Motor Injeksi???? Siapa Takut….




image

Macantua.com – Hola sob apakabarnya… Pasti baik baik aja kan… Flashback ke beberapa hari lalu saat peluncuran CBR150R kemarin di Bandung dapet satu oleh oleh pengetahuan baru. Sebenernya ga baru baru amat sih soalnya teknologi ini sebenarnya sudah dikenalkan Honda di Indonesia sejak 2005 silam lewat mopetnya Supra X 125.


PGMFI alias Programmed Fuel Injection yang dulu pertama kali disematkan oleh Honda pada Supra X 125 kini sudah disematkan ke hampir seluruh unit motor yang diproduksi AHM. Sistem suplai bahan bakar ini menggantikan fungsi karburator pada motor konvensional. Nah suplai bahan bakar pada PGMFI ini dikontrol secara elektronik sehingga mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum sesuai kebutuhan sang mesin sehingga mesin bekerja optimum pula pada setiap keadaan.

Kenapa karburator harus diganti dengan PGMFI??? Nah menurut Honda PGMFI itu memberikan beberapa keuntungan Sob… Yang pertama tarikan motor alias akslerasi menjadi responsif, karena mesin disuplai dengan komposisi bahan bakar dan udara yang sesuai kebutuhan menjadikan pembakaran pada ruang bakar menjadi lebih sempurna. Ga ada istilahnya banjir lagi kaya pake karbu hehehe.

Yang kedua efek dominonya pasti pada konsumsi bahan bakar, AHM mengklaim bahwa konsumsi bensin bisa ditekan sampai 30% dibanding penggunaan karburator konvensional. Dan ini dijamin alias digaransi sampai dengan 5tahun pemakaian atau bila kendaraan sudah.mencapai jarak tempuh 50.000 km. Ya yang duluan aja yang mana. Kalau kurang dari dua duanya tinggal klaim ke AHASS terdekat.

Keuntungan selain irit dan responsif, perawatan kendaraan pun menjadi lebih mudah dan jauh lebih cepat. Masih doyan ngantri buat service??? Cuci karburator yang memakan waktu cukup lama??? Nah dengan PGMFI ga perlu lagi ritual cuci karbu. Cukup ganti oli kemudian sang mekanik akan melakukan pengecheckan kerja sang PGMFI dengan sebuah alat sakti beres deh… Dipastikan waktunya jauh lebih cepat dan motor bisa langsung digunakan kembali untuk beraktifitas.

Nah sekian dulu prolognya tentang PGMFI, soal gimana mekanisme kerja dan peralatan apa aja yang mendukung sistem ini serta gejala abnormalnya akan ane bahas di artikel selanjutnya ya….Masih takut dengan sistem Fuel Injeksi??? Tenang sob… Ada 3600 AHASS dan lebih 10.000 bengkel umum siap membantu…. Hebat Hemat dan Mudah kan????

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







24 Comments

  1. Coba aja tiap hari kasih minum premium perlu ekstra hati2x bersihin kotoran yg mengendap salah sedikit senggol atau geser sensor kacau tuh system injeknya, ya sebenernya sama aja ma karbu, kecuali minimal isi pertamax 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Motor Injeksi???? Siapa Takut….. (Part II) | macantua

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.