Ini Dia Perbedaan Mesin All New PCX150 dan Vario 150





Macantua.com – Bicara soal All New PCX 150 pasti ada aja yang bilang “mesin vario ganti baju”. Padahal kalau kita balikin sejarah sebenarnya mesin yang digunakan Vario adalah turunan dari mesin PCX di era 2011. Jadi kasusnya mirip dengan CRF150 dengan Versa atau Megapro gitu deh jadinya. Tau ga sih, sebenarnya mesin PCX 150 yang batu dijual AHM ini berbeda dengan mesin Vario 150? Apa saja perbedaannya? Hayo kita bahas.



Perbedaan yang nampak dan mendasar adalah dari bentuk cover CVT nya. secara bentuk yang nampak dari luar dengan mata saja mesin Honda PCX 150 lokal dan Honda Vario 150 eSP nampak berbeda. Belum lagi kalau kamu melirik area air box filternya makin terlihat perbedaan bentuknya. Kalau dibilang 100% berbeda antara PCX dan Vario. Apalagi kalau kamu melihat di sisi kiri Cover CVT PCX 150 ga kamu temukan yang namanya kick starter. Karena Sistem starter Honda PCX 150 Lokal hanya mengandalkan starter elektrik saja, sedangkan Honda Vario 150 eSP masih menggunakan keduanya yakni starter elektrik dan kick starter. Kalau ingat bahasa petinggi salah satu pabrikan “motor modern itu tanpa kick starter”.


Masuk ke ruang mesin. Honda PCX 150 Lokal dan Honda Vario 150 konfigurasi mesin yang sama yakni bore dan stroke 57,3 x 57,9 mm. Jadi kubikasi pun sama yakni 149,3 cc, bahkan Rasio kompresi mesin pun besarnya sama yakni 10,6 :1. Namun Mesin Honda PCX 150 Lokal diklaim mampu memuntahkan Power puncak hingga 14,48304 HP @8500 Rpm di crankshaft atau unggul jauh sebesar 2,01154 HP dibandingkan Honda Vario 150 eSP yang mesinnya hanya mampu memuntahkan 12,4715 HP pada putaran mesin yang sama. Ga cuma power, tapi torsi mesin All New PCX juga ternyata lebih besar jika dibandingkan Vario. PCX 150 Lokal diklaim mampu membangkitkan Torsi hingga 13,2 Nm @ 6500 Rpm atau unggul 0,4 Nm dibandingkan Honda Vario 150 eSP yang hanya mampu memuntahkan 12,8Nm pada putaran 5000 Rpm.

All new pcx 150 dimodif begini gimana menurutmu?

Kenapa biaa jauh begini? Bisa jadi settingan ECU pun mapping nya berbeda. Belum lagi bagian jeroan mesin yang entah apa lagi yang berbeda hingga mampu membuat motor baru Honda ini bisa naik baik power maupun torsinya secara signifikan. Roller? Per CVT? Atau bahkan jangan jangan transmisinya pun perbedaan signifikan. Ane belum bisa bahas lebih lanjut ya soalnya belum ada pembahasan atau bedah teknologi buat PCX150 ini. Maklum blogger ecek ecek, jadi belum bisa nyobain hehehehe. Masih ada PR nih buat ane kalau nanti ada sesi bedah tuntas mesin PCX baru ini ane bakal jelasin sedetail mungkin deh ya. Ciao
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Facebook Comments







4 Comments

  1. Asyik, nih yg punya vario 150 bisa pake ecu pcx kalau mau ngibrit. Kalau beda soket ecu bisa diakalin. Paling cuma tukar tempat posisi kabel.
    Perihal box filter udara pcx yg lebih gede bisa diakalin pake filter racing.
    Terus pasti throttle body dan injector berbeda. Kayaknya plug n play.

  2. Yg masalah di keluhkan cvt partnya mudah gredek 😭 tunggu 2 tahun lagi klw komentar ngak tahu (blogger ecek ecek,) melihat gajah dari katanya sesama orang buta

  3. Powernya sedikit lebih rendah dari pada DOHC nya…

    Kalau ingat bahasa petinggi salah satu pabrikan “motor modern itu tanpa kick starter”.”” CBR sejak FI udh gak ada kick stater tp gak pernah kena bully ngepbeye gak pake kick stater, giliran Vixion kena bully Kick stater. Ya kasusnya mirip ama Keyless di GSX dan Aerox, kena bully gak guna sekarang PCX pake keyless ta?

    Mana bullyan ngepbeha Keyless gak guna? ppppffftttt… tapi jangan khawatir tetep di piara ama blog2 besar hehehhe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.