Yaris Y20 Mejeng di Paris Motor Show 2018 Sebagai Hadiah Ulangtahun ke 20-nya




Macantua.com – Peringati 20 tahun kehadiran Yaris, Toyota memboyong Yaris Y20 untuk mejeng di Paris Motor Show 2018. Paris Motor Show bisa dikatakan sebagai pameran otomotif yang bersejarah bagi Toyota. 20 tahun lalu, tepat saat Paris Motor Show 1998, Toyota memperkenalkan hatchback barunya yang bernama Yaris. Seiring berjalannya waktu, Yaris makin diminati oleh orang Eropa dan mampu menjadikannya salah satu tulang punggung penjualan Toyota di Eropa.

Karena alasan itulah Toyota rela membuat Yaris edisi khusus untuk pasar Eropa yang diberi nama Yaris Y20. Yaris Y20 akan dipamerkan satu bulan mendatang pada Paris Auto Show 2018, pameran otomotif yang sama ketika awal peluncurannya. Ingin langsung menyaksikannya? Kamu bisa memesan tiket maskapai Korean Air untuk datang ke Prancis dan melihat langsung salah satu perhelatan otomotif terakbar di Eropa.

Dengan embel-embel Y20, apa saja perbedaan yang terdapat pada Yaris ini? Mari cari tahu pada artikel berikut!. Perbedaan sebuah mobil dengan embel-embel edisi khusus pasti memiliki perbedaan pada setiap sektor, terutama eksterior. Nah, pada Yaris Y20 terdapat banyak perbedaan yang langung bisa terlihat dari sisi eksterior. Namun kabarnya, perbedaan tidak hanya ada pada eksterior tapi juga meliputi interior hingga fitur. Apa saja perbedaan Yaris Y20 dengan Yaris standar? Dari sisi eksterior perbedaan paling terlihat dari pewarnaan body mobil yang dilabur warna emas, perlu kamu ketahui bahwa warna ini sama seperti saat debut pertama Yaris di Eropa 20 tahun silam. Body berwarna emas terlihat serasi dengan atap berwarna gelap, Y20 makin terlihat segar dan tidak monoton akibat perpaduan warna ini. Perbedaan warna juga terlihat pada side body moulding, spion, sekeliling fog lamp, hingga grill yang kesemuanya diberi sentuhan warna gelap. Warna gelap yang berpadu dengan cat emas pada body sukses menimbulkan kesan sporty pada Yaris Y20 ini.

Untuk mempertegas bahwa mobil tersebut adalah edisi khusus, Toyota menyematkan emblem Y20 pada pilar C hatchback ini. Melihat bagian kaki-kaki, terutama velg, Toyota juga membekali Y20 dengan desain velg terbaru yakni velg alloy 16-inchi palang 10 dengan sentuhan akhir berwarna hitam glossy dan silver. Bagian eksterior selain yang disebutkan di atas masih sama dengan Yaris standar, yakni masih mengandalkan headlamp dengan DRL LED yang cantik saat menyala pada malam hari hingga stoplamp melancip yang sporty.


Masuk ke dalam kabin Y20, di sana kamu akan melihat perbedaan pada jok mobil hingga fitur hiburan. Kamu akan disuguhkan dengan kabin bernuansa gelap, hal ini di karenakan warna abu-abu yang mendominasi kabin Y20. Terlihat mulai dari stir, konsol tengah, hingga jok yang terdapat bordir logo Y20, semuanya berwarna abu-abu. Tentu hal ini bukan menjadi hal buruk, karena dengan pewarnaan gelap pada kabin akan menimbulkan kesan mewah dan elegan saat berada di dalamnya. Perlu  diketahui juga bahwa tidak semuanya berwarna abu gelap, misalnya pada jok, walaupun di dominasi warna abu gelap, Toyota memberikan sentuhan abu terang pada sisi kanan maupun kiri jok yang berlanjut hingga headrest. Setengah dari bagian punggung dan alas jok juga diberi warna abu yang lebih terang dibanding warna pada bagian tengah headrest.

Yang menarik dari Yaris Y20 ialah penyegaran terhadap fitur hiburan atau sistem multimedia. Sistem multimedia yang berada di tengah dashboard ini dapat memudahkan konektivitas antara gawai kamu dengan mobil ini. Dengan satu sentuhan pada layar multimedia, maka seketika gawai akan terhubung dengan sistem dan sistem ini akan melakukan mirroring. Dengan sistem mirroring, kamu akan sangat terbantu karena sistem ini bisa melakukan berbagai hal mulai dari menelpon, navigasi, dan lain sebagainya.

Mesin Sampai saat ini belum terdengar kabar yang mengatakan jika mesin akan mengalami perubahan seperti yang terjadi pada eksterior maupun interior Y20. Disinyalir Yaris Y20 akan tetap menggunakan mesin berkapasitas 1500cc dengan ledakan tenaga hingga 111 dk dan torsi mencapai 136 Nm. Mesin ini sama seperti mesin Yaris standar yang telah mengalami facelift pada 2017 lalu. Untuk mesin ini, catatan akselerasi mendapat hasil yang lebih baik dari pada versi lawas. Mesin 1.5 L ini dapat melaju dari 0-100 kpj hanya dalam 11 detik, artinya mesin ini lebih cepat 0.8 detik dibanding mesin lawas yang memiliki kapasitas 1.3 L. Selain itu, mesin Yaris facelift diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 12%.

 

 

Nah kalau bicara harga,harga Yaris Y20 masih samar-samar, mengingat mobil ini baru akan diperkenalkan bulan depan saat Paris Motor Show 2018. Tak ada salahnya bila berkaca pada harga Yaris facelift yang telah beredar sejak tahun lalu. Di Eropa, tepatnya di Inggris, Yaris facelift tipe terendah dibanderol dengan harga £12.495 atau setara dengan Rp 219 juta-an (1 Euro = Rp 17.561) dan tipe tertinggi yakni hybrid dibanderol dengan harga £15,995 atau bila di rupiah kan sama dengan Rp 280 juta-an. Tidak menutup kemungkinan harga yang dipatok Toyota untuk Y20 akan mendekati Yaris facelift. Gimana sob? Ngiler ga sama warna emasnya? Mewaaaahhhh….
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.