Probabilitas Valencia : The Final Round

image

Valencia…. Sebuah sirkuit di Cheste (Valencia Spanyol) yang dibuat pada akhir milenium alias tahun 1999. Dengan panjang 4,005 km. Lebar 12 m. 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. Track lurusnya 876m. Race dengan total 30 laps. Dimana track ini selalu jadi track penutup motogp. Balapan terakhir yang berselang 2 minggu dari balapan terakhir (Motegi), akan berlangsung pada 10 November 2013 (bareng sama peringatan hari pahlawan kalo di Indonesia). Kalau diconvert dengan waktu Indonesia race alias balapan akan digelar jam 8 malam WIB.

image

Kita berlanjut ke klasemen sementara, Marques masih memimpin dengan total poin 318. Disusul 2 rekan senegaranya Lorenzo dan Pedrosa dengan masing masing poin 305 dan 280. Sedangkan rossi harus puas di posisi 4 dengan 224 poin. Secara poin Marques unggul. Tapi secara statistik Lorenzo menang lebih banyak dari sang rookie. Kalau ga salah itung juara bertahan ini sudah mengantongi 7 podium utama. Sedangkan marques hanya 6 kali. Lorenzo 1kali tidak finish. Sedangkan Marques 2 kali menghasilkan 0 poin. Termasuk kejadian black flag kemarin di 2 race sebelumnya Philips Island.
Konsistensi kedua pembalap ini dalam mencetak poin memang sangat diacungi jempol. Terbukti dari tiap race yang dilalui mayoritas mereka berdua mengisi podium.

image

Kesempatan untuk jadi juara dunia masih terbuka untuk Lorenzo. Tapi kemungkinan itu tidak sebesar sang rookie yang hanya butuh finish di posisi 4 (tanpa podium) untuk mengunci gelar juara dunia motogpnya pertama kali. Tetapi bila lebih dari itu dipastikan berubah hasilnya. Persaingan balapan kali ini mengingatkan ane saat 2006 lalu dimana Rossi berduel dengan Hayden yang akhirnya dimenangi oleh Hayden yang langsung menjadikannya juara dunia saat itu. Loh kok bisa? Waktu itu Yamaha dengan pembalapnya Rossi memimpin klasemen dengan selisih hanya 8 poin dengan Hayden yang saat itu jadi rider Honda. Kemudian kesalahan pemimpin klasemen (Rossi) dengan terjatuh di lap 5 membuatnya terpaksa keluar lintasan. Meskipun Rossi bisa kembali ke lintasan tapi dia hanya berhasil finish di posisi 13. Dengan kesalahannya itu Rossi dan Yamaha yang sedang on fire (dunia balap dan dagangnya di Indonesia) harus menelan pil pahit kekalahan dan menyerahkan mahkota juara dunia kepada pembalap penyuka gaya bernomor 69 ini.
Apakah sejarah akan berulang dan terjadi terbalik pada Honda? Hal ini sangat mungkin apabila sang rookie melakukan kesalahan fatal dalam race. Kita ketahui bersama bahwa sang rookie masih dalam kondisi masih labil ekonomi labil emosi. Maklum umur muda ditambah keinginan besar dapat memecahkan rekor berikutnya.

Apakah Marques bisa finish bagus dan menjadi juara dunia dan terpecahkannya rekor juara dunia termuda dan rookie yang jadi juara dunia????

Atau justru Lorenzo dengan Yamaha M1nya bisa mempertahankan gelar juara dunia di motogp 2013 ini????

Sama sama kita tunggu 10 November 2013 mendatang di sirkuit pamungkas Valencia…

any advice????

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di ducati, honda, Kawasaki, motogp, motor, opini pribadi, yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Probabilitas Valencia : The Final Round

  1. KomMotor berkata:

    Kontroversi hati nih… gara2 nungguin final round di Valencia,,,
    LAmaaaaaaaa….

    Suka

  2. Marquez potensi menang lebih tinggi. minimal juara 3 udah jadi World Champion dia. asal bisa bermain apik n gak terlalu ngotot.

    kalo Lorenzo nothing to loose. kalo podium 1 di valencia berarti Lorenzo memangkan pertempuran tapi kalah dalam peperangan.

    Suka

  3. dido van owek berkata:

    adu gengsi ki om kayaknya 99 vs 93 😀

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.