Suzuki Burgman Street 125, Bawa Ke Indonesia Jangan?





Macantua.com – Di India sana, Suzuki dengan bangganya memperkenalkan sebuah matic gambot terbarunya. Sebuah skuter matic 125cc yang diberi nama Burgman Street 125. Nah kali ini kita bahas secara detail nih motor baru Suzuki ini, kira kira pantas ga buat diboyong produksi dan dijual di Indonesia?

Dilihat dari spesifikasi mesin, Suzuki Burgman Street 125 dibekali dengan mesin berkubikasi 124,3 cc SOHC berpendingin udara dengan 2 klep dengan bore x stroke yakni 52,5 mm x 57,4 mm. System pengkabutannya masih menggunakan karburator. Mesin ini diklaim mampu memuntahkan power maksimal 8.7 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,2 Nm pada 5.000 rpm. Secara tampilan memang Burgman Street ini terlihat gambot bodynya, tampilannya semakin diperkuat dengan penyematan windshield tinggi di depan dipadu dengan lampu LED baru yang futuristik. Dek nya rata membuatnya semakin fungsional untuk bisa bawa galon dan gas kalau di Indonesia. Namun, sedikit geli saat melihat kaki kaki dari Suzuki Burgman Street 125 ini karena terlihat imut dan kebanting dengan dimensinya yang cukup gambot. Roda depan dibekali dengan ring 12 inchi dengan ban berukuran 90/90, sementara itu roda belakang lebih kecil yakni menggunakan ring diameter 10 inchi dengan ukuran ban 90/100.

Bicara soal motor baru pasti bakal bahas juga soal fitur yang tersemat di dalamnya. Seperti yang ane ceritakan di atas kalau headlamp depan sudah menggunakan LED sebagai sumber cahaya nya. Begitu juga dengan lampu belakang alias tail lights nya. Di sisi speedometer pun sudah mantap, sudah full digital, dan pastinya untuk memenuhi kebutuhan “mobile” motor ini dibekali juga dengan socket pengisian daya alias power outlet dengan daya 12 Volt dari accu nya. Untuk lebih detail tentang spesifikasi Burgman Street 125 bisa kamu lihat di bawah ini :
Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125:

ENGINE
Engine Type 4 stroke, 1 cylinder, air cooled
Valve System SOHC, 2 valve
Displacement 124,3 cc
Bore x Stroke 52,5 x 57,4 mm
Suel System Carburettor
Starter System Kick, Electric
Transmission CVT
Wheels Casting
SUSPENSION
Front Telescopic
Rear Hydraulic Type
TYRE SIZE
Front 90/90 – 12 54J Tubeless
Rear 90/100 – 10 54J Tubeless
BRAKES
Front Disc
Rear Drum
DIMENSIONS
Overall Length 1.884 mm
Overall Width 661 mm
Overall Height 1.163 mm
Wheelbase 1.265 mm
Ground Clearance 160 mm
Seat Height 70 mm
Curb Mass 110 kg (tentative)
Fuel Tank Capacity 5,6 L

Gimana? Setelah baca spesifikasi lengkapnya sekarang kita bahas soal peluangnya kalau diboyong ke Indonesia yuk. Dari segi desain body sih sebenarnya motor ini sudah mantap. Hanya jujur saja saat melihat bagian kaki kaki kesan gagah sang motor langsung hilang! Imut banget berasa ga proporsional dengan body bongsornya. Andai saja ukuran ban bisa lebih besar, sebut saja 13 inchi seperti Nmax atau 14 inchi seperti PCX sepertinya akan lebih proporsional dengan bodynya.

Bagian kedua adalah mesin, jika ingin bersaing di segmen matic gambot di Indonesia tentu saja mesin 125cc dengan karburator ini ga cocok sama sekali, minimal mesin mesti di UP hingga 150cc untuk bisa bersaing lebih kuat dengan para pendahulunya dari kompetitor. Kalau memaksakan hadir dengan mesin 125 cc ini ane sarankan mending jangan! Dari pada buang buang uang investasi ga menghasilkan.

 

 

Last, jika Suzuki Indonesia Sales mau jualan Matic gambot berjudul Burgman Street setidaknya ada 2 PR besar yang harus dilakukan. Upgrade Ban dan mesin, cukup itu saja. Selebihnya ane sih OK secara desain. Sudah terlihat ganteng kok buat dijual . Ga usah sok sok sporty toh ujung ujungnya naik motor matic itu lebih mementingkan kenyamanan berkendaranya. Ya ga sob? Ciao
<








8 Comments

  1. Ban 14″ udah paling bener dah. Mesin 150 CC.
    Harga taruh di 19-20 JT.

    Bruggman 180 CC baru buat menyaingi nmax dan PCX.
    Harga disamakan dengan PCX dengan fitur yg lebih value

    Sebenarnya untuk yg 125cc cukup upgrade Hayate aja jadiin injeksi….
    Kemana ini motor kabarnya

  2. Karena laris makanya Suzuki India berani bikin desain yang sesuai selera mereka (blog mas Deka), contohnya Intruder mini yang aneh juga, terus si Gixxer 150, jangan bawa ke sini yahhhh

Leave a Reply