Spionmu Bukan Pajangan




image

macantua.com – Hola sob… Semoga kabar baik semua. Seharian sibuk dengan aktifitas dan acara sakral keluarga yang melelahkan, sedang asik tidur tiduran teringat sebuah kejadian yang hampir saja membuat ane dan sepupu ane celaka. Kejadian lumrah kalau di jalanan kota besar yang selalu menghantui pengendara roda2 dan 4.
Manuver, ya manuver. Kejadian kemarin hampir membuat ane terpental dari jok keras si Beaty. Saat si Beaty dipacu melakukan take over kendaraan di depan tiba tiba sebuah mobil melakukan manuver ke kanan tanpa memberikan tanda dan aba aba. Untung saja tuas rem dan bantingan ke arah sedikit ke kanan bikin Beaty beserta penunggangnya selamat. Satu mungkin yang terlupakan sang driver yaitu spion. Spion merupakan peralatan yang wajib ditempelkan pada kendaraan roda 2,4,6dst untuk dapat memantau keadaan bagian belakang kendaraan baik tengah, sisi kanan dan kiri. Nah karena reflek untuk menghindar penutup galian kabel optik sang mobil dibanting alhamdulillah ane ga jadi korban. Mungkin ane sudah berada di posisi blindspot si mobil sehingga keberadaan ane ga terlihat jelas oleh sang pengendara padahal lampu sudah AHO lho.
Spion, hal yang sering terlupakan. banyak pengendara hanya menggunakan feeling saat kendaraan sudah melaju. Dan menghiraukan keberadaan cermin di kanan kiri dan tengah (khusus mobil) yang menempel pada kendaraannya. Bahkan beberapa oknum melipat spion ini saat berkendala dengan dalih “ga bisa selap selip” atau menggantinya dengan ukuran mini yang memiliki blindspot lebih besar. Itulah Indonesia semua bisa terjadi hehehehehe…
Sedikit tips nih buat sob sob semua agar kita bisa memaksimalkan fungsi si spion ini :
Jangan dilipat. Ini sudah jelas, gimana kita mau melihat ke belakang kalau spion dilipat. Nah ini yang kadang atau bahkan banyak rider lakukan pada mini mogenya
Atur kembali posisi spion sebelum berkendara. Biasanya nij saat kendaraan kita diparkirkan posisi spion berubah, entah karena helm yang digantungkan atau karena hal lain seperti terenggol dsb. so pastikan dan posisikan pandangan spion tepat sebelum berkendara.
Gunakan cermin tambahan wide view. Sometime spion ga bisa memberikan pandangan maksimal. misal bagian belakang pengendara motor atau bagian bawah belakang mobil. Nah penambahan cermin ini bisa membantu memaksimalkan penglihatan.
Tolehkan kepala. Ingat, benda yang tergambar pada pantulan cermin itu tidak menunjukkan jarak dan ukuran sebenarnya. So gada salahnya kalau kita bisa menolehkan kepala sebentar untuk memastikan keadaan benar benar aman sebelum melakukan manuver.
Demikian informasi dari ane, semoga pengalaman ini jadi manfaat buat semua aamiin…


any advice????


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







34 Comments

  1. sip . pengalaman ane sama orang keluar dari gang asal coblos . hi speed kan gan . anak sma naik matik asal keluar dari gang karena dah mepet ane pake trik hueleh miring miring untung ga kena . near miss

  2. spionmu bukan pajangan, tapi alat pengaman razia polisi,wkwkwk . . . . tapi bener kadang orang gak peduli dengan apa yang ada di belakangnya,boro-boro nengok,boro-boro liat spion. lah spion kacanya ngadep atas aja gak dibenerin kok,

    • wkwkwkwk ini lbh parah… pnangkal razia… ya itu lah mas. spion ga lebih dr tempat ngaca mencet jerawat. ngerapihin rambut sama pas mundur klo mobil wkwkwkwk

  3. betul…rata-rata buat supaya lolos dari polisi ajah…soal fungsi? entar aja dulu, gitu kali…yang penting ada

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.