GSX R 250, Sebuah Impian Rider Suzuki, Benarkah Power Mencapai 40HP?




Macantua.com – Sebuah gosip dari pabrikan biru berlambang S kembali menyeruak. Kabar akan hadirnya motor sport full fairing 250 cc twin silinder untuk melawan Ninja 250, CBR250RR dan YZF R25 ini menyeruak dan menggiring sebuah opini tentang kemampuan muntahan mesin motor dari Suzuki ini. Gosip yang beredar luas adalah power yang dihasilkan mesin GSX R 250 nanti mencapai 40 horse power alias 40hp. Sebuah angka WOW yang bisa jadi pemikat sekaligus bumerang buat Suzuki. Lalu benarkah power GSX R 250 akan tembus 40HP? Bagaimana desainnya?


Kalau bicara mesin 250 cc 2 silinder sebenarnya Suzuki sudah mempunyainya. Mesin yang sama yang digunakan di Inazuma atau GW250, Vstrom dan GSX 250R yang dikenalkan di China sana. Namun, buat masuk ke pasar 250cc Indonesia sepertinya mesin ini masih dibilang “KURANG” oleh banyak biker. Masa iya Suzuki yang biasanya powerfull di setiap segmen harus loyo di kelas yang menjadi flagship motor non moge (moge itu > 250cc) di Indonesia. Sementara para pesaingnya sudah bermain di angka power yang besar sejak kelahiran YZF R25, lalu dihantam CBR250RR dan terakhir ditimpa oleh Ninja 250 2018. Masa iya Suzuki bertahan dengan mesin SOHC dan power under 30hp? Pasti akan dibilang pelawak. Namun ane sih yakin kalau Suzuki sudah punya sebuah basis engine baru yang akan dibenamkan pada motor GSX R 250. Lihat saja dari penamaannya, GSX R 250 bukan GSX 250R di China ya. dan angka 40hp bukan perkara sulit buat Suzuki, tinggal berani atau engga.

Yang kedua adalah desain, Coba deh kamu perhatikan gambar GSX 250 R di atas. Sejujurnya secara desain ane suka, namun kalau untuk dijual di Indonesia sepertinya ga terlalu bakalan memikat banyak user selain Suzuki lovers. Sebab desain di atas memang kurang ada “efek wow” nya. Meski sejujurnya desain di atas ga akan gampang usang lho, Mature, dan kalem, sama seperti CBR250R single headlamp dari Thailand dulu yang sekilas biasa saja namun saat lama dipandang semakin ganteng. Namun Suzuki sepertinya perlu sesuatu yang lebih berani untuk GSX R 250 nanti. Copas body GSX R 600 atau GSX R 1000 misalnya biar semakin moge look.

Dari 2 aspek, mesin dan desain di atas kita bisa ambil kesimpulan. kalau Suzuki benar benar ingin terjun di kelas ini HARUS punya mesin dengan power yang minimal sama dengan CBR250RR dan Ninja 250. dan jangan gunakan angka 40hp untuk boosting gosip, karena apa? karena saat powernya ga mencapai angka gosip, hasilnya akan sama seperti YZF R25 dengan kasus sunatan massalnya dulu. Dan desain, Suzuki wajib berikan terobosan yang bikin mata rider bukan hanya rider pecinta Suzuki, namun semua rider bisa terbelalak kagum. Karena GSX R 250 ini hadir terakhir, bukan di awal. dan terakhir musti bisa membungkam pendahulunya, bukan malah jadi bahan omongan. Ciao

 
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.