Short Impression : Toyota Etios




image

Macantua.com – Etios, adalah sebuah “city car” keluaran Toyoya yang awalnya dikembangkan untuk pasar negeri Sakhrukh Khan di India sana. Etios sendiri mempunyai dimensi yang sedikit ramping dengan model yang sedikit nyelensh menurut ane. City car ini diberikan 3 jenis engine 4cylinder dengan beda kapasitas  yaitu 1200 dan 1500 bensin dan 1400 diesel. Tiap mesin pasti beda impressi. Tapi di sini ane bakal bahas sedikit sudut pandang ane setelah pake ni mobil dalam waktu yang singkat. Kita bahas satu satu ya…

image

Pertama kali memegang kunci sang etios terlihat simple sama seperti bentuk mobilnya yang ekstra simple dan kecil dan berkesan sempit. Remote seperti layaknya remote mobil lainnya. Tapi saat remote ditekan dan membuka pintu kesan mobil sempit yang awalnya ane rasa hilang. Cabinnya cukup lega buat sebuah city car… Meraba bagian door trim terlihat plastik dengan kualitas yang boleh dibilang standar, lingkar stir alias steering wheel yang kecil ditambah panel speedometer yang terletak ditengah bikin kita deja vu sama Vios lawas. Bedanya tidak digital layangnya Vios lama. Tuas perseneling yang kecil memudahkan buat prosesi pindah gigi. Super City car…
Engine started… Suara engine halus nyaris tanpa bunyi malah bikin ane ga sadar mesin idup hehehe guncangan mesin minim sampai ga terasa sama sekali di dalam Cabin layaknya suara engine yang super “jempling”nya. Tekan kopling “WOW” super lembut seolah tanpa tenaga pun bisa. Cocok buat cewe cewe yang niat pake mobil manual. Coba maju dan akslerasi singkat sampai raungan mesin pun tak terdengar. Sungguh soft… Cabin super senyap dan sang citycar pun melaju lembut. Dimensi yang kecil bisa bikin mobil enak buat dipake dikemacetan ibu kota. Tampilan cluster finish yang lumayan futuristik bikin saat mengendarainya seolah mengendarai mobil masa depan (lebay).
Perjalanan pun dimulai. Jalan sedikit kencang mobil berakslerasi lembut. Minim jambakan sih tapi nyaman banget. Saat lewat jalan sedikit jelek suapensi bisa redam dengan baik. Tapi mungkin masih sedikit rigid ya buat mobil baru. Beberapa kali lewar polisi tidur si Etios bisa melaluinya tanpa hambatan. Bahkan melewati putusan pngecoran jalan pun ga was was buat melewatinya. Pandangan cukup luas dari kaca lebar yang dibantu pembersih 1 buah wiper dan nozzle 3port sebagai corong suply airnya bikin mobil terlihat clean. Yup clean ga terlalu banyak wiper yang malang ditengah kaca. Vitur keamanan jangan diragukan. Etios sudah dilengkapi juga dengan sensor parkir dan pastinya airbag kalau terjadi kecelakaan.
Mobil nyaman ga luput juga dari kendala alias faktor minusnya ternyata. Kelembutan kopling dan suara engine ini malah justru bikin ane hilang feel saat hrs shift up stau shift down. Ditambah kerasnya pedal rem saat harus mencoba menghentikan laju sang mobil bikin ane sedikit memgurangi niat mengeksplore kmampuan engine. Panel speedometer yang masih jarum dengan warna yang sedikit nyeleneh malah bikin ane kurang sreg saat memandangnya di posisi langit masih terang. Dan terakhir trimming full plastic masih membuat mobil ini terasa bau plastik.

image

Nah terakhir nih buat yang ga doyan hatchback Etios juga ada verai sedannya lho… Dan ini mungkin akan menjadi pengganti Limo yang selama ini dijadikan kendaraan andalan para pengusaha Taxi. Overall ini mobil nyaman dan senyap banget!!!

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







13 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.