Rain

image

Riding saat hujan memang mengasikkan…. Suhu mesin terjaga. Udara tidak panas ke badan pengendara…tapi banyak faktor yang bikin riding saat hujan ga nyaman. Mau dibahas satu-satu? Kita bahas ya….
1. Rain coat alias jas ujan. Ini yang bikin bawa motor kurang nyaman. Apalagi kalo bahan yang digunakan minim secara harga. Mulai dari tembus sampai dengan panas… Harga biasanya ga boong. Rain coat yang rada mahal biasanya punya kualitas bahan yang bikin nyaman pengendara. Anti bocor anti rembes dan anti panas alias hareudang hahahahahaha.
2. Helm. Kadang helm bikin kita ga nyaman. Kenapa? Sometimes ngembun karena uap dari nafas membuat penglihatan ga maksimal. Kalo visor dibuka penglihatan bisa lebih baik tapi muka berasa kaya ditusuk2. Sakit coy…. Antisipasinya buka sedikit visor atau kaca depan biar ga terlalu ngembun dan muka tetap ga diterjang air hujan secara langsung.
3. Gloves. Nah ini nih klo lagi riding saat hujan mau gamau pasti basah dan bikin ga enak saat riding. Klo glove sudah basah biasanya malah terasa lebih dingin ke jemari. Dijamin jadi kaku. Berbahaya bila harus terpaksa breaking atau tarik kopling. Repot kan…
4. Riding shoes. Nah ini nih kalo kaki sudah basah biasanya krasanya sampe ke tulang punggung. Buat yang satu ini bisa pake sepatu anti air yang berbentuk jas ujan atau malah pake sepatu boot seperti di iklan. Murah kok.
5. Lighting. Sehebat apapun lampu utama biasanya saat hujan tetap akan tidak maksimal. Genangan air di jalan membuat cahaya berpendar ke segala arah. Buat yang satu ini saran ane sih pake lampu dengan warna sedikit kuning biar masih bisa melihat jalan lebih baik. Jangan gunakan lampu yang bening atau putih. Selain menyiksa rider dari berlawanan arah, penglihatan kita pun jadi ga maksimal.
6. Lubang. Nah ini yang jujur bikin ane eneg sampe sekarang. Lubang saat hujan biasanya ga mudah untuk dideteksi. Genangan air membuat seolah-olah lubang tidak ada. Sempet kejadian velg ane peyang gara-gara kejadian ngehantam lubang saat hujan. Dari sini ane bisa ambil kesimpulan buat berjalan lebih lambat saat melewati genangan air. Jangan sampai tertipu….
7. Pasir dan tanah. Nah ini nih yang bikin motor sering tergelincir saat hujan. Saat hujan biasanya kotoran berupa tanah dan pasir keluar dari sela-sela aspal jalan. Tetapi dalam waktu beberapa saat akan terbawa air menuju sisi jalan. So, mending kalo hujan baru turun kita menepi sejenak atau menurunkan kecepatan. Bisrkan kotoran dari permukaan jalan terbawa ke sisi jalan dulu. Baru bisa gas lagi.
8. Tire. Nah kalo ini semua pasti tau. Tapi belum tentu semua mengamininya pada kendaraan masing-masing. Kemampuan grip atau cengkram ban biasanya tergantung oleh guratan dan jenis kompon yanh digunakan. Kompon keras biasanya lebih sulit beradaptasi deengan suhu rendah dan sebaliknya. Satu lagi guratan pada ban juga biasanya dilengkapi guratan untuk memecah genangan air. So pakai ban yang punya guratan pemecah air ya. Minimal untuk ban depan karena kontaknya lebih dahulu dibanding ban belakang. Guratan ini biasanya berbentuk garis lurus ditengah tapak ban.

Ok. Ane cuma dapet ide nya segitu monggo kalo ada uang mau nambahin…..

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Rain

  1. Yoshi berkata:

    Visor helm harus bagus kalo mau riding hujan-hujanan

    Suka

  2. Motorseo berkata:

    Yang pake kaca mata pasti males kalau hujan

    *pengalaman :mrgreen:

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.