Pentingnya Sepasang Kaca Spion





Macantua.com – Sebuah kecelakaan terjadi di daerah malang yang melibatkan seorang rider Ninja dengan sebuah truk pada senin kemarin di Bedali Malang. Sang rider pun dikabarkan meninggal dunia, namun sebuah informasi di lapangan menyatakan bahwa kecelakaan ini terjadi bukan karena kecepatan berkendara yang tinggi, namun karena sebuah fitur bawaan yang tidak digunakan secara semestinya. Yup, kaca Spion. Sebagai sebuah fitur standar bawaan pabrik yang berfungsi untuk melirik kondisi kendaraan dari arah belakang ternyata tak digunakan oleh sang rider.

Mengutip dari Motomaxone, berdasarkan keterangan seorang penjaga warung Nasi Pecel yang mengaku melihat kecelakaan tersebut menyampaikan bahwa sebenarnya Ninja ini melaju dengan kecepatan sedang atau bahkan agak pelan. Nah pas di TKP di depannya ada gerobak. Pengendara motor Ninja kemudian menghindari gerobak dan bergerak ke kanan. Tanpa disadari, di sebelah kanan dari belakang melaju truk box berkecapatan sedang. Maka Ninja pun tersambar truk box hingga terlempar dan pengemudinya meninggal.

Dari kasus kecelakaan di atas kita bisa melihat bagaimana pentingnya sepasang kaca spion di kiri dan kanan sepeda motormu. Bukan ane menyalahkan korban kecelakaan di atas ya sob, namun dari kecelakaan di atas kita bisa mengambil sebuah pesan tersirat bahwa bukan hanya helm, bukan hanya glove, boot, atau jaket mahal. Semua itu akan percuma saat sepasang spion tidak kamu gunakan sebagai mestinya. Kenapa ane bilang gini, karena rata rata user motor sport terutama sport fairing melipat spion yang sudah diberikan pabrikan. Ga hanya melipat, masih banyak juga yang melepas spion demi sebuah tampilan layaknya motor balap. Padahal motor digunakan sehari hari di jalanan umum.

Ane sih cuma bisa mengingatkan lewat tulisan ini. Keputusan untuk menjalaninya ya kembali ke usernya masing masing. Kan ane bukan polisi lalulintas yang bisa menilang. Tapi alangkah baiknya jika spion tetap digunakan, entah itu spion asli bawaan pabrik atau spion custom yang masih masuk standar untuk kemanan berkendara. Gimana sob? Apakah kamu salah satu yang doyan melipat kaca spion? Ciao

 
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







4 Comments

  1. Kan ane bukan polisi lalulintas yang bisa menilang.
    (Macantua, red.)

    ======

    Sekalipun saya belum pernah melihat polisi menilang spion lipat, Mang..maupun spion mini yang hanya berfungsi memantulkan pergelangan tangan rider..
    Bahkan di cegatan polisi resmi (razia), spion lipat/mini tetap lolos..
    Note : tempat tinggal di Surabaya..

    Kayaknya bagi pihak yg berwenang pun spion dilipat ataupun spion mini gak masalah asal tetap terlihat ada spion di motor warga..

    Entahlah..

  2. Di foto ane juga ga liat helm. Spion ditekuk, gapake helm pula..huff… moga jadi pelajaran buat biker yg lain deh ya..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.