Pesan Hari ini : Gunakan Helm dengan Benar…..




Image

Salamualaikum…..


Hari ini, hari yang besar, Hari Jumat. Hari ini juga merupakan hari berpulangnya salah satu Ustadz kenamaan Indonesia Jefry Albuchory yang masih relatif muda (40tahun). Kecelakaan tunggal tengah malam di daerah pondok indah ini mengantarkan sang Ustadz kembali ke pelukan ALLAH Sang Pencipta. Dari kejadian kecelakaan tadi malam didapatkan bahwa helm Ustadz terlepas dari kepala Ustadz saat kecelakaan berlangsung sehingga helm tidak dapat melindungi/meminimasi akibat dari kecelakaan tersebut.

Kembali ke judul, Helm adalah pelindung kepala. kerjanya adalah meminimasi benturan langsung saat kecelakaan berlangsung. Kalo macam helm untuk Riding kita pasti sudah tau, mulai dari type Half Face sampai dengan type Full Face. Setiap type punya kemampuan maksimal perlindungan terhadap kepala. Tetapi, walau helm Ful Face yang notabene bisa melindungi lebih maksimal pun akan tidak berguna tak kala tidak digunakan dengan benar. Ingat kejadian kecelakaan Motogp saat seri Sepang beberapa waktu lalu yang juga menewaskan Simoncelli. 

Gimana sih cara pakai helm yang benar agar kerja helm maksimal????? yang jelas ga cuma asal masuk kepala bro…. kita mulai satu-satu ya…

  1. Pilih ukuran yang tepat. setiap pabrikan helm pasti mengeluarkan produk dengan beberapa ukuran. so pilih helm sesuai dengan ukuran kepala kita biar ga terlalu sempit atau terlalu longgar, karena keduanya ga bagus. terlalu sempit bisa menyebabkan aliran darah ke kepala ga maksimal. kalau terlalu longgar juga bahaya karena kerjanya gakan maksimal. Cara ngeceknya gimana? gampang bro taro aja kedua tangan di kedua sisi helm. Jika anda merasakan bantalan bergeser pada kepala, berarti helm anda kebesaran. Dan jika telinga kiri dan kanan terasa sakit, berarti helm kekecilan.
  2. Ikat pengikat helm. Nah ini nih yang kadang lupa buat dilakukan, pada setiap helm pasti ada tali pengikat, ada yang tipe klik on sampai double D ring. pastikan sampai terpasang dengan benar (berbunyi klik untuk yang type strap dan Klik on, klo Double D ring gada suara tetapi terasa terikat. kemudian atur kekecangan talinya, jangan terlalu kendor, jangan juga terlalu sempit. cara periksanya gimana??? Letakkan kedua tangan di belakang helm dan coba tekan helm dengan memutarnya ke depan. Letakkan kedua tangan di depan dahi (atau pada pelindung pipi) dan coba dorong helm dengan memutarnya ke belakang.
  3. Posisi penglihatan. nah ini juga jadi faktor maksimalnya helm, jangan terlalu ke atas atau kebawah, agar pandangan kita tetap maksimal saat berkendara.
  4. Pastikan Helm belum kadaluarsa. Orang Indonesia biasanya selama masih bisa digunakan ogah ganti helm, padahal helm ada umurnya loh bro. info sih katanya 3-5 tahun pemakaian helm harus ganti, karena kekuatan helm mungkin sudah berubah drastis setelah lama digunakan (kepanasan, kehujanan bahkan dijemur diparkiran).

Kira-kira itu aja bro yang bisa ane share….mudah-mudahan berguna, kalo ada yang mau nambahin silahkan….

 

Ingat…..Mobil punya Bumper saat tabrakan, Motor hanya bunya tulang pengendaranya!!!!!!! Minimasi akibat kecelakaan semaksimal mungkin dengan penggunakan peralatan keselamatan dengan cara yang benar.

 

Any Advice????????


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







23 Comments

  1. Lebih baik beli helm yg bagus, walau mahal tapi mampu memberi perlindungan dg baik. Sering memang saya lihat orang pake helm asal aja. Ada yg asal nempel di kepala spt topi hehe..

  2. kemudian helm yang sudh jatuh parah, bokap pernah ngalamin soalnya. dia terjatuh dari motor (ditabrak dragster professional) di jalan umum cikarang. sehingga terpental (gpp sih), dengan kepala ikut membentur aspal. cuma puyeng aja, pas ane cek di shell luar nya udah retak dengan sempurna + busa di dalamnya sudah mulai mengalami keretakan.

    akhirnya ane pensiunkan helm itu dan beli helm baru. helm yang dipakai ketika itu adalah helm hadiah dari suzuki…

    kalo helm cetok kemungkinan sudah gak ada…

    🙁

  3. Bang macantua, sebelum ada aturan helm SNI aku dan om pake helm buluk alias abal2. Tapi pas ada aturan helm SNI aku dan om langsung deh beli yg SNI, harganya 65 ribu dan sampe sekarang masih aku pake walaupun aturannya cuma anget2an( cuma diawal2 doang gencarnya), sekian pengalamanku.

      • Helmku sama om merknya VCT mas belinya di emperan daerah Ragunan 🙂 umurnya kalo gak salah udah setaunan lah( udah mau 2 taun) dan Alhamdulillah hemnya masih baik2 aja paling kotor doang,kalo nyuci bisa 12 ribu per helm hehehehe 🙂 abis duitnya blm keluar2 sih 🙁

  4. helm mds full face udah 4 thun lebih, masih bagus sih karna jarang pake, pakenya klo lg keluar kota aja nyimpanya pun masih pake sarung helm paling cmn kotor debu aja

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.