Distribusi CBR250RR Kembali Nyungsep Di Awal 2018




All new cbr250rr
Pilihan warna CBR250RR

Cbr250rr performa

Macantua.com – Ga ada yang ga kenal sama motor fenomenal CBR250RR. Mulai dari prototypenya yang mejeng di Tokyo Motor Show hingga peluncurannya di Jakarta motor ini memang sangat banyak menghabiskan biaya promosi yang cukup besar. Promosi jor joran sejak pertama peluncurannya membuat motor ini cepat dikenal oleh  masyarakat pecinta roda dua. Terlebih buat mereka yang sudah bosan dengan tampilan motor sport 250cc yang begitu begitu aja. Tampilan mewah dengan bejibun fitur membuat CBR250RR motor sport paling advance di kelas ini baik dari sisi desain, mesin dan juga fitur. Namun siapa sangka kalau penjualannya semakin lama semakin merosot? Jangankan untuk melibas Ninja 250, untuk mempertahankan jumlah Distribusi CBR250RR tiap bulannya pun sulit, dan CBR250RR semakin nyungsep.

 

Coba deh kamu lihat data distribusi segmen sport 250cc dari November  2017 sampai Januari 2018 di bawah ini :

Sport 250cc
CBR250RR
YZF-R25 Ninja 250
November 2017
342 unit
157 unit 274unit
Desember 2017
334 unit
204 unit 198 unit
Januari 2018
307 unit
78 unit 890 unit

Sumber : pihak “asep” ketiga

Coba lihat angka pendistribusian CBR250RR di 3 bulan terakhir. Selama 3 bulan berturut turut CBR250RR hanya terdistribusi di angka 300an unit. Angka yang jauh dari target penjualan AHM saat motor ini diperkenalkan 2016 lalu. Dari angka 300an itu pun mengalami penurunan jumlah di setiap bulannya. Anggap saja bulan Januari lalu CBR250RR didistribusikan sebanyak 307 unit, jika dibagi dengan total hari kerja sebanyak 20 hari kerja berarti setiap harinya motor ini hanya diproduksi sebanyak 15 unit saja. Sedangkan setau ane kapasitas produksi line sport khususnya bisa mencapai 80 unit per hari nya atau sekitar 1600 unit sebulan. Anggap 15 unit per hari dibagi dengan 8 jam kerja, berarti setiap jam nya motor ini hanya diproduksi sebanyak 2 unit saja. Berarti 30 menit waktu per station untuk tiap 1 unitnya (dengan asumsi kalau line produksi dedicated untuk CBR250RR saja). hmmm…..banyak “temachi” nya nih pastinya.

CBR250RR Red Astra

Dengan waktu produksi yang sengang ini sebenarnya bisa jadi bahan untuk Honda memperketat kembali built in quality control dalam proses produksinya. Secara power sudah bagus, secara fitur sudah mumpuni, nama besar pun ga perlu diragukan lagi. Namun masih ada keraguan yang para pecinta roda 2 rasakan pada produk premium AHM satu ini. Jujur saja, selama kiprahnya sejak lahir terdapat beberapa kasus yang membuat para pecinta roda 2 sedikit “melotot” dengan motor satu ini. Motor mahal fitur canggih tapi terlanjur berimej sedikit negatif, ini yang menjadi PR besar untuk temen temen produksi di AHM. Toh kalau dibilang dikejar waktu, ane rasa 30 menit untuk setiap station itu waktu yang cukup panjang untuk bisa kembali melakukan pengecekan hasil proses kerja sebelum bergerak ke station selanjutnya.

 

Lalu bagaimana dengan penjualan apakah bisa naik bila proses kerja dipastikan benar benar hasilnya? Mungkin secara tidak langsung sob, namun sedikit demi sedikit dengan meminimasi problem sampai ke tangan konsumen melalui pemeriksaan lebih di setiap station kerja bisa mengembalikan imej besar nama CBR250RR sebagai motor sport 250cc yang punya desain modern, mesin powerfull dan fitur melimpah yang berkualitas sangat baik. Kalau status ini melekat, ga menutup kemungkinan distribusi motor ini akan semakin meningkat, dan juga ga menutup kemungkinan motor motor yang masuk status “Honda Bigbike” bisa dirakit bersamaan di Progress Line yang sama dengan CBR250RR nantinya.

 


Last, selalu ada hikmah dibalik sebuah keterpurukan. Dan memang mungkin Honda diberikan waktu berbenah untuk produknya secara keseluruhan. Terlebih Ninja sudah facelift dan gosipnya yZF R25 Facelift juga sudah terdeteksi akan segera dipasarkan yang memungkinkan persaingan akan semakin panas di 2018 ini. Gimana menurutmu sob?
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







6 Comments

  1. Amsyiong bener.. Begitulah pasar Indonesia. Yg paling bagus belum tentu paling laris. Modal besar honda bikin motor full fitur bakal tekor juga..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.