Tips : Gimana Sih Pake Dongkrak ???




image
Mendongkrak mobil saat mengganti ban

Macantua.com – Nikmatnya jalan jalan kadang bikin kita enjoy sejenak melupakan kesibukan sehari hari. Tapi gimana rasanya saat kita nikmati jalan jalan eeehhhh ban kempes, pasti bete kan? Nah mau gamau kita harus mengganti ban dong. Dan kita perlu satu alat yang bisa bantu kita buat ganti ban selain kunci ban. Yup dongkrak, dongkrak ini membantu kita mengangkat body mobil agar ban bisa bergerak bebas dan bisa dilepas serta dikeluarkan dari posisinya.

Nah untuk membantu sobat semua yang mengalami keadaan dan mengharuskan memgganti ban berikut tipsnya dan hal hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan dongkrak :

Posisi
Usahakan untuk parkir mobil di permukaan datar atau rata. Hal ini penting agar titik tumpu mobil pada dongkrak tidak bergeser. Karena kalau sampai bergeser bisa berakibat bahaya tentunya. Kemudian, luruskan posisi ban depan.

Pastikan Mobil Tidak Bergerak
Nah untuk memastikan mobil tidak bergerak bebas lakukan beberapa tindakan agar mobil benar benar tidak bergerak maju atau mundur. Pertama, posisikan tuas transmisi atau perseneleng pada posisi “P” (untuk mobil transmisi otomatis) atau dorong tuas perseneleng ke titik “gigi 1″ (pada mobil transmisi manual). Kedua, tarik tuas rem parkir (biasanya disebut rem tangan) atau injak pedal rem parkir (untuk mobil dengan rem parkir model pedal).

Agar lebih menjamin mobil tidak bergerak dan menambah keselamatan, bisa gunakan dua balok kayu atau batu bata merah sebagai pengganjal salah satu roda yang akan menjadi titik tumpu ketika mobil didongkak. Letakkan satu balok di depan roda, dan satu sisanya di belakang. Kalau masih memiliki sepasang balok kayu, lakukan hal yang sama pada ban lain yang sejajar dengannya. Misalnya pada kedua ban depan atau pada kedua ban belakang yang akan menjadi tumpuan mobil tentunya.

Siapkan Peralatan
Siapkan atau keluarkan peralatan, seperti dongkrak dan tongkat pengungkitnya dari dalam mobil. Jangan lupa kunci roda agar proses pengerjaan bisa langsung dilakukan tanpa pencarian peralatan lagi di tengah proses.

Pilih Titik Tumpu Dongkrak
Nah sebenernya sobat semua bisa melihat buku manual untuk posisi titik tumpu dongkrak terbaik pada mobil yang kita bawa, tapi kalau tidak ada kita bisa meletakkan pada tulangan atau frame sang mobil, atau daerah yang bisa menjadi tumpuan seperti area sekitar gardan atau axle dan kaki kaki. Langkah ini penting agar terhindar dari slip atau meleset ketika kita sedang mendongkrak.

Jangan Masuk Kolong
Jangan pernah memasukkan tubuh atau bagian dari tubuh, seperti tangan, ke kolong mobil ketika mendongkrak. Ini perlu demi keselamatan kita bila terjadi dongkrak slip. Nah usahakan untuk menggunakan tongkat pengungkit yang panjang sehingga kita dapat memutarnya dari sisi mobil.

Atur Ketinggian
Naikkan dongkrak hingga ketinggian ban mencapai sekitar 15 cm. Jangan terlalu tinggi agar mengurangi dampak gravitasi yang menyebabkan mobil kita mudah bergerak saat dongkrak mengangkat mobil.

Ganti Roda
Nah setelah mobil terangkat, ganti roda dengan ban cadangan. Buka dengan menggunakan kunci roda. Ingat saat membuka dan mengencangkan baut roda usahakan dengan cara menyilang agar ban dapat menempel sempurna dengan kekuatan yang merata pada setiap baut penguncinya.

Turunkan Dongkrak
Setelah usai memperbaiki atau mengganti roda, putar tongkat pengungkit secara perlahan agar mobil turun dengan aman. Ingat! perlahan! Kemudian, rapihkan dan kembalikan dongkrak ke tempat asal.

Nah gampang kan sob???? Jadi nanti kalau mengalami trouble dengan ban saat berkendara bisa mengganti sendiri.

Yang ini juga menarik Sob :


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







8 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.