Balada Spyshoot : Ombak Kecil Berujung Tsunami….

image

Macantua.com – Spyshoot alias pengambilan gambar secara diam diam kayaknya lagi melanda dunia blogger otomotif. Segala bocoran mengenai sang gacoan anyar dari sebuah pabrikan selalu menjadi berita hot yang bisa bikin hits naik. Mulai dari parts sampai saat sang gacoan ditest di jalan raya. Biasanya info ini dari orang orang yang “dekat” dengan pengembangan sebuah produk baru. Sebut saja lingkungan vendor penyuplai parts, atau bahkan tidak menutup kemungkinan “pembesar” perusahaan untuk sedikit demi sedikit mengenalkan sang jagoannya.

image

Seperti yang pernah ane bahas sebelumnya bahwa pemgembangan suatu produk biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Butuh waktu beberapa (mungkin puluhan) bulan untuk bisa menelurkan produk baru di bidang otomotif. Baik itu all new atau sekedar facelift. Dan pergantian model ini tentu saja tidak akan berjalan smooth bila tidak ada penjajakan. Nah disinilah peran para blogger sebagai corong TOA minim budget. Kenapa ane bilang gtu? Coba sebagai contoh bila satu blogger papan atas bikin artikel A tentang new product pasti ada beberapa follower di belakangnya. Dan para follower akan menceritakan hal sama tanpa ada imbalan yang harus dibayarkan pihak perusahaan. Nah efek pengeras suara “bisikan” inilah yang menjadi salah satu strategi marketing buat secara perlahan mengenalkan produknya. “Bayar satu, corong seribu” atau “ombak kecil berujung tsunami” dengan hanya memberikan bisikan mesra pada satu corong akan berujung menjadi teriakan massal ke berbagai penjuru. Ya secara prinsip ekonomi sih jelas ngena, modal serendah rendahnya untuk mendapatkan keuntungan (hasil) semaksimalnya.

image

Kembali ke judul, spyshoot kenapa harus seolah spyshoot? Nah ini nih, yang bikin gregetan biasanya yang lebih tertutupi atau terbuka sedikiiit saja. Layaknya laki laki melihat perempuan, akan semakin penasaran kalau dibukanya sedikit demi sedikit tho??? Selain itu “aturan dunia maya” biasanya menyebutkan “No Pict = hoax” membuat para misionaris penyebar berita ini memunculkan gambar gambar sketsa, mulai dari sketsa tangan sampai dengan foto aseli yang diberikan “sang messenger” untuk membuatnya jadi boom waktu yang tersusun rapi sampai puncak pengenalan sesungguhnya (launching).
Bagaimana bila bocornya bukan dari sang corong utama? Nah ini nih yang biasanya jadi masalah. Tiap pabrikan punya kebijakan masing masing tentang bagaimana cara membocorkan sang gacoan anyarnya. Dan biasanya menjadi top secret perusahaan baik di sisi mother company atau pihak vendor. Nah bagi karyawan atau vendor terikat kerjasama mau gamau harus mengikuti peraturan top secret tersebut. Kalau ga dipastikan sanksi dari perusahaan baik berupa “pemberhentian kerjasama” dengan personal maupun badan usaha mungkin terjadi. Terlebih apabila spyshoot menunjukkan lebih dari 60% bentuk aseli sang product.

image

So, what is the spyshoot? Its a new marketing style. Cara baru memperkenalkan produknya dengan cara lebih smooth sebagai penjajakan penetrasi sebuah product baru ke pasar lama yang semakin majemuk. Selamat menikmati permainan “SPYSHOOT”.

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di iseng, opini pribadi dan tag , , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke Balada Spyshoot : Ombak Kecil Berujung Tsunami….

  1. lamikgemini berkata:

    setuju..
    strategi spyshoot sangat jitu untuk memperkenalkan produk baru kepada calon konsumen, apalagi dijaman sekarang dimana internet sudah menjadi kebutuhan..

    Suka

  2. danisubject berkata:

    no pict = hoax rule 😀 .

    Suka

  3. enoanderson berkata:

    Naahh ini dia artikel dari Ahli nya. . . wkwkwk 😀

    Suka

  4. potretbikers berkata:

    netizen emang masih jitu 😉

    Amankan dari Blogger Jemuran >>

    Provider XL dengan signal full HSDPA, namun Xelalu Lemooott..(XL)!! – http://wp.me/p3F1M1-u3

    Suka

  5. FЭЯƔ berkata:

    anu peuting ung ieu teh wkekekekekekeeeee XD

    Suka

  6. agoey berkata:

    Yang penting punya bahan artikel… 😆

    Suka

  7. Mase berkata:

    Mungkin sbnrnya bukan spishot juga ya… sengaja shot…
    http://satuaspal.com/2014/08/14/kuliner-tahu-acar/#more-4102

    Suka

  8. peysblog berkata:

    Satujuuuu,,,, semakin besar penasaran semakin besar ekpektasi.

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.