Segini Konsumsi BBM ala MID All New PCX 150 Di Kemacetan Jam Pulang Kerja Kota Bandung




Macantua.com – Melanjut artikel sebelumnya tentang All New PCX 150 nih sob. Kalau sebelumny kita bahas soal bagaimana menggunakan smart key system nya All New PCX 150, sekarang kita coba mengetahui konsumsi bbm all new PCX 150. Kali ini ane mau mencobanya di kemacetan Kota Bandung, dan ga sekedar macet, tapi macetnya Kota Bandung saat jam pulang kerja. Kira kira dapet berapa yak kalau disiksa dikemacetan dengan gaya berkendara yang gaspol rem pol? Yuk kita bahas.

Oia, sebagai catatan All New PCX 150 yang ane bawa ini odometer awalnya sekitar 200km an. Dalam artian motor masih dalam masa enrayen ya sob. Ane mengisi bensin berjenis Pertamax di SPBU di area Batas Kota Bandung. Motor ane bawa dengan gaya seenaknya, tarik gas seenaknya, kosong gas pol saat macet ya selap selip kadang diam. Bobot rider cuma 60kg an dan kemacetan yang dilewati mulai dari middle sampai ke hard traffic jam. MID fuel consumptionnya ane reset sebelum jalan.

Perjalanan ane mulai dari kantor Daya Adicipta Motora di Batas Kota, lewat jalan Garuda ke arah By Pass (Soekarno Hatta) menuju check point pertama yakni RS Al Islam. Ane belum menemukan kemacetan berarti saat melintasi batas kota. Jam masih menunjukkan pukul 15.30 an, artinya jam kerja belum totally bubar. Pertama masuk ke area by pass (soekarno hatta) ane masih belum menemukan kemacetan, gas masih bisa ane tarik maksimal namun sesaat ane menikmati luasnya jalan lampu merah dengan kemacetan sedang menghadang di perempatan Pasir Koja. Yowis nikmati saja. Idling Stop System pun bekerja mematikan mesin saat macet dihadapi. Lepas Pasir Koja jalan sedikit lengang, namun jalan bumpy menanti. Ternyata suspensi motor ini lumayan juga redamannya buat jalan keriting. Sampai akhirnya ane melewati beberapa kemacetan khas perempatan Kopo, Cibaduyut, Moh Toha, Buah Batu dan Samsat Kircon yang buat orang Bandung pasti hapal banget gimana nikmatnya di jalur ini saat jam pulang kerja. Hahaha macet poooolllll….maju dikit diem lagi maju dikit diem lagi. Kalau pake motor manual kopling ya selamat dah. Dan akhirnya sampai juga di RS Al Islam dengan waktu tempuh sekitar 40 menitan.

Beristirahat sebentar sambil menjenguk Teteh yang sakit deh di sini. Ga lama ane gas lagi melewati kemacetan by pass. Dari arah RS Al Islam kini ane menuju check point kedua yakni Bimbel Tridaya di Jalan Buah Batu. Melewati 3 lampu merah yang merupakan lampu merah horor di Bandung yang 2 diantaranya ane lewati saat berangkat yakni Perempatan Samsat Kircon dan Perempatan Buah Batu. Di sini jam sudah menunjukkan jam pulang kerja sekitar jam 4.30. Rasanya lebih macet dari saat menuju Al Islam sob. Buat yang hapal trek ini pasti ngerti betapa serunya kemacetan di sini. Perjalanan kali ini menempuh waktu yang cukup lama untuk jarak yang bisa dibilang dekat. Kembali 40 menit ane nikmati bersama All New PCX 150. Hingga sampai di Tridaya Buah Batu.

Dari Tridaya Buah Batu ane menempuh jalan ke arah utara. Jalur kemacetan selanjutnya yang sengaja ane pilih melewati jalan Asia Afrika, menembus kemacetan Alun Alun Kota Bandung ke arah jalan Sudirman hingga sampai batas Kota Bandung. Macetnya jangan ditanya hahahaha sedap buat jam segituan. Sepanjang jalan motor hanya bisa dipacu maksimal 40kmph, itu pun saat sedikit lengang, selebihnya hanya maju dikit rem selap selip melewati barisan mobil. Jalan sedikit lengang ane temui saat melewati Cibeureum melintasi fly over Cimindi dan harus kembali bermacet macet ria mulai dari Pesantren sampai ke Alun Alun Cimahi. Sampai akhirnya setelah melewati kemacetan Haji Gofur ane sampai di rumah dengan selamat. Alhamdulillah All New PCX 150 ini memberikan kenyamanan dalam berkendara meski dalam kemacetan jam pulang kerja di Kota Bandung.

Odometer terakhir 284km
Tota trip 57,1km, konsumsi bbm 36,2kmpl

Lalu berapa konsumsi bbm yang ane dapat dari perjalanan di kemacetan Kota Bandung saat jam pulang kerja bersama All New PCX 150 ini? Ternyata relatif irit sob. Ane mendapatkan angka 36,2 km untuk setiap liternya dengan jarak tempuh yang ane lewati sekitar 57,1 km. Yah buat motor yang masih dalam masa enrayen, dengan gaya riding yang gas pol rem pol dan kemacetan yang ga usah ane jelaskan lebih lanjut deh. Hahahaha…. Gimana kalau dibawa di jalan lapang, atau dibawa touring jauh dengan kondisi jalan kosong ya? Tar deh ane cobain buat dipakai jalan jauh untuk mengetahui konsumsi bbm saat dipakai touring baik secara MID dan secara metode full to full ya.

 

 

Last, kira kira gitu dulu cerita soal konsumsi bbm All New PCX 150 di kemacetan jam pulang kerja kota Bandung. Nantikan kisah selanjutnya dengan All New PCX 150 di macantua.com ya. Ciao
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







13 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Test Touring All New PCX 150, Konsumsi BBM nya Cuma Segini | macantua.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.