil yang dipakai sehari hari pasti sudah sehati, tapi kalau mobil manual transmisi pasti sudah akrab dengan tuas yang satu ini. Tuas yang selalu ditekan saat mau melakukan perpindahan gigi transmisi. Yup tuas kopling atau clutch.

Nah memang pake kopling manual pasti tenaga akan lebih terasa. Tapi kalau tuas kopling sudah terasa berat pasti jengkel juga karena kaki dibuatnya cepat pegal. Nah sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat kopling atau tuas kopling pada mobil terasa berat saat diinjak. Mau tau? Kita bahas satu persatu ya…..

Pertama, biasanya Matahari (cover clutch ) sudah uzur, sehingga pegas (per) penekan pelat kopling sudah ”mati” atau tidak ngeper . Kalau semua bagian di kopling dalam kondisi baik dapat dipastikan injakan tidak terlalu berat.

Yang kedua,⃣ Leher kopling (release bearing ) dan pilot bearing rusak,  menimbulkan ketidaknyamanan salah satunya berat ketika diinjak.

Nah yang ketiga nih, Jika dari hari ke hari terasa makin keras, bisa jadi kampas kopling mulai aus. Kalau dibiarkan bahaya. Bisa bisa mobil tidak bisa bergerak walau gigi  dalam posisi masuk.

Yang ke empat adalah Tidak benarnya dalam menggunakan kopling. Misalnya, menginjak dan melepas kopling secara kasar. Bila sering dilakukan, pelat/piringan kopling terhadap roda gila akan terasa lebih keras dan mempercepat keausan sistem kopling.

Last nih yang kelima, Keringnya pelumasan pada komponen kopling seperti release bearing , atau dudukan luncur release bearing dan per matahari.

Nah kalau kopling atau clutch sudah terasa keras silakan coba check kondisinya ya… daripada nanti merembet dan merusak bagian lainnya…. Semoga berguna….

Yang ini juga menarik :

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.