Tips Ringan Merawat Yamaha RX King, Trengtengteng Tengteng




Macantua.com – Numpak… Numpak .. numpak RX King….Trengtengteng Tengteng Trengtengteng tengteng… (bacanya jangan sambil nyanyi yak wkwkwk). Siapa ga kenal sama motor legendaris Yamaha satu ini sejak kelahirannya di tahun 80an sampai sekarang kharismanya ga pernah hilang malah makin bertambah. Yup, Yamaha RX-King merupakan salah satu motor sport legendaris dari Yamaha yang masih eksis di Tanah Air sampai saat ini. Tak ayal motor 2-tak ini menjadi primadona di kalangan kaum Adam pecinta roda 2 berkat desain simple nya yang khas dan performanya yang spontan dan kencang!


Saking legend nya ini motor di Indonesia, di pasar jual beli motor Yamaha , motor satu ini masih banyak yang cari lho sob. Harganya pun ga kira kira, bahkan buat motor “re-build” saja harga Yamaha RX King bisa bikin kantong pegawai kantoran biasa seperti ane jebol. Hehehe gokil ga tuh… Namun namanya juga motor berusia alias tuir, tentu saja performa Yamaha RX King akan terus menurun. Tapi ga perlu khawatir sob,  ane bakal kasih tau beberapa  bagian dari RX King yang perlu diperhatikan sebagai perawatan rutin dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa aja? Hayu kita bahas :

1. Oli Samping
Motor bermesin 2-tak sangat mengandalkan oli samping untuk membantu sistem pembakarannya. Oleh karena itu, pastikan volume oli samping pada reservoir masih dalam kondisi yang cukup. Apalagi kalau perjalanan jauh, disarankan untuk membawa oli samping cadangan selain yang tertampung di dalam reservoirnya. Bahkan bila perlu, campurkan oli samping ke dalam tangki bensin sebanyak 50 milimeter. Tujuannya agar tangki tidak karatan dan menjaga kinerja piston yang bekerja. Nah kalau bisa gunakan jenis oli samping yang bagus, yah ada harga ada rupa sob. Biasanya oli samping tersedia dalam type low smoke, jadi ga terlalu ngebul saat digunakan berkendara harian.

 

2. Oli Mesin
Tidak seperti oli samping, memang oli mesin Yamaha RX-King tidak perlu sering-sering diganti. Pergantian oli bisa dilakukan setiap 5.000 km atau sekitar tiga bulan sekali. Namun karena oli ini jarang intensitas penggantiannya, terkadang user motor 2 tak lupa sama keberadaan oli mesin ini. Saran ane sering check dan bila oli mesin berada di bawah garis maksimal, sebaiknya segera tambahkan, agar kinerja mesin tetap sempurna. Jenis oli yang digunakan Yamaha RX-King memiliki tingkat viskositas SAE 20W-40. Saat waktunya ganti oli, volume yang dibutuhkan dikit banget sob, hanya sekitar 650cc. Ini jelas lebih sedikit daripada volume oli dalam botol yang dijual yang rata rata 800 hingga 1000ml. Sisanya? Terserah kamu deh mau dikumpulin atau gimana lumayan soalnya.

3. Saringan Udara
Kondisi saringan udara pada Yamaha RX-King biasanya sering luput dari perhatian. Filter Yamaha RX-King masih memakai busa. Ya busa busa kaya sponge buat cuci piring gitu bentuknya. Beda dengan filter-filter pada motor keluaran sekarang yang rata rata sudah pakai filter kertas. Nah, untuk mengetahui kondisi filter tersebut, cukup dilihat apakah warna kuning khas busa tersebut sudah berubah menjadi hitam pekat atau belum. Kalau warna busa sudah jadi hitam, berarti ini sudah jadi tanda banyaknya kotoran yang menempel di sana. Semakin banyak kotoran menempel di filtet udara maka akan semakin sedikit asupan udara yang masuk ke karburator. Motor bisa terasa berat bahkan cenderung tak bertenaga, dan boros bahan bakan tentunya  sob. Gimana cara bersihinnya? Cara bersihin filter ini sangat mudah, cukup dicuci dengan air sabun kemudian dikeringkan hingga tidak ada lagi air yang tersisa di dalam busa. Gampang tho?

 

Oke sob, kira kira itu tips simple perawatan Yamaha RX King dari ane, yah sebenarnya tips ini bisa dipakai untuk semua jenis motor 2 tak lainnya. Semoga bermanfaat yak….. Trengtengteng tengteng trengtenteng tengteng

 

 
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







4 Comments

  1. Wuih iku foto rx king 2003 ku. K3957TK.

    Ta poto pake canon 6D lens 24-70 f2.8 karo lampu studio di rumah bbrp taon kepungkur.

    Muantep sayange uwis ta lepas ganti ninja 150rr

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.