Radiator??? Kenapa Harus Pakai Radiator????

image

Macantua.com – Sebagaimana kita tahu bahwasanya sekarang motor motor keluaran baru sudah menganut sistem pendinginan menggunakan cairan alias water cooler. Ga seperti macantua.com tunggangan ane yang masih menggunakan air cooler alias pendinginan menggunakan angin saat berjalan. Nah kita bahas dari awal dulu ya apa sih sebenernya radiator dan kenapa harus pakai radiator???
Radiator adalah bagian dari sebuah sistem pendinginan mesin untuk meredam panas hasil  pembakaran bahan bakar. Sistem pendinginan mesin terdiri dari beberapa part sob :
1. Radiator. Part yang terlihat banyak kisi-kisi atau celah-celah kecil yang tersusun rapi berbahan aluminium. Dan biasanya diletakkan di depan mesin menghadap angin masuk.
2. Kipas radiator. Part yang berfungsi membantu memaksimalkan proses pendinginan radiator. Walaupun radiator dah terbuat dari bahan aluminium yang terbukti baik dalam penyerapan dan pelepasan panas, namun pada suhu tertentu yaitu diatas 80 derajad celcius, sangat memerlukan bantuan pendingin radiator dengan kipas ini, sehingga temperatur mesin dapat di jaga lebih ideal. Kipas ini juga membantu saat pendinginan mesin dikala macet macetan. Jadi angin masih tetap didapat dan dihembuskan
3. Water Pump. Atau disebut pompa cairan radiator, berfungsi mensirkulasikan cairan radiator dari silinder block (water jacket) lalu head untuk mengambil panas lalu cairan masuk ke radiator untuk dibuang panasnya. Pompa ini bekerja terus-menerus selama mesin bekerja, ada yang menggunakan putaran crankshaft, ada juga meminta putaran noken as alias camshaft, bahkan ada pula yang memakai pompa elektris yang diputar oleh aki. Pompa air ini menggunakan type pompa sentrifugal yang menggunakan sudu-sudu atau propeler untuk menimbulkan tekanan atau head energy agar dapat bersirkulasi ke seluruh lintasan selang radiator.
4. Thermo Sensor. Piranti ini berfungsi membaca suhu cairan yang keluar dari silinder head atau mesin dan akan mau masuk ke radiator. Penempatan ini dimaksudkan agar suhu yang dibaca merupakan suhu panas yang terjadi di silinder head.
Nah setelah kita kenal apa radiator dan part pendukungnya sekarang kita bahas kenapa harus pakai radiator. Pertama nih, mesin tersebut biasanya mempunyai kompresi yang tinggi sehingga hasil pembakarannya menimbulkan panas yang lebih dari mesin dengan kompresi lebih rendah. Nah dengan panas yang lebih ini biasanya mesin tidak sanggup hanya didinginkan oleh kisi kisi mesin. Jadi harus dibantu dengan radiator. Kedua, mesin kondisi tertutup dan susah mendapatkan asupan udara maksimal. Contoh : mobil dan motor berfairing. Kap mesin atau fairing menutupi hampir seluruh mesin sehingga mesin tidak dapat bernafas dengan lega.
Okay, selanjutnya kelebihan dan kekurangannya menggunakan radiator sob. Kita mulai dari kelebihannya nih, yang jelas mesin bisa dalam kondisi panas ideal secara konstan. Dimana pembakaran tidak akan terganggu dengan panas berlebih saat mesin bekerja yang biasanya bikin pembakaran jadi ngaco karena bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum waktunya. Selanjutnya dengan suhu yang terjaga ini mesin akan bekerja sempurna sehingga tenaga pun sempurna.
Kelebihan selalu ditemani oleh kekurangan, nah radiator ini biasanya lebih mahal sehingga harga kendaraannya pun akan lebih mahal. Yang selanjutnya adalah perawatan yang harus ekstra. Bila salah satu part system pendinginan yang ane sebutin di atas mengalami kerusakan atau ga bekerja sempurna maka pendinginan akan tidak maksimal dan kerusakan mesin menghantui Seperti cyl head melenting dan sebagainya.
Nah sekarang tinggal pilih sob? Air or water cooler…. Sesuaikan dengan keperluanmu…. Toh Ducati dan Harley pun masih banyak yang tanpa part ini kok… Termasuk tunggangan saya yang fenomenal : Maung. Okay… Ada yang mau tentukan pilihan… Dan ada info tambahan mangga digeber lads…. (kobayogasstyle..)

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, iseng, mobil, motor dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Radiator??? Kenapa Harus Pakai Radiator????

  1. Kobayogas berkata:

    karena biar gak bahrelway saumidaun donk

    Suka

  2. enoanderson berkata:

    Wahh, Jadi postingan euy ternyata pembahasan nu kamari, wkwkwk 😀

    Suka

  3. rizkyrm berkata:

    ducati yg gak pake radiator, duh kacian itu..

    Suka

  4. ndesoedisi berkata:

    Wah poin pentingnya malah ga disebutin :mrgreen:

    Suka

  5. Mas Sayur berkata:

    sebenere enak yg simple,tanpa radiator… murah dan minim piranti sensor macem macem sing marakke mumet ndhase… 😉

    Suka

  6. RPMspeed berkata:

    biar nggak kudet 😀

    ——————————————
    Tentang Seluk Beluk Lampu LED
    http://rpmsuper.com/2014/08/08/kelebihan-dan-kekurangan-lampu-led/

    Suka

  7. bengs berkata:

    Radiator biasanya dipake motor yang perbandingan Kompresinya diatas 10:1, untuk mengindari mesin cepat panas. Untuk mesin dibawah kompresi 10:1 masih aman, misal Harley Davidson, Motor generasi GL/CB Honda, dll ga perlu pke Radiator.

    Suka

  8. ninja150ss berkata:

    ane iseng2 nyasar di artikel ini.
    foging piston ane udah make radiator pdhl mtr naked,kagak ada kipasnya mang.

    yg mau ane tanyakan,,knp mtr ane udah make radiator pdhl kompresi rendah 6,9:1
    mmg bnr nih mtr utk sekelasnya mahalnya amit2 😀

    mohon penjelasanya suhu.

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.