BERAS……

Image

Kalo kata Orang Sunda “can dahar sangu asa can dahar” (kalo belum makan nasi berasa belum makan)

 

Assalamualaikum…….

Semua pada sibuk dengan naiknya harga BBM alias bahan bakar minyak bersubsidi yang katanya sudah ditetapkan naik menjadi Rp. 6500 per Liter, buat ane sih ga terlalu masalah, toh dulu pernah naik dengan harga yang sama dan si Maung udah biasa dicekok yang warna biru. Cuma jeleknya pedagang di Indonesia latah sebelum keputusan itu kemarin keluar, jadi harga naek ga terbendung, padahal ongkos angkutan umum pun belum ditetapkan naik…. dasar pedagangnya aja yang mau curi start….. Menurut ane ya sob….

Kenaikan BBM biasanya berdampak pada kenaikan Sembilan Bahan Pokok atau yang biasa kita sebut SEMBAKO, yang salah satunya beras. Beras merupakan salah satu makanan pokok bangsa Indonesia, walau di beberapa daerah mungkin fungsi beras ada yang disubtitusi oleh jagung, tiwul, gandum dan sebagainya. Zaman Pak Soeharto menjabat jadi orang No 1 mungkin berkesan BERASISASI di Indonesia, sampai pada akhirnya kita pernah mengalami Swasembada pangan, kemajuan pertanian saat itu menjadikan Indonesia boleh dibilang makmur. Boleh di bilang Indonesia yang kaya akan alamnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah jaman itu. Boleh kita bandingkan dengan saat ini yang mana makanan pokok macam beras saja kita harus Import, ada 5 Negara yang jadi Importer Beras buat Negara kita yang katanya kaya ini, kita bahas satu persatu ya :

  1. Amerika Serikat (USA). Negara Adi daya ini menjadi salah satu pengeksport bahan makanan pokok ke negara kita, Bayangkan saja Negara besar satu ini membudidayakan tanaman padi untuk mengeksport ke Negara yang katanya alamnya kaya ini. Sebanyak 347 ton beras impor masuk dari negara adikuasi ini ke Indonesia dengan nilai US$ 396 ribu. Untuk bulan April, sebanyak 173 ton beras impor senilai US$ 170 ribu dari negara Paman Sam ini.
  2. India. Negara Bollywood ini masuk ke dalam jajaran pengirim alias pengekport Beras ke Indonesia , Bayangkan sebanyak 16 ribu ton dengan nilai US$ 8 juta sepanjang tahun 2013 ini. Pada bulan April, negara Bollywood itu hanya memasukkan 220 ton beras ke tanah air dengan nilai US$ 157 ribu.
  3. Pakistan. Negara ini mengeksport 37 ribu ton beras impor dari Pakistan yang masuk ke Indonesia dengan nilai US$ 15 juta dari Januari sampai April 2013. Pada bulan April saja, sebanyak 17,6 ribu ton beras dengan nilai US$7 juta telah masuk ke tanah air.
  4. Thailand. Selain mengekport motor Sport ke Indonesia, Negara Seribu Pagoda ini merupakan negara yang memasok beras terbanyak. Sejak bulan Januari hingga April, sebanyak 30,3 ribu ton beras impor telah masuk ke tanah air. Negara Indonesia pun menggelontorkan uang US$ 20,3 juta untuk membeli beras dari negeri Gajah Putih itu. Pada bulan April saja, sebanyak 12 ribu ton beras dari Thailand dengan nilai US$ 7,5 juta masuk ke Indonesia.
  5. Vietnam. Indonesia memasok beras paling banyak dari negara ini. Bayangkan dalam empat bulan terakhir, sebanyak 83 ribu ton beras dengan nilai US$ 46,3 juta masuk ke Indonesia. Untuk bulan April saja, sebanyak 22,6 ribu ton beras dengan nilai US$12 juta datang dari negara tersebut.

Sumber Detik.com

Nah sekarang bisa kita ketahui kan bahwa Negara kaya ini sudah terlena dengan gaya hidup konsumtif. Beli beli dan beli. Indonesia yang harusnya bisa jadi produsen bergeser menjadi hanya sebagai konsumen. Apakah negara ini cuma jadi PASAR??? Masih berbangga dengan kondisi kita saat ini??? bukan bermaksud flashback atau melihat ke masa jaman pemerintahan Soeharto, bukan juga ane seorang pembela partai dan keluarga Cendana, tapi lihat sisi baik dari perjalanan beliau saat menjabat. Tanya hati nurani masing-masing dan jawab dengan jujur buat yang pernah merasakan jaman kepemimpinan Beliau. MASIH ENAK KAPAN dibanding saat ini???

 

Any Advice?????

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi. Tandai permalink.

15 Balasan ke BERAS……

  1. Mas Sayur berkata:

    di kemanain b eras petani kita..? benar benar nggak mencukupi atau dijual keluar secarA terselubung lalu beli lagi dari luar yg lebih murah lewat jalur resmi untuk di ambil selisih keuntungannya… *sory..ini cuma opini ngawur…

    Suka

    • macantua berkata:

      nah itu mas yang ga jelas, soalnya yang ada Import beras semakin menjadi, entah faktor apa, mungkin dibalik itu semua seperti kasus daging sapi import, kekuasaan dan uang…..

      Suka

  2. makanya mending pemilu besok golput.
    ane jadi seorang golputers sejak kejatuhan era gusdur. setelah itu ane golput total sampe sekarang. bahkan pilkada pun golput.

    gak ada yang bener…

    Suka

  3. Farrel berkata:

    Kasihan ya negeri kita segalanya segalanya harus impor hiks 😦

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.