Polisi Tegaskan Tak Ada Larangan Penggunaan GPS





Macantua.com – Beberapa hari lalu sempat heboh soal larangan mendengar kan musik saat berkendara, kemudian selang beberapa hari kemudian muncul lagi issue tentang ancaman tilang penggunaan GPS saat berkendara. Pokoknya beberapa hari terakhir ini lagi rame nih soal aturan yang tiba tiba menyeruak dan bikin heboh dunia otomotif. Nah menyikapi larangan penggunaan GPS, Divisi Humas Polri angkat bicara. Poisi tegaskan tidak ada larangan penggunaan GPS.

“Polri Tegaskan Tidak Ada Larangan Penggunaan GPS”
.
Polri menegaskan pihaknya tidak melarang penggunaan aplikasi Global Positioning System (GPS) yang ada di telepon genggam untuk mencari petunjuk arah saat berkendara. Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Halim Pagarra.
.
Selanjutnya Dir Lantas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, GPS boleh digunakan apabila telepon genggam tersebut diletakan di tempat tertentu dan tidak membuat pandangan mata pengendara terpaku pada layar. Yang tidak diperbolehkan adalah jika aplikasi tersebut digunakan dengan posisi-posisi yang menyalahi aturan dan menimbulkan konsentrasi pengendara menjadi menurun.
.
Pengemudi yang mengemudikan kendaraan dengan mengakses aplikasi ber-GPS bisa ditindak, apabila saat berkendara menggunakan satu tangan dengan alasan sedang mengakses GPS. Sebaiknya pengendara yang akan mengakses GPS menepi di tempat yang seharusnya, agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Dari penjelasan Divisi Humas Polri di atas yang tidak dibenarkan adalah menggunakan GPS hingga mengganggu konsentrasi mengemudi, Divisi Humas Polri pun menyarankan untuk berhenti sejenak jika ingin memastikan arah yang ditunjukkan oleh GPS. Kalau masih ngeyel nyetir sambil ngoprek GPS ya jangan salahkan kalau nanti ditindak tegas oleh aparat yang berwenang. Mungkin tindakan keras ini akan dilakukan untuk para pemotor yang hobi liatin Handphone dengan aplikasi GPS seperti ojek Online yang jumlahnya semakin menjamur di kot kota besar.

Ok, buat yang masih penasaran sama peraturan ini silakan diingat ingat. Jangan menggunakan GPS saat berkendara maksudnya kendaraan dalam kondisi bergerak dan tangan serta pandangan lebih banyak fokus pada layar GPS, bukan berarti ga boleh pakai sama sekali. Jadi penumpang di samping juga bisa membukakan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps, Waze atau sebagainya. Gimana sob?
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







3 Comments

  1. Masih ragu

    Inget kasus knalpot? Db meter aja ga punya main tilang padahal peraturan ngebolehin

    “Oknum” polisi lebih banyak bro

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.