KLX 150 Mulai Tergerus Oleh CRF150L




Macantua.com – Sebuah kabar buruk untuk geng ijo alias Kawasaki Motor Indonesia. Motor yang selama ini menjadi tulang punggung penjualannya mulai terganggu oleh produk Honda yang belum lama hadir. Yup kita tahu kalau KLX 150 adalah pemasok 80% total unit yang dijual KMI. Dan kini pasarnya mulai tergerus oleh kehadiran CRF150L. Kawasaki mesti waspada nih.

Menurut data AISI yang ane comot dari Viva.co.id, distribusi penjualan Honda CRF150L ini bisa mencapai 4.931 unit di Januari 2018, angka distribusi ini bisa dibilang naik dari bulan-bulan sebelumnya di akhir tahun lalu yang merupakan awal kelahiran CRF150L yang rata-rata hanya di kisaran 3ribuan unit perbulan. Sementara Kawasaki KLX 150 series yang terdiri dari 4 tipe dan 8 pilihan warna, distribusinya mencapai 4.914 unit. Memang secara jumlah hanya menang tipis belasan unit. Namun, ini bisa jadi genderang perang yang AHM tabuh untuk Kawasaki.

Honda memang sedikit TEGA, market share diatas 70% ga membuat AHM berhenti menguasai pasar. Satu persatu segmen motor yang Honda belum ada produk sejenisnya dimasuki. Salah satunya ya segmen trail murah ini. Honda dengan pede masuk di akhir tahun lalu dengan menjual CRF150L yang diproduksi secara lokal dengan banderol kompetitif dan bonus fitur fitur yang ga dipunyai kompetitornya. Sebut saja speedometer full Digital dan injection system untuk karburasinya. Sementara kompetitor utamanya yakni Kawasaki KLX 150 masih menggunakan speedometer analog dan carburetor untuk sistem pengkabutan bahan bakarnya.

Tapi, ane jadi teringat tahun lalu saat CBR250RR kejar kejaran angka distribusi dengan Ninja 250. Apakah kasus Ninja itu akan terulang kembali dengan CRF ini? Manteng di awal tahun tapi kelelep di total setahun? Terlebih banyak kasus di lapangan yang menyatakan ketidakpuasan (komplain) konsumen akan produk baru Honda satu ini. Meski Honda punya jaringan after sales yang kuat namun imej motor trail adalah KLX. Itu hal yang sulit dilakukan Honda, sama hal nya dengan imej motor sport kencang adalah Ninja yang belum berhasil Honda gedor hingga setahun lebih produksi dan penjualan CBR250RR. Kalau menurutmu gimana sob? Ciao
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.