TVS 310 RR, BMW 310 Dalam Bentuk dan Harga Berbeda




Ini di negeri asalnya ya…

Macantua.com – Perjalanan ke Pekan Raya Jakarta weekend lalu memang banyak menyisakan cerita sob. Mulai dari launching Suzuki Nex II Nasional sampai nonton bareng aksi pembalap lokal di ajang WSSP 300 lengkap semuanya. Namun ada yang terlewat kalau ga bahas pabrikan asal India yang memperkenalkan yah bahasa kasarnya memajang 2 unit motor berkubikasi 312cc yang merupakan hasil kerjasama antara TVS dan BMW. Yup kalau kita di BMW kenal yang namanya BMW G310 R dan BMW G310 GS maka dari TVS ada saudaranya dalam bentuk dan tentu saja harga yang berbeda. Yup TVS 310 RR, bentuk dan harga berbeda dari versi BMW nya.

Kaya apaan coba? Xixixixi

Banyak hal yang menarik sebenarnya dari sosok TVS 310 RR ini. Motor sport full fairing pertama yang diboyong TVS secara Completely Built Up alias CBU dari negeri asalnya India. Mesinnya bisa dibilang sama plek dengan G310 nya BMW. Moncong exhaust terletak di belakang dan intake berada di depan membuat motor ini nampak kopong di area tengah namun padat di bagian depan. Yang bikin ga nyangka adalah dimensinya yang bisa dibilang cukup besar namun tetap terlihat compact. Lampu depan sudah LED dengan projector,lampu belakang dan sign pun sudah LED. Bahkan kokpitnya dibekali dengan speedometer full digital yang kalau pertama liat bakalan aneh. Kaya papan permainan alias game watch tetris jaman ane kecil dulu. Pembacaan putaran mesin atau Tachometer juga naik ke atas bukan menyamping ke kanan seperti pada motor yang pakai speedometer pada umumnya. Coba deh perhatikan kokpit alias dashboard TVS 310 RR di atas.


Yang menarik selanjutnya dari TVS 310 RR adalah kaki kakinya, kalau kamu melihat bagian ini kamu pasti bakal malu malu mengatakan kalau motor ini sudah ganteng di bagian kaki kaki sejak lahir. Sebut saja suspensi depan sudah dibekali dengan up side down suspension alias USD berwarna kuning emas meski belum bisa diatur kekerasannya. Merknya ane ga bisa menilik lebih detail soalnya ga ketemu buatan siapa. Bagian belakang pun sadis, sebuah swing arm almunium casting dipadu dengan velg lebar memberikan kesan gagah selanjutnya pada motor ini. Kedua suspensi ini tentu saja memberikan kesan yang seimbang dengan bentuk sasis atau frame teralis besar yang dibalut warna menggoda. Ga cuma sampai di situ, sistem pengereman juga sudah dibekali dengan Bybre yang merupakan anak dari Brembo baik di sisi pengereman ban depan maupun ban belakangnya. Dan ingat, pengeremannya sudah ABS alias ANTI-LOCK Braking Sytem. Bukan Asal Bisa Stop ya sob hahahaha dan pastinya sisi kaki kaki dan pengereman ini bisa jadi sembako modif buat yang punya motor batangan. Yakin dah….

Dah, kita melanjut ke ergonomi. Ane mencoba menaikinya dengan penuh kehati hatian (katanya sempat ambruk oleh pengunjung). Secara ergonomi motor ini masih bisa dibilang nyaman, posisi jok ga terlalu tinggi, hanya saja saat mencoba menaikinya stabd paddock masih menempel jadi bagian buritan motor dipaksa naik sekitar 10cm dari posisi aslinya. Andai posisi ban belakang menapak kita bisa tau lebih lanjut setinggi apa sih buat ane yang punya tinggi badan 174cm.

Nah lanjut deh ke harga . Motor ini punya daya tarik yang maksimal di sisi harga, kalau bisa dibilang harganya hanya separuh dari BMW yang juga dijual di Indonesia. Yup harga TVS 310 RR ini hanya 49 juta saja untuk OTR Jakarta. Harga yang sadis buat mesin yang sudah masuk ke angka di atas 250cc dimana regulasi di Indonesia untuk kubikasi mesin motor di atas angka 250cc wajib kena pajak barang mewah yang pajaknya gila gilaan.

 

 

Lalu apa yang ga menarik dari motor ini? Nanti ane bahas di artikel selanjutnya ya… Karena setiap sisi menarik pasti saja dibarengi dengan sesuatu yang kurang menarik di mata ane. Untuk detailnya nanti ane bahas lebih lanjut. Sampai di sini dulu. To be continued…. Ciao
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.