Komparasi Spesifikasi CRF150L vs KLX150, Siapa Yang Menang Banyak?




Macantua.com – Bicara soal kehadiran CRF150L di Indonesia sebagai motor trail rakitan lokal Honda pertama memang bikin heboh, sampai sampai banyak yang mikirin dan mengkomparasi dengan banyak produk. Baik sesama pengguna mesin sejenis yakni Verza dan Megapro bahkan dengan lawan setype nya dari Kawasaki yakni KLX150. Lalu bagaimana hasilnya jika keduanya diadu spesifikasi? Yuk kita bahas spesifikasi CRF150L vs KLX150.

Agar pembahasan kita terfokus coba lihat gambar di bawah ini :

Pertama secara dimensi dan bobot. Untuk Dimensi, CRF150L terlihat lebih panjang dan lebih pendek jika dibandingkan dengan KLX150, begitu juga dengan jarak as roda nya. CRF150L mempunyai dimensi lebih panjang dalam hal ini membuat stabilitas saat riding sedikit lebih baik. Namun, saat dipakai di jalan blusukan, ground clearance CRF ternyata masih kalah jangkung dengan KLX. Setidaknya para pengguna KLX akan lebih pede karena 1cm lebih tinggi jaraknya ke tanah. Selanjutnya adalah bobot, dari sisi bobot KLX kembali menang telak dengan selisih berat 4kg membuatnya lebih gampang untuk diangkat disaat terjebak dilumpur. Kurangnya bobot ini juga berpengaruh pada distribusi power dan torsi. Kata orang pinternya sih Power to weight Ratio dan Torsi to weight rationya pasti beda. Apalagi jika motor ini nantinya dibebani dengan bensin, dimana kapaaitas bensin KLX jauh lebih sedikit dibanding CRF150L. Namun ya kapasitas tangki CRF yang punya daya angkut 7,2 liter bisa mengajak kamu jalan lebih jauh dibanding KLX nantinya.

Bagian kedua adalah mesin. Kalau kita lihat sisi ini CRF150L secara matematis memang menang di sisi mesin. Sebut saja system pengkabutan sudah dibekali pgm fi yang jelas lebih presisi dengan berbagai sensor yang ga dipakai di Verza dan Megapro membuat supply bbm ke ruang bakar semakin efesien. Sedangkan KLX hanya dibekali karburator. Pengkabutan inibjuga berpengaruh terhadap hasil power dan torsi yang diraih keduanya, dimana CRF punya power dan torsi yang lebih besar jika dibandingkan KLX meski kubikasi mesinnya juga lebih besar sekitar 5cc hehehehe. Type mesin CRF lebih ke overstroke sedangkan KLX lebih ke over bore. Kalau buat dunia trabas kubikasi kecil jelas mesin overstroke ini lebih cucok biar gampang raih power di rpm lebih rendah. Power Dan torsi akan terasa lebih di putaran bawah sampai menengah. Atasnya ya paling jadi memble, di gunung kan ga kebut kebutan, tapi cepat cepatan. Karena cepat belum tentu ngebut. Hehehehe

Masuk ke komparasi ke 3, adalah kaki kaki. Untuk kaki kaki keduanya mengadopsi ukuran ban yang sama dengan diameter ring yang juga sama. Perbedaan hanya terlihat pada ukuran suspensi depan keduanya. Meski sama sama pakai inverted suspensi alias USD namun keduanya punya ukuran berbeda. CRF150L punya ukuran diameter yang sedikit lebih besar dari KLX. Ini yang bikin CRF terlihat lebih padet saat terlihat dijadikan Supermoto.

 

Last, siapa yang banyak menang diantara CRF150L vs KLX150? Silakan simpulkan sendiri ya… Ane sudah pernah pakai KLX150, tinggal nyicip CRF secara langsung nih yang belum. Kira kira ada yang mau minjemin? Wkwkkwk ciao
<








2 Comments

Leave a Reply