Hati Hati, Ngebut Di Trek Lurus!!!

image

Ilustrasi : Ngebut di trek lurus...

Macantua.com – Apakabar sob? Semoga baik baik saja, sorry baru bisa update hari ini karena Kamis 11 December ini jadi hari yang melelahkan sekali. Super duper sibuk dan ga bisa ngutak ngatik blog, bahkan buat balas komen pun baru bisa ane lakukan saat makan malam.

Well berawal dari kejadian tadi saat pulang kerja, waktu menunjukkan pukul 9 malam jalan mulai sedikit sepi tapi tiba tiba brakkk srooooooookkkkkk sebuah Matic keluaran Yamaha meluncur di atas aspal bersama pengendaranya yang beberapa saat kemudian bangun berjalan ke sisi jalan sambil mengernyitkan dahi serta memegang tangan kanannya. Sontak semua kendaraan yang berada di belakangnya melakukan pengereman secara cepat.

Trek lurus dan panjang memang selalu menggoda nurani untuk menarik gas lebih dalam, hal ini yang mungkin terjadi pada pengendara matik tadi. Saat kecepatan tinggi tiba tiba sebuah kendaraan melaju dari gang masuk ke jalur yang super asyik tadi dan akhirnya sebuah crash terjadi. Dan memang kejadian serupa sering terjadi di tempat itu. Trek lurus panjang dan sedikit menurun memang pas untuk melepas gas selepas traffic light alias lampu merah kan?

Buat yang doyan akan kondisi jalan di atas sebaiknya mulai sedikit demi sedikit mengurangi kesukaannya nih, karena dalam beberapa kali ane menemukan kejadian kecelakaan justru ada di trek yang lempeng bin lurus bin mulus. Ada beberapa tips and trik nya buat yang doyan banget sama trek seperti ini tapi meminimasi terjadinya crash. Yuk kita mulai :

Pertama, kalau melaluinya saat kondisi siang hari siapkan posisi jempol kiri ente semua pada klakson. Why? Karena dengan posisi ini akan lebih sigap menekan tombol saat ada “penyusup” yang tiba tiba masuk jalur secara paksa (baca: tanpa sign dan tiba tiba). Bagi yang melewatinya saat malam hari kondisi diatas tetap dilakukan, tapi dengan tambahan lampu diposisikan pada high beam alias lampu jauh biar “penyusup” tadi lebih aware akan kehadiran kita lewat cahaya yang terpancar dari lampu jauh motor kita.

Kedua, pastikan posisi tangan kanan dan kaki kanan lebih sigap menarik dan  menginjak tuas rem. Yah minimal bisa reflek lebih cepat saat sebuah “surprise” datang menghampiri.

Selanjutnya, jangan pernah mendahului kendaraan yang sedang berjalan berurutan panjang secara sekaligus. Usahakan salip dengan kondisi 2-4 mobil saja dengan tips nyalip yang pernah ane kasih sebelumnya, ambil posisi aman lalu salip lagi. Lakukan sampai iringan kendaraan terlewati semua. Hal ini ditujukan agar pengendara yang kita lalui lebih awas. Karena tidak menutup kemungkinan pada tengah barisan akan ada kendaraan yang tiba tiba keluar barisan untuk menyalip. Dan posisi ini menjadi “zonk” kalau kita ga berhasil mengendalikan kendaraan dan keadaan.

Last, pilihan terbaik dan sebaik baiknya pilihan adalah lebih baik jangan kebut kebutan, karena jalan raya memang memberikan berjuta surprise yang ga bisa kita tebak kehadirannya….

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di accident, adventure, berbagi, mobil, motor, prosedure, safety dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Hati Hati, Ngebut Di Trek Lurus!!!

  1. prasetyo676 berkata:

    Nah kadang malah lengah saat di trek lurus. Harus selalu waspada.

    Extreme – Sepeda Motor Bermesin Radial 7 Silinder Pesawat Terbang | prasetyo676.com
    http://prasetyo676.com/2014/12/12/extreme-sepeda-motor-bermesin-radial-7-silinder-pesawat-terbang/

    Suka

  2. KLX Adventure berkata:

    pelan-pelan saja

    ========

    Diluncurkan Januari 2015, Kawasaki Ninja H2R Dihargai Rp 1 Miliar http://klxadventure.com/2014/12/12/diluncurkan-januari-2015-kawasaki-ninja-h2r-dihargai-rp-1-miliar/

    Suka

  3. dhanyfirdaus berkata:

    Pernah kejadian di pramuka, trek lurus, jalanan sepi, habis hujan. Lagi enak enak narik, orang nyebrang tiba-tiba. Posisi dy kehalang sama tanaman di jalur hijau pemisah lajur cepat dan lambat.
    Ya udah…., main betot rem aja…, daripada nabrak orang. Meluncurlah ane diaspal (kan habis hujan, jadi licin).
    walau tuh motor udah jatuh masi aja nyambar orang yang nyebrang td. untungnya dy dan motor nga papa. cuma masi shock aja karena terpelanting kesambar motor jatuh.
    ya udah ane tinggal belanja ke supermarket.
    besoknya baru sadar celana yang ane pakai semalam sobek sana sini …., hihihi

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.