Nyalip????? Ada Triknya Sob…

image

Macantua.com – Kemarin, marak para blogger bercerita tentang Yamaha R15 motor baru yang baru beberapa gelintir ada dijalanan ini mengalami kecelakaan dahsyat. Kabarnya adu Banteng dengan salah satu motor batangan Honda yaitu Megapro (entah NMP atau OMP). Dikabarkan motor hancur karena kecelakaan teramat dahsyat dan dilakukan dalam kecepatan tinggi. Penyebabnya? Menurut cerita sih Take over alias menyalip kendaraan di depannya. Efek terburu buru atau ego ngebut dengan motor baru yang diklaim berteknologi motogp keluar. Dan hasilnya motor yang masih belum diberikan tanda pengenal ini hancur.
Takeover alias menyalip atau mendahului kendaraan di depan sebenarnya ada triknya. Untuk menghindari kecelakaan fatal apalagi adu banteng memang harus lebih tricky. Gimana sih trick alias tips untuk mendahului yang benar??? Kita bahas satu persatu yuk sob…
Pertama, hindari blank spot kendaraan di depan yang hendak di dahului. Nah biasanya kalau kita mau mendahului jangan terlalu nempel alias dekat dengan sisi kanan mobil bagian belakang. Dimana area ini tidak dapat dilihat jelas oleh spion mobil baik spion samping maupun tengah.
Kedua, turunkan gear 1-2 tingkat. Untuk mendahului jangan menggunakan gigi top, misal anda menggunakan cub yang hanya punya 4 gigi, gunakan minimal gigi 3 untuk mendahului. Hal ini diperlukan selain agar akslerasi lebih cepat juga agar saat kita sudah mencapai bagian tengah kendaraan kita dapat meningkatkan kecepatan dengan.menambah 1 lagi tingkat kecepatan alias gigi.
Selanjutnya yang ketiga gunakan turn signal lamp. Lampu sen alias turn signal lamp adalah salah satu fitur yang diberikan pabrikan untuk memberikan sinyal alias tanda kepada kendaraan lain baik di depan maupun di belakang kita. Nah gunakan lampu sen beberapa saat sebelum kita melakukan take over.
Keempat, pastikan kendaraan di bagian depan dan yang berlawanan arah dengan kendaraan kita. Jarak aman untuk mendahului dengan kendaraan berlawanan arah standarnya sih sekitar 300m, tapi bisa kurang dari itu. Hindari mendahului ditikungan 2arah. Biasanya jalam dua arah dengan tikungan selalu memberikan blank spot lebih banyak. Sehingga kita tidak bisa memperkirakan kecepatan dan jarak kendaraan di arah berlawanan.
Kelima, atur kecepatan motor  dan beri isyarat sesaat sebelum mendahului. Nah memberikan isyarat dengan menggunakan lampu jauh alias dim beberapa kali atau bisa juga menggunakan suara klakson. Hal ini ditujukan agar kendaraan yang kita dahului dan berlawanan arah mengetahui bahwa kita akan melintas lebih cepat untuk mendahului. Nah biasanya kalau diberi sinyal ini baik kendaraan yang hendak didahului dan berlawanan arah akan mengurangi kecepatan.
Selanjutnya yang ke enam berikan tanda dengan lampu sen saat anda hendak kembali memasuki jalur sebelumnya setelah mendahului.
Nah itu tips dan trick yang biasa ane lakukan sebelum melakukan take over atau mendahului. Semoga berguna dan kita terhindar dari kecelakaan fatal saat memdahului kendaraan di depan anda. Aamiin….

image

Gamau seperti gambar di atas kan??? Keep safety riding and zero accident ya sob… Ingat keluarga menanti di rumah…

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di accident, berbagi, kencang, motor, opini pribadi, prosedure, safety dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

40 Balasan ke Nyalip????? Ada Triknya Sob…

  1. cadoxs berkata:

    Mudah mudahan ga terjadi lagi ngeri soale kemaren saya juga gotong user mio j ketabrak mobil box…

    Suka

  2. lamikgemini berkata:

    parah… ada gak asuransi all risk buat motor..??

    Suka

  3. ochimkediri berkata:

    skg tinggal sapa yg mau ngalah,

    Suka

  4. Chipoy berkata:

    Lbh Bagus lg pake knalpot racing. mgkn itu krn suara motor na terlalu senyap jd gk kedengeran. pengalaman pribadi knalpot racing amat berfungsi untuk memberi tahu kendaraan kita kpd kendaraan lain

    Suka

  5. arlong berkata:

    point soal mau nyalip dan setelah mendahului yg disalip kudu nyalain lampu sein itu yang sangat jarang sekali ane temuin di jalan raya, hampir semua pengendara motor cuek-bebek langsung selonong nyalip aja tanpa nyalain sein,hal ini berbanding terbalik dg pengemudi mobil yg saya temui yg hampir selalu nyalain sein saat akan dan setelah nyalip:))

    Suka

  6. otojurnal berkata:

    Itu cuma berlaku untuk motor manual.
    Matik?
    Kalo untuk matik…
    Yakinkan itu adalah motor kita sehari-hari….. Bukan motor pinjaman, karakter torsi motor matik itu berbeda-beda…. Tergantung perawatan cvt-nya Meskipun dari merk dan tipe yg sama. (pengalaman pribadi) pk matik milik teman dengan tipe yg sama dg motor ane (vartech 125), brasa hampir mati karna nyalip truk kurang torsi d tanjakan, sedangkan truk tanah lawan arah d cariu ja-bar udah terlanjur masuk, terpaksa ane buang kendali terus kearah kanan….. Kalo pk motor manual bisa turun gigi, kalo matik….. Turun kaki kali yak…. 😀

    Suka

  7. SOHC ajah berkata:

    efect punya motor bagus . sering usernya blagu ga pake helm deui..hadeuh..

    Suka

  8. wtf170 berkata:

    teknologi motogp gitu lohhhh

    Suka

  9. wtf170 berkata:

    ane mah kl nyalip nunggu ampe kosong dl….idupin sein kanan sambil nge dim….baru nguooook….

    Suka

  10. adhyg13 berkata:

    efek motor baru juga kali belum apal selahnya udah main betot2 aje.

    Suka

  11. orong-orong berkata:

    ane heran sama orang yang beginian, apa sich yang dicari. kalau sudah begini mau apa lagi yang di banggakan
    http://orongorong.com/2014/07/22/byson-facelift/

    Suka

  12. danisubject berkata:

    kalo yang suka hi rpm kagak butuh turun gigi . sein . kalo ga minggir klakson . liat keaadaan depan sepi nggak . kadang ada yg suka nekat walau rame tetep nyalip

    http://subjectdani.wordpress.com/2014/08/13/sneak-peek-new-megapro-dyno/

    Suka

  13. NuKasev berkata:

    Prakteknya klo ngasih jarak plus sein mo nyalip malahan sering di klakson dari belakang trus disalip gunting sambil diteriaki “letoy sia”

    Suka

  14. Ping balik: Hati Hati, Ngebut Di Trek Lurus!!! | macantua

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.