Driving/Riding Saat Hujan Deras??? Why Not???




Image

Beberapa bulan terakhir ini mungkin hujan selalu turun dengan deras dan tanpa ada waktu yang jelas kapan akan turun, bisa saja saat driving atau riding tiba tiba langit seketika gelap atau masih terang tapi langsung byuuurrrrr hujan. Ya ini juga ane rasain tiap pulang kerja atau pulang ke Bandung lagi jalan dengan kecepatan lumayan tinggi tiba tiba byuurrrr hujan turun dengan ekstra derasnya. Nah dari pengalaman ini ane coba kasih sedikit tips yang biasa ane lakuin kalo driving atau riding saat hujan.

  1. Ketika hujan tiba tiba turun, jangan panik, turunkan kecepatan perlahan karena kotoran dari jalan akan keluar karena hantaman air hujan. nah buat yang pake motor usahakan untuk berhenti terlebih dahulu ya. Selain bisa buat pakai perlengkapan seperti jas hujan juga digunakan untuk nunggu. Loh nunggu apaan? nunggu kotoran yang terangkat tersapu bersih ke sisi jalan. ya bisa sekitar 5 menitan deh. nah kalo yang bawa mobil biarkan kaca basah terlebih dahulu baru nyalakan wipper. Klo air wipper ada bisa disemprotkan dulu untuk membantu membasahi kaca agar tidak scratch alias gores.
  2. Berjalanlah dengan kecepatan yang sewajarnya, karena permukaan jalan saat hujan pasti akan lebih licin dari biasanya, suhu ban pun akan sulit menyesuaikan dengan keadaan yang tiba tiba hujan.
  3. Hati hati akan genangan air, jangan maen hajar saja , yah ini sih sudah pasti harus, selain akan mengenai orang lain (cipratan airnya) dikhawatirkan lubang juga bersembunyi dibalik genangan air tersebut. Jangankan jalan kampung atau jalan kota mas bro…. orang jalan Tol aja banyak lubangnya (*lirik Cipularang).
  4. Banyak orang menggunakan Hazard lights agar tetap terlihat oleh pengendara lainnya, tapi ane ga menyarankan ya mas bro… Hazards lights sebaiknya digunakan saat kita dalam keadaan diam atau berhenti. Saat hujan cahaya akan berpendar kemana mana nah bayangkan kalo kita berada di belakang mobil yang menyalakan hazard lights nya??? SILAU MEN…… Nah itu yang jadi alasan kenapa ane ga nyaranin menghidupkan hazard lights. Karena selain itu juga lampu belakang alias tail lights sudah membantu kita untuk tetap terlihat.
  5. Siapkan Makanan atau Makan sebelum Riding. nah yang ini sih kayanya ga harus dikasih tau. cuma biasanya kalo hujan perjalan akan memakan waktu yang lebih lama soooo siapin makanan atau makan dulu yang kenyang sebelum riding buat ngindarin kelaparan dan masuk angin.
  6. Seharusnya ini jadi yang pertama, tapi kenapa ane ingetin di akhir karena biasanya ini yang suka lupa = BERDOA kepada Tuhan YME sesuai keyakinannya masing masing biar kita terlindung dari mara bahaya.

Udah dulu yah… ane mu gawe dulu hari ini dengan semua kemalasan setelah libur panjang…

Β 


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







24 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.