Musim Hujan, Lubang Jalanan Semakin Bertambah, Hati Hati Sob!





Macantua.com – Musim penghujan semakin terasa, udara dingin dengan curahan air dari langit beserta angin kencang semakin dirasakan setiap hari di Indonesia. Belum lagi namanya siklon Cempaka dan Dahlia yang selama beberapa terakhir menghampiri Indonesia dengan berbagai efeknya. Namun disini ane ga mau bahas soal siklon Cempaka atau Dahlia ya sob, ane di sini mau bahas kalau sudah musim penghujan biasanya lubang lubang di jalanan pun bertumbuh alias bertambah jumlahnya. Buat para rider jelas ini jadi tantangan tambahan dalam berkendara. Hati hati sob, bisa nyungsep.

Hati hati lubang jalanan, bisa nyungsep kalau ga bisa nahan keseimbangan Video : didi dappi

A post shared by rajendra macantua.com (@razarajendra) on

 

 

Coba lihat video instagram yang ane ambil dari akun Didi Dappi ini. Sebuah motor matic dengan 2 orang penumpangnya nampak kehilangan keseimbangan setelah menghantam sebuah lubang di tengah jalan di kota Cilegon. Lubangnya mungkin ga terlalu besar, namun dalam. Dan motor matic dengan diameter 14 inchi tentu akan mendapatkan guncangan yang dahsyat. Terbukti ga menunggu lama keduanya langsung nyungsep tepat di pinggir pembatas alias separator tengah jalan.

Untungnya kendaraan di belakang yang juga perekam video ini dalam posisi dapat cepat berhenti. Ga kebayang sama ane kalau kendaraan di belakangnya adalah kendaraan besar seperti bus atau truk yang sulit melakukan pengereman dengan cepat layaknya mobil kecil. Bisa jadi kaya apa tuh 2 orang yang terjatuh.

Kalau gini siapa yang salah? Ane sih gamau cari siapa yang salah ya sob, buat para pejabat pemerintah yang biasanya naik mobil dinas mewah mungkin ga merasakan secara langsung efek dari rusaknya jalan berlubang ini. Yah, minimal bisa melihat lah ya kalau lubang jalanan ini bisa berefek buruh pada keselamatan para pengguna jalan  lainnya. Buat para biker juga mesti lebih berhati hati lagi dalam berkendara. Biaa jadi kemarin lubang di jalannya hanya satu, besok besok sudah nambah lagi jumlah lubang atau diameter lubang serta kedalamannya.

 

Ane cuma bisa berbagi beberapa tips buat para bikers agar selamat dari bahayanya lubang yang terkutuk. Jangan berkendara tepat di belakang kendaraan yang lebih besar seperti mobil atau truk dan bus. Pastikan jaga jarak sedikit dan posisikam roda motormu sejajar dengan roda kendaraan di depanmu. Kedua kamu mesti lebih fokus dalam berkendara karena lubang bisa saja ditemukan kapan saja. Selanjutnya kamu  mesti mengurangi kecepatan berkendara dari kecepatan biasanya, jadi saat kamu menemukan lubang, kamu punya tambahan waktu untuk memperhatikan kondisi jalanan untuk memutuskan manuver motormu. Dan kalau ga sempat menghindar pastikan pegangan tangan dalam kondisi yang kuat untuk menahan guncangan sang motor. Angkat ban depan dan juga angkat pantatmi dari jok, usahakan kaki pada step jadi tumpuan utama. Dan yang paling utama dan musti dilakukan sebelum berkendara adalah berdoa, memohon pada Sang Pencipta untuk selalu dilindungi dalam perjalanan.

 

 

Last, keep safety ya sob. Lubang jalanan saat musim hujan memang jadi hantu paling menakutkan buat para rider di Indonesia. Maklum lah ya, kalau belum makan korban biasanya belum dibenerin. Semoga sobat macantua semua selalu dalam lindungan Nya ya. Ciao
<








2 Comments

  1. Murni salah biker ini bukan salah pemerintah… karena kalau ada banyak lubang cukup dikasih plang “Hati-hati banyak lubang, kurangi kecepatan anda.”

Leave a Reply