Komparasi CBR250RR vs New Ninja ala Gridoto, Akslerasi dan Topspeed CBR Menang!





Macantua.com – Kelas 250cc memang kelas yang panas di pasar roda dua Indonesia. Dan kelas ini sedang panas panasnya antara CBR250RR vs New Ninja 250 yang merupakan produk dari Honda dan Kawasaki. Nah kalau selama ini cuma main data kini otomotif melakukan percobaan secara langsung untuk kedua motor ini. Keduanya dikomparasi secara lengkap mulai dari desain, ergonomi, fitur, konsumsi bbm sampai performa yang meliputi akslerasi dan top speed. Bagaimana hasilnya? Sedikit bocoran, CBR250RR menang di sisi performa! Mau tau lebih lengkapnya? Hayu kita bahas.


Dari sisi desain menurut otomotif, keduanya hadir dengan desain yang berbeda genre. Kalau bisa dibilang CBR250RR dibuat lebih race ready sementara New Ninja 250 lebih ke arah sport touring yang dinamis. Hal ini terlihat dari desain yang mana CBR nampak lebih agresif jika dibanding Ninja yang cenderung sedikit lebih kalem. Secara dimensi bisa kita lihat kalau CBR250RR lebih panjang dan lebih lebar, namun dari tinggi Ninja sedikit lebih tinggi. Tingginya Ninja 250 ini membuat motor ini nampak lebih besar jika dibandingkan dengan CBR. Nah dimensi dan karakter desain ini juga mempengaruhi ergonomi sang motor. Sisi agresif CBR250RR diperkuat dengan posisi stang underyoke dan posisi footrest yang sedikit bergeser ke belakang membuat posisi riding lebih menunduk ala ala motor balap. Hal ini tentu bertolak belakang dengan Ninja yang posisi stangnya ada di atas layaknya Ninja sebelumnya, posisi footrest pun sedikit lebih maju ke depan sehingga segitiga ergonomi motor ini cenderung tegak layaknya sport tourer. Dari sini saja terlihat kalau Ninja akan lebih cocok dipakai untuk harian alias daily use.

Masuk ke sisi fitur. Dari sisi fitur Honda memberikan suspensi depan upside down dan swing arm belakang alumunium casting yang menjamin riding experience yang lebih presisi saat berpacu ditikungan. Sementara Ninja 250 terbaru masih dibekali suspensi depan teleskopik dan swing arm belakang masih pakai besi kotak. CBR juga unggul di sisi fitur elektronik. Penyematan Throttle by wire membuat motor ini memberikan 3 riding mode yang langsung dikendalikan oleh ECU. Sementara Ninja 250 masih menggunakan steel wire untuk mengatur bukaan gas nya. Alasannya Kawasaki ingin memberikan sensasi natural dalam berkendara Ninja ini lewat setiap derajat putaran Throttle. Speedometernya pun menyempurnakan konsep desain keduanya. Kalau di CBR Honda memberikan fitur fitur yang lebih racy, kalau Ninja nampak lebih ke arah kenyamanan riding jauh. Ini sebab di Ninja terdapat fitur Range dan eco indicator sementara CBR justru menyematkan shifting light dan laptime recorder di speedometernya.

 

 

Masuk ke sisi performa, keduanya di adu dengan menggunakan racelogic. Di sisi akslerasi CBR250RR menang tipis dari sang Ninja. Untuk 0-60kmph, 0-80kmph dan 0-100kmph CBR250RR hanya butuh waktu 2,8 detik, 4,2 detik dan 6,2 detik. Sementara New Ninja 250 harus membutuhkan waktu 2,9 detik, 4,6 detik dan 6,7 detik untuk kecepatan yang sama. Ga hanya akslerasi, dari sisi topspeed pun Honda CBR250RR kembali menang dengan raihan 179kmph versi speedometer atau 167,4 kmph versi racelogic. Sementara Ninja 250 hanya mampu mencapai 174kmph on speedo atau 162,2kmph versi racelogic. Namun tentu saja performa akan berbanding dengan kebutuhan bahan bakar minyak alias bbm. Tercatat CBR250RR jauh lebih boros dengan konsumsi 25,1kmpl sementara Ninja 250 unggul tipis di 25,5km untuk setiap liter bbm nya.

Dah daripada penasaran tak berujung kayanya mending langsung tonton videonya aja di channel youtubenya Gridoto di bawah ini ya. Dari pada nanti ane dibilang hoax yak… Kalau mau minta test ulang atau ga terima sama hasilnya ke sana aja ya hahahaha


<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Facebook Comments







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.