F1ZR, Bebek Kencang Tak Tergantikan….




image
Yamaha F1ZR

Macantua.com – Flash back lagi ke masa lalu sob…. Flashback ke jaman masih pake putih abu numpak motor bebek kencang berkopling manual asal pabrikan garpu tala. Semua pasti kenal sama motor yang ane maksud dan dijadikan ilustrasi gambar diatas. Yup F1ZR. Sebuah motor bebek kencang pada zamannya.

F1ZR pertama kali lahir dengan nama Yamaha Force 1 pada tahun 1992. Awal kelahirannya masih menggunakan rem teromol di depan dan belakang sebagai bantu mengurangi kecepatannya. Tapi jangan salah, bebek ini adalah motor bebek pertama Yamaha di Indonesia yang sudah mengadopsi sistem pendinginYPCS (Yamaha Power Cooling System). Sistem YPCS sendiri merupakan sistem pendingin mesin dengan mengandalkan kipas yang berfungsi menyedot udara dari luar untuk mendinginkan bagian mesin. Jadi dengan suhu yang tetap terjaga, kinerja mesin bisa terus optimal. Tapi teknologi YPCS ini sebenarnya sudah digunakan terlebih dahulu oleh Suzuki dengan nama Jetcooled.

Pada tahun 1994 Fore one dipensiunkan dan digantikan dengan nama Yamaha F1Z. Bentuk sih ga terlalu banyak perubahan, yang bikin beda adalah penggunaan rem cakram alias disc brake sebagai piranti pengereman roda depan. F1Z masih bertahan dengan model yang ditawarkannya sampai dengan tahun 1996. Halnini didukung dengan beberapa variasi model spesial yang diluncurkan. Mulai dari behel yang dilengkapi lampu, serta penambahan krom dibeberapa komponennya. Oia di generasi terakhir F1Z sudah mengadopsi sistem full cluth loh.

Akhirnya di tahun 1997 Yamaha F1Z-R diluncurkan. Tambahannya sang bebek sudah dilengkapi kopling manual walau koplingnya masih semi otomatis. Pada tahun 2000, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan perombakan besar di F1ZR. Kali ini velg sudah diberi enkei palang tiga. Selain itu, model terbaru ini sudah full cluth atau kopling manual bukan semi lagi.

Bukan cuma karena desainnya yang sangar, tapi mesinnya yang bertenaga besar dan bandel membuat sang bebek jadi primadona di jamannya. Bahkan sampai saat ini ane masih ingat iklan F1ZR yang menjadi “Banteng”. Tapi sayang, tahun 2004 merupakan akhir produksi untuk sang bebek kencang satu ini. Meningkatnya standar Euro mengharuskan sang 2stroke engine dipensiunkan lebih dini. Dan sampai kini ane belum menemukan sosok F1ZR dalam produk Yamaha saat ini…

Yuk kita tengok spesifikasi teknisnya :
Mesin Tipe  : 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc
Bore x Stroke  : 52,0 x 52,0 mm
Kompresi  : 7,1 : 1
Perseneling  : Manual, Wet, Multi Plate
Gear Transmisi  : 4 Speed, N-1-2-3-4
Karburator  : VM 20 X 1 MIKUNI
Kapasitas Oli  : 1,2 lt
Aki  : GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi  : BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian  : CDI
Berat Kosong  : 95 kg
Tipe Sasis  : Pipa
Kapasitas BBM  : 4,5 liter
Wheelbase  : 1.190 mm
Ground Clearance  : 135 mm
Tinggi tempat duduk  : 750 mm
Suspensi depan  : Teleskopik
Ban Belakang  : 2.75-17-4 PR
Ban Depan  : 2.50-17-4 PR
Dimension (LxWxH)  : 1.870 x 670 x 1.040 mm
Starter  : Kick & Electric
Maximum Power  : 10,7 PS / 7500 rpm
Maximum Torque  : 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Rem Depan  : cakram
Rem Belakang  : Tromol

Masih ada yang punya kinyis kinyis ga ya????

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







100 Comments

  1. Pada tahun 2000, PT. Yamaha
    Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
    melakukan perombakan besar di F1ZR. Kali ini
    velg sudah diberi enkei palang tiga. Selain itu,
    model terbaru ini sudah full cluth atau kopling
    manual bukan semi lagi.
    ============
    tahun 2000 masih ada 2 versi….
    1.fizr sporty =kopling tangan blum full cluth jadi walau ada tuas kopling tp blum penuh….gk d tekan mesin gak mati….ciri2 nya velg masih pake jari2
    2.fizr full cluth…harus tekan kopling kl pindah kopling….ciri2ny velg palang

    motor pertama ane ini ….beli yg special edition….Fizr milenium….cat silver kuning

  2. >>Mulai dari behel yang dilengkapi lampu, serta penambahan krom dibeberapa komponennya. Oia di generasi terakhir F1Z sudah mengadopsi sistem full cluth loh.
    >>Pada tahun 2000, PT. Yamaha
    Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
    melakukan perombakan besar di F1ZR. Kali ini
    velg sudah diberi enkei palang tiga. Selain itu,
    model terbaru ini sudah full cluth atau kopling
    manual bukan semi lagi.

    #Koreksi om,,, Generasi F1Z terakhir 1996 ga ada yang kopling, 1997 Muncul F1ZR dua versi, kopling banci sama non kopling dan tanpa spoiler LED di lampu belakang. 1998-1999 muncul F1ZR duo tone (hitam silver, biru silver, merah silver) + tambahan spoiler LED dan masih pakai kopling banci. 2000 era millenium, pertama kali F1ZR pakai kopling manual + Velg racing enkei warna silver. 2001-2005 tak ada perubahan berarti, hanya permainan warna + stripping serta velg racing berubah menjadi hitam.

    # F1ZR dari dulu yang velg racing pasti kopling manual om dan pasti ada stripping FULL CLUTCH nya (2000-2005). kalau sporty bawaanya pasti velg jari dan kopling banci, kalau ada F1ZR sporty tapi velg racing / kopling manual,,, pasti dah modif tuh. secara tinggal lepas ganda udah jadi FULL CLUTCH.

  3. SMA kita sejaman kayaknya nya om macan 😉 Pengalaman ane pake generasi f1z/f1zr dan tornado gs serta satria r …f1zr lebih enak selap selip karena sumbu roda pendek. Akselerasi bawah bagussss…kalo tornado enak di putaran atas narikkkkkkk coyyy…….top speed keduanya imbang lah……dibanding satria r menurut ane f1zr putaran bawah lebih enak, kalo satria r rpm nya udah diatas 5000 rpm wuihhhh sensasi jambakannya greng abis apalagi di 7000an rpm suara knalpot langsung berubah kayak lebah ngamuk nguingggggg….top speed satria lebih tinggi dibandingkan f1zr dan tornado

  4. klu F1ZR sporty kopling nya blm full clutch velg masih jari, dulu pernah pake F1ZR thn 2003 yang skrang dipake tinggal F1ZR thn 1997 dan satria 120r thn 2005. nostalgia jaman sma 🙂

  5. motor idaman ane gan, sulit skali cari unit yg masih standar ting-ting
    masih terngiang suara knalpot Std pabrikan. gaul abis suaranya.

    anehnya walau yamaha vega bodynya persis Fizr. tampilannya terlihat culun, berbeda dengan Fizr yg tampilannya sangar & gak kemakan abis.

  6. syukurnya saya punya satu. F1ZR 2004 Hitam Orange. dapetnya Juli 2016. mesin & pengapian masih ori tingting om. karena lama ga kepake sama yang punya. cat terbilang kinclong banget. ga ada baret bekas jatuh. masih enak tarikannya. cuma pajaknya tewas 1 kali. hehehe.,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.