Pop up Headlamp Ternyata Ga Cuma Di Mobil, Motor Juga Ada




Macantua.com – Di era 80an memang pernah ngetren model headlamp yang sembunyi saat tidak digunakan. Namanya pop up headlamp. Berbagai merk pabrikan mobil menggunakannya, dari Ferrari, Lamborghini, BMW, sampe mobil jadul tunggangan ane Mazda Astina yang lahir di awal 90an masih pakai headlamp model gini. Ya, kalau yang doyan film kartun Jepang pasti hapal model headlamp ini lewat Toyota AE86 dan Mazda RX7 di film Initial D. Ternyata model headlamp yang genit dan doyan nyumput ini ga cuma ada di mobil lho sob. Di motor juga ada! GSX750 Katana contohnya.


Motor buatan Suzuki ini memang lahir di tahun 80an. Namun desainnya memang sedikit mengambil genre futuristik. Yang menarik dari GSX750 Katana ini adalah headlampnya. Coba lihat pada gambar di atas. Headlamp tidak terlihat saat tidak digunakan. Namun perhatikan gambar di bawah ini, headlamp muncul saat saklar lampu ditekan.

Namun perkembangan headlamp dengan type pop up ini akhirnya dihentikan. Karena memang menyangkut masalah safety, ada beberapa kasus dimana headlamp tidak terbuka saat akan digunakan. Entah itu saat melakukan pass hi beam atau ngedim atau saat benar benar digunakan malam hari karena relay retract atau pengangkat lampu tak bekerja. Belum lagi durasi membukanya retract dianggap kurang cepat refleknya menjadikan teknologi pop up headlamp akhirnya ditinggalkan.

Mau liat gimana serunya punya motor dengan pop up headlamp? Nih coba simak video youtube di bawah ini :

Gimana sob? Seru kan? Jarang lho motor pakai teknologi “jarang” ini. Kece kaan? Salam pop up!
<







5 Comments

Leave a Reply